Mudah Dibuat, Ini 5 Masker Antiaging Alami yang Patut Kamu Coba

Ada beragam bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai masker antiaging

30 Mei 2019

Mudah Dibuat, Ini 5 Masker Antiaging Alami Patut Kamu Coba
Freepik/prostooleh

Munculnya kerutan di wajah memang menjadi momok menakutkan bagi para perempuan, sebab munculnya kerutan di wajah dianggap dapat merusak penampilan.

Kamu yang merasa demikian tentu rela untuk melakukan perawatan kulit agar kerutan di wajah dapat tersamarkan, atau malah berkurang.

Perawatan yang dilakukan untuk menyamarkan atau menghilangkan kerutan di wajah sebenarnya beragam, namun sayangnya tak jarang harus merogoh kocek yang dalam sehingga banyak perempuan yang “menarik” diri untuk melakukan perawatan tersebut.

Kamu yang berada di kondisi tersebut dan tidak memiliki kocek sebenarnya tidak perlu khawatir.

Sebab, ada beragam bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai masker antiaging alami.

Penasaran bahan apa saja yang bisa kamu manfaatkan sebagai masker antiaging alami?

Dilansir dari Boldsky dan Stylecraze, berikut beberapa di antaranya:

1. Masker telur

1. Masker telur
oleanaturals.com

Tak hanya sebagai asupan makanan bergizi, telur juga dapat dijadikan sebagai bahan masker antiaging alami. Hal ini karenaa dalam telur terkandung biotin, protein, dan vitamin penting yang mampu mengurangi munculnya keriput sekaligus mengencangkan kulit.

Bahkan tak hanya itu saja, penggunaan masker telur juga dapat membuat kulitmu menjadi halus dan terlihat lebih cerah.

Nah, untuk memanfaatkan telur sebagai masker alami, kamu dapat mencampurkan satu telur dengan beberapa tetes perasan lemon, lalu kocok hingga mengembang. Setelahnya, oleskan masker tersebut ke wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Baca juga: 5 Variasi Cara Membuat Masker Putih Telur yang Kaya Manfaat

Editors' Picks

2. Pisang dan wortel

2. Pisang wortel
Freepik/Lifeforstock

Kamu juga bisa memanfaatkan pisang dan wortel sebagai masker alami antiaging. Kedua bahan ini dapat mengencangkan kulit dan mengurangi keriput karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral.

Untuk memanfaatkan pisang dan wortel sebagai masker, kamu dapat menghaluskan ke dua bahan ini hingga halus, lalu campurkan secara merata. Setelah tercampur sempurna, oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Kopi

3. Kopi
Pexels/Janko Ferlic

Kamu juga bisa memanfaatkan kopi sebagai masker antiaging. Hal ini karena kopi dipercaya mampu mengaluskan kulit wajah sekaligus mengurangi munculnya gari-garis halus.

Nah, untuk membuat kopi sebagai masker, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh kopi dengan 1 sendok teh coklat bubuk dan 1 sedok teh kelapa. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga tercampur rata dan oleskan ke wajah dan leher. Diamkan hingga 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Pepaya

4. Pepaya
Freepik/Mybona

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu manfaatkan sebagai masker antiaging alami adalah pepaya. Pepaya diyakini dapat mencegah munculnya keriput dan garis garis halus di wajah karena mengandung vitamin C dan juga vitamin E.

Penggunaan masker wajah secara rutin tak hanya mampu mencegah munculnya kerutan, tetapi juga dapat membuat wajah terlihat lebih cerah.

Nah untuk mendapatkan manfaat pepaya sebagai masker, kamu dapat mencampurkan satu potong pepaya yang telah dihaluskan dengan 1 sendok makan perasan lemon. Campurkan ke dua bahan ini hingga membentuk pasta, lalu oleskan ke wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

5.  Alpukat

5.  Alpukat
Freepik/Bearfotos

Kamu punya buah alpukat di rumah? Yuk manfaatkan alpukat sebagai masker wajah. Alpukat dapat dijadikan sebagai masker wajah antiaging karena buah satu ini kaya akan kandungan antioksidan, sehingga mampu mengurangi munculnya garis-garis halus di wajah, serta tanda penuaan kulit lainnya.

Kamu dapat menjadikan alpukan sebagai masker dengan cara mencampurkan 1 buah alpukat yang telah dihaluskan dengan 1 sendok makan oat.

Campurkan ke dua bahan ini hingga tercampur rata, lalu oleskan ke wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 10 – 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Kamu disarankan untuk rutin menggunakan masker ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.