Menuju UNESCO, Ini 12 Gaya Artis Tanah Air saat Kenakan Kebaya

Demi melestarikan budaya lokal, sederet artis ini bangga mengenakan kebaya

5 Agustus 2022

Menuju UNESCO, Ini 12 Gaya Artis Tanah Air saat Kenakan Kebaya
Instagram.com/maudyayunda/prillylatuconsina96

Melansir dari laman resmi kemdikbud.go.id, tepat pada 19 Juni 2022, halaman Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dipenuhi oleh para perempuan mengenakan kebaya.

Bukan tanpa alasan, ternyata ada aksi yang digelar oleh komunitas Pertiwi Indonesia dan Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) bertujuan agar kebaya didaftarkan sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia ke UNESCO.

Aksi tersebut mendapat dukungan langsung dari Kemendikbudristek, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan ibu (istri) Menteri Kesehatan. Ternyata, budaya mengenakan kebaya juga digemari oleh para artis Indonesia.

Berikut Popmama.com rangkum beberapa gaya artis tanah air saat kenakan kebaya. Pesonanya bikin pangling!

1. Dian Sastro

1. Dian Sastro
Instagram.com/therealdisastr

Memantau dari akun Instagram @therealdisastr, Dian Sastro menuliskan lewat unggahannya tentang gerakan berkebaya. Hal itu dilakukan untuk mendukung Kebaya Goes to UNSESCO yang akan dimulai dari tanggal 9 Agustus sampai 9 Desember 2022.

“Dandan tadi malam. Hairdo by @yezhadjohair Make up by me #sobatkebaya #iwanttowearkebayaonadailybasis #kebayagoestounesco,” tulis Dian Sastro

2. Tasya Kamila

2. Tasya Kamila
Instagram.com/tasyakamila

Lulus dari salah satu kampus ternama dunia yang berlokasi di New York, mantan penyanyi cilik Tasya Kamila tetap ingat jati dirinya sebagai warga negara Indonesia. Ia tampak begitu bangga mengenakan kebaya berwarna merah di hari wisudanya.

Kebaya yang dikenakannya semakin memesona berkat tambahan aksesori berupa bros pada bagian dada. Menawan banget Tasya di sini ya, Ma?

3. Maudy Ayunda

3. Maudy Ayunda
Instagram.com/maudyayunda

Sosok perempuan cerdas, Maudy Ayunda, juga membuktikan kecintaannya pada budaya Indonesia. Saat ia dipercaya menjadi jubir di acara G20, istri dari Jesse Choi ini tampil percaya diri memakai kebaya berwarna putih.

Sepatu berwarna putih senada dengan kebaya kenananya membuat tampilan Maudy Ayunda semakin bikin pangling. Ternyata, kebaya tidak hanya cocok dipadukan dengan high heels atau wedges saja ya, Ma?

4. Anya Geraldine

4. A Geraldine
Instagram.com/anyageraldine

Begini tampilan betapa memesonanya Anya Geraldine saat hadir dalam balutan kebaya rancangan Anne Avantie. Tambahan selendang pink membuat tampilan pemeran Lydia Danira dalam serial ‘Layangan Putus’ ini semakin terlihat anggun.

Bawahan kain bermotif yang dipilihnya mempunyai potongan terbuka pada bagian paha. Sehingga, tampilan Anya Geraldine pun semakin feminim dan tentunya memukau.

5. Prilly Latuconsina

5. Prilly Latuconsina
Instagram.com/prillylatuconsina96

Tidak perlu dipertanyakan lagi tentang kecintaan Prilly Latuconsina kepada budaya Indonesia. Di hari bahagia wisudanya, aktris kelahiran 15 Oktober 1996 ini memilih kebaya berwarna soft pink yang dipadukan dengan rok batik bermotif warna merah.

Tatanan rambutnya disanggul, namun sengaja menyisakan beberapa helai rambutnya untuk menutupi masing-masing sisi wajahnya. Memesona banget tampilannya ya, Ma?

Editors' Picks

6. Nikita Willy

6. Nikita Willy
Instagram.com/nikitawillyofficial94

Saat mengandung Baby Izz, Nikita Willy menghadiri pernikahan adik perempuannya, Winona Willy. Dalam momen tersebut, istri dari Indra Priawan ini memakai kebaya bernuansa floral dengan motif bunga-bunga berwarna putih.

Rambut bermodel sanggul klasik menjadi pilihannya untuk penataan rambut. Aura bumil memesona begitu terpancar dalam diri Nikita kala itu.

7. Putri Tanjung

7. Putri Tanjung
Instagram.com/putri_tanjung

Di hari lamarannya tepat pada 5 Maret 2022 lalu, putri sulung dari pengusaha ternama Chairul Tanjung menggunakan kebaya berwarna pink peach. Kebaya yang dipilihnya mempunyai desain kain panjang.

Meski tampak simpel karena tidak memerlukan tambahan elemen lain, namun tampilan Putri Tanjung ini sukses mencuri perhatian. Apalagi, dengan kalung dan cincing yang dipakainya.

8. Tasya Farasya

8. Tasya Farasya
Instagram.com/tasyafarasya

Tasya Farasya memang tidak pernah gagal memikat hati penggemarnya. Tampilan apa pun yang diperlihatkannya selalu sukses mencuri perhatian, bahkan menjadi inspirasi berbusana kebanyakan perempuan di luar sana.

Layaknya bintang telenovela versi lokal, pemotretan yang dijalani Tasya Farasya ini membuatnya berpenampilan menggunakan kebaya milik sang Mama, Alawiyah Alatas.

9. Aurel Hermansyah

9. Aurel Hermansyah
Instagram.com/verakebaya

Di momen bahagia pernikahannya dengan Atta Halilintar, Aurel Hermansyah banyak menggunakan kebaya. Baik untuk keperluan foto pre-wedding, lamaran, akad, maupun resepsi. Beragam model kebaya dengan warna berbeda dipilih putri sulung Anang Hermansyah ini.

Saat akad nikah berlangsung, Aurel Hermansyah mengenakan kebaya adat Jawa bernuansa putih karya desainer Vera Anggraini atau Vera Kebaya. Kebaya tersebut mengusung konsep klasik elegan dengan dihiasi kristal Swarovski.

10. Bunga Citra Lestari

10. Bunga Citra Lestari
Instagram.com/bclsinclair

Penyanyi Bunga Citra Lestari tampil anggun dalam balutan kebaya Solo berwarna putih. Terdapat kain berwarna merah maroon yang melilit bagian perut dan tambahan selendang disampirkan di salah satu bahunya.

Bawahannya sendiri mengenakan kain bermotif batik. Ini bisa jadi inspirasi berbusana untuk menghadiri acara formal. Untuk tatanan rambutnya, bisa disesuaikan, namun di sini BCL memilih gaya rambut disanggul.

11. Chelsea Islan

11. Chelsea Islan
Instagram.com/chelseaislan

Memakai kebaya tidak sepenuhnya ribet kok, Ma. Di jaman sekarang, sudah tersedia kebaya modern yang dinilai lebih praktis. Chelsea Islan menjadi salah satu publik figur yang pernah tampil memakai kebaya modern.

Kebaya berwarna biru tersebut mempunyai bagian lengan tranparan dengan potongan 3/8. Cocok banget buat Mama yang ingin menonjolkan kulit mulus area lengan.

12. Ariel Tatum

12. Ariel Tatum
Instagram.com/arieltatum

Kebaya putih dengan lengan panjang yang mempunyai aksen ikat pinggang membuat penampilan Ariel Tatum tampak berkilau.

Kain batik berwarna biru navy melengkapi penampilan aktris kelahiran 8 November 1996 ini, sehingga membuatnya semakin memesona.

Bangga melestarikan kebudayaan Indonesia, itulah sederet gaya artis tanah air saat kenakan kebaya. Semoga kebaya bisa menjadi warisan tak benda UNESCO, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk