7 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Bukan menjilat bibir, ternyata begini cara atasi bibir kering!

11 April 2021

7 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering saat Puasa
alighahary.ca

Masalah bibir kering dan pecah-pecah umum dialami oleh banyak orang saat puasa. Sebab, hampir seluruh bagian tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan selama kurang lebih 13 jam berpuasa.

Selain menyebabkan tidak nyaman, bibir kering dan pecah-pecah juga dapat membuat penampilan jadi kurang maksimal dan terlihat pucat.

Lantas, bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa? 

Berikut Popmama.com telah merangkum 7 cara efektif untuk mengatasinya.

1. Perbanyak konsumsi air putih dan makan buah yang mengandung banyak air

1. Perbanyak konsumsi air putih makan buah mengandung banyak air
iaitoloakarnania.gr

Agar tubuh kembali terhidrasi setelah kehilangan cairan selama berpuasa, maka kamu perlu menggantinya kembali dengan asupan air putih yang cukup .

Kamu bisa menggunakan metode 2-4-2, di mana kamu meminum dua gelas air saat berbuka, empat gelas air sepanjang malam, dan dua gelas saat sahur.

Kamu juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti buah pir, jeruk, semangka, dan lain-lain.

2. Hindari minuman berkafein saat buka dan sahur

2. Hindari minuman berkafein saat buka sahur
Pexels/Julia Sakelli

Untuk sebagian orang, kopi adalah minuman yang wajib dikonsumsi setiap pagi. Namun, mengonsumsinya saat buka atau sahur justru dapat membuat kelembapan kulit jadi berkurang.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu menghindari minuman yang satu ini atau setidaknya membatasi konsumsinya sebanyak satu cangkir saja.

Sebagai gantinya, kamu juga bisa mencoba teh chamomile atau teh hijau yang lebih sehat untuk tubuhmu saat berpuasa.

Editors' Picks

3. Eksfoliasi bibir secara rutin

3. Eksfoliasi bibir secara rutin
colorescience.com

Bibir kering dan pecah-pecah ditandai dengan menumpuknya sel kulit mati. Untuk itu, penting bagi kamu untuk melakukan eksfoliasi bibir guna menyingkirkannya.

Lakukanlah sebanyak satu hingga dua kali seminggu setelah berbuka. Kamu bisa menggunakan madu yang dicampur dengan gula untuk melakukan scrubbing.

4. Aplikasikan madu sebelum tidur

4. Aplikasikan madu sebelum tidur
Pexels/Pixabay

Madu telah dikenal ampuh dalam melembapkan kulit, termasuk bibir. Oleskanlah tiap malam sebelum tidur, agar bibir menjadi lebih halus dan lembut.

Bukan hanya dapat menyingkirkan bibir kering, madu juga bisa membuat bibir tampak lebih cerah dan merah, lho. Namun perlu diperhatikan, gunakanah madu asli atau yang organik, ya!

5. Hindari makanan asin dan pedas saat berbuka dan sahur

5. Hindari makanan asin pedas saat berbuka sahur
gulfnews.com

Makanan asin yang mengandung garam tinggi dapat mengikat cairan yang ada dalam tubuh. Sedangkan makanan pedas dapat membuat tubuh kehausan sepanjang hari.

Jadi, untuk mencegah bibir kering dan batal puasa di tengah hari karena rasa haus yang tidak bisa ditahan, hindarilah kedua makanan ini saat puasa, ya.

6. Menggunakan lip balm secara rutin

6. Menggunakan lip balm secara rutin
Freepik/Dragana_Gordic

Yup, ini merupakan senjata andalan untuk bibir kering yang harus selalu kamu gunakan, terutama jika kamu selalu memakai lipstik dan berada di ruangan ber-AC.

Gunakanlah lip balm atau pelembap bibir yang mengandung jojoba oil atau vitamin E yang dapat melembapkan bibir secara maksimal. 

7. Hindari menjilat bibir

7. Hindari menjilat bibir
raw-multimedia.com

Menjilat bibir tidak akan membuatnya menjadi halus. Justru, air liur akan membuat bibir semakin kering, sehingga keadaan bibir bisa semakin memburuk.

So, stop kebiasaan ini mulai sekarang yuk!

Itulah 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bibir kering selama puasa. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.