Tak Cukup Double Cleansing, Deep Cleansing Juga Penting untuk Kulit

Double cleansing tak cukup bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang ada di pori-pori

24 Februari 2021

Tak Cukup Double Cleansing, Deep Cleansing Juga Penting Kulit
Freepik/ArthurHidden

Saat ini, kebiasaan mencuci wajah tidak cukup hanya sekadar menggunakan sabun wajah. Sebab kini, kebutuhan untuk menggunakan makeup menjadi hal yang sangat penting bagi banyak perempuan, walaupun hanya polesan lipstik dan bedak. 

Penggunaan makeup akan menyebabkan masalah kulit wajah jika tidak rajin untuk membersihkan wajah dengan benar. Walaupun hanya menggunakan bedak, kulit wajah tetap perlu dibersihkan secara menyeluruh.

Kini muncul istilah pembersihan wajah dengan nama deep cleansing. Deep cleansing ini adalah metode untuk membersihkan kulit secara sempurna. Dengan metode ini dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih bersih dan sehat.

Untuk lebih jelas tentang metode deep cleansing ini, ikuti rangkuman dari Popmama.com berikut ini yuk, Ma!

Apa itu Double Cleansing?

Apa itu Double Cleansing
Freepik/pompixs

Metode double cleansing ini cukup populer dalam dunia kecantikan kulit. Sesuai dengan namanya, metode membersihkan wajah ini dilakukan sebanyak dua kali.

Tetapi maksudnya bukan mencuci wajah dengan sabun pembersih wajah sebanyak dua kali. Melainkan ada dua kali tahapan pembersihan wajah menggunakan jenis pembersih wajah yang berbeda.

Double cleansing memerlukan oil based cleanser dan water based cleanser untuk mengangkat seluruh kotoran dan sisa make up yang menempel di wajah. Metode ini rutin dilakukan setiap hari setelah beraktivitas.

Editors' Picks

Apa Itu Deep Cleansing?

Apa Itu Deep Cleansing
Freepik

Walaupun sudah melakukan double cleansing, tetapi hal itu kurang cukup untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Double cleansing hanya mampu membersihkan kotoran yang menempel pada wajah. Sedangkan deep cleansing mampu mengangkat komedo maupun sel kulit mati.

Deep cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan melakukan eksfoliasi. Tujuannya adalah untuk membuka pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Sehingga, kulit wajah menjadi lebih lembab, sehat, dan bersih.

Apa Perbedaannya di Antara Keduanya?

Apa Perbedaan Antara Keduanya
Freepik/Alexander132

Meskipun sama-sama membersihkan wajah, kedua metode ini berbeda. Double cleansing hanya bertujuan untuk mengangkat makeup dan kotoran yang menempel di wajah.

Sedangkan deep cleansing bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit. Maka tidak heran jika deep cleansing dapat membersihkan komedo hingga sel kulit mati.

Selain itu, metode deep cleansing bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit maka tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Cukup seminggu hanya sekali atau dua kali melakukannya.

Bagaimana Cara Melakukan Deep Cleansing?

Bagaimana Cara Melakukan Deep Cleansing
Freepik/jcomp

Deep cleansing bisa dilakukan setelah membersihkan wajah dengan micellar water, milk cleanser, atau oil cleanser. Setelah wajah bersih dari make up dan debu maka yang selanjutnya dilakukan adalah seperti berikut.

  1. Siapkan sebaskom air yang masih beruap.

  2. Dekatkan wajah ke arah baskom dan tutupi kepala dengan handuk agar uap hanya mengenai wajah. Uap panas akan membuka pori-pori wajah.

  3. Setelah beberapa menit, buka handuk dan rendam ke dalam air hangat kemudian peras.

  4. Tuangkan facial wash ke tangan lalu gosok hingga berbusa. 

  5. Usapkan ke wajah kemudian gosok kulit wajah secara perlahan dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Hal ini akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori kulit dan juga sel kulit mati.

  6. Bilas wajah dengan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori wajah.

Deep cleansing sangat membantu mengangkat komedo dan sel kulit mati. Kulit menjadi lebih bersih dan sehat setelah melakukan deep cleansing.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.