7 Rekomendasi & Makna Dress untuk Imlek 2022 a la Artis Indonesia

Bingung pakai outfit apa saat Imlek 2022 nanti? Ini dia rekomednasi baju Imlek a la artis!

9 Januari 2022

7 Rekomendasi & Makna Dress Imlek 2022 a la Artis Indonesia
Instagram.com/gisel_la/sarwendah29

Tahun Baru China atau biasa dikenal Imlek menjadi salah satu hari raya yang dinantikan, lho Ma. Imlek biasanya identik dengan angpao dan warna merah.

Selain itu, pakaian sederhana dan menawan juga menjadi salah satu ciri khasnya. Para artis Indonesia perempuan yang merayakan Imlek juga mengenakan dress-dress yang menawan itu.  

Tidak hanya berwarna merah, namun ada berbagai macam dress yang dikenakan oleh para artis yang bisa Mama jadikan referensi untuk perayaan Imlek nanti. Popmama.com akan memberitahukan rekomendasi dress untuk Imlek 2022 a la seleb Indonesia beserta makna dari baju tersebut. Yuk simak baik-baik!  

1. Dress dengan ukiran bunga berwarna hitam a la Gisella Anastasia

1. Dress ukiran bunga berwarna hitam a la Gisella Anastasia
Instagram.com/gisel_la

Gisella Anastasia, seorang penyanyi dan presenter perempuan Indonesia ini merayakan hari raya Imlek, tahun lalu ia mengenakan dress berwarna hitam dengan ukiran bunga dipinggirnya. Si Kecil Gempita juga memakai dress dengan model yang sama, namun warna yang berbeda.  

Dilansir dari chinahighlights.com, dress yang dipakai oleh Mama Isel ini termasuk pada dress Chinese Qipao atau Cheongsam. Cheongsam berevolusi dari changpao (gaun panjang) wanita Manchu dari Dinasti Qing. Dalam keterangan postingannya, Mama Isel dan Gempi melakukan pemotretan berbarengan dengan saat pemotretan brand make up ‘Madame Gie’.  

2. Dress mewah seperti bangsawan China a la Sarwendah Tan

2. Dress mewah seperti bangsawan China a la Sarwendah Tan
Instagram.com/sarwendah29

Istri dari seorang presenter terkenal Ruben Onsu ini memakai dress atau gaun mewah yang menawan hingga terlihat seperti bangsawan China. Sarwendah Tan yang juga berprofesi sebagai guru bahasa Mandarin ini terlihat anggun mengenakan dress berwarna emas. Ia juga memakai asesoris di kepalanya dan memegang hiasan seperti kipas di tangannya.  

Dress yang dipakainya itu termasuk pada dress Chinese Hanfu. Hanfu adalah pakaian tradisional Tiongkok yang tertua. Saat ini, orang jarang sekali yang memakai Hanfu, lho Ma. Hanfu dipakai hanya pada acara-acara khusus, seperti festival dan upacara pernikahan, atau oleh perempuan muda yang ingin berfoto.  

Editors' Picks

3. Memakai dress sederhana berwarna forest green a la Yuanita Christiani

3. Memakai dress sederhana berwarna forest green a la Yuanita Christiani
Instagram.com/yuanitachrist

Seorang presenter anggun, Yuanita Christiani ini memakai dress yang sangat sederhana berwarna forest green saat perayaan hari Imlek sewaktu masih mengandung. Dress yang panjangnya hingga selututnya itu membuat dirinya terlihat indah.  

Dress yang dipakainya termasuk pada dress Chinese Tang Suit dengan jenis one-piece clothing. Tang Suit sebenarnya berasal dari era Dinasti Qing. Nama ini berasal dari orang Tionghoa perantauan. Pakaian one-piece disebut juga shenyi.

 Shenyi diadopsi secara luas oleh berbagai dinasti sepanjang sejarah Tiongkok. Shenyi juga masih memiliki pengaruh besar pada pakaian one-piece modern.  

4. Dress ciri khas Imlek berwarna merah a la Angel Ex Cherrbelle

4. Dress ciri khas Imlek berwarna merah a la Angel Ex Cherrbelle
Instagram.com/margareth_angelina

Salah satu mantan anggota girlband Cherrybelle, Margareth Angelina ini memakai dress berwarna merah yang sederhana. Dress ini sudah menjadi ciri khas dari Imlek dan termasuk dress yang banyak di gunakan oleh perempuan Tionghoa.  

Angel memakai dress Cheongsam atau Qipao sepanjang lutut kakinya. Ia juga mengenakan high heels merah agar dirinya terlihat lebih tinggi dari biasanya. Angel berfoto dengan suaminya yang memakai pakaian Chinese Tang Suit berwarna merah. 

5. Tampil dengan megah dengan dress berwarna gold a la Melaney Ricardo

5. Tampil megah dress berwarna gold a la Melaney Ricardo
Instagram.com/melaney_ricardo

Melaney Ricardo, presenter perempuan Indonesia mengenakan dress panjang yang megah berwarna gold yang dihiasi dengan tambahan ekor pada gaun tersebut. Ia menambahkan ekor pada dress panjang itu pada bagian belakang, samping kanan, dan kiri dress.  

Dress yang termasuk dress Cheongsam atau Qipao itu berlengan pendek. Ekornya terdapat ukiran-ukiran bunga dan kipas yang anggun. Selain itu, Melaney juga menata rambutnya seperti perempuan-perempuan Tiongkok.  

6. Mengenakan dress Cheongsam dengan motif floral a la Tina Toon

6. Mengenakan dress Cheongsam motif floral a la Tina Toon
Instagram.com/tinatoon101

Seorang seleb perempuan Indonesia yang kini menjadi anggota DPR RI mengenakan dress Cheongsam berwarna merah pekat dengan motif floral. Tina Toon memadukan dress Cheongsam atau Qipao dengan dress duyung.  

Dress itu sangat memperlihatkan lekuk badannya bagian atas, namun lebar pada bagian kakinya. Ia menata rambutnya dengan tusuk konde sanggul sangjit. Ada sedikit mutiara dibagian pundaknya untuk menambah aksesoris agar lebih terlihat elegan. 

7. Laura Basuki tampil elegan dengan memakai dress Cheongsam berlengan pendek

7. Laura Basuki tampil elegan memakai dress Cheongsam berlengan pendek
Instagram.com/laurabas

Laura Basuki, model perempuan Indonesia keturunan Tionghoa ini memakai dress Cheongsam berlengan pendek dan berwarna merah. Dressnya itu dihiasi dengan motif bunga-bunga yang terlihat mewah.  

Dress yang dikenakannya itu sangat memperlihatkan lekuk tubuh indahnya. Ia juga menambahkan belahan pada samping kanan dressnya. Laura Basuki menyanggul rambutnya untuk menambah gaya seperti perempuan Tionghoa.  

Nah itu dia Ma, rekomendasi dress serta maknanya untuk dipakai saat Imlek 2022 a la artis Indonesia. Sangat anggun ya, Ma dilihatnya. Jadi, Mama nggak perlu bingung lagi deh untuk memilih dress saat Imlek nanti. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.