7 Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami dan Efektif di Rumah

Sekarang Mama tak perlu khawatir lagi jika mengalami bintitan

17 April 2019

7 Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami Efektif Rumah
Freepik/Jcomp

Mata bintitan mungkin seringkali dianggap sebagai masalah kesehatan yang sepele. Namun demikian, kondisi ini lama-kelamaan juga bisa mengganggu kepercayaan diri, Ma.

Bukan karena mengintip, mata bintitan disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang tumbuh dan berkembang di bagian akar rambut pada bulu mata.

Ada bintitan yang muncul berupa benjolan di kelopak mata, namun ada juga yang sampai terasa nyeri dan bahkan berwarna kemerahan. Semua bergantung pada tingkat keparahan infeksi yang terjadi.

Hindari memencet bintitan karena justru bisa menimbulkan masalah lainnya pada mata. Dirangkum Popmama.com, berikut cara mengobati bintitan yang bisa Mama lakukan sendiri secara alami di rumah:

1. Membersihkan mata dengan air bersih

1. Membersihkan mata air bersih
Pexels/Burst

Saat muncul bintitan yang mengganggu, upayakan untuk rutin membersihkan area mata secara rutin dengan menggunakan air bersih. Mama juga bisa menggunakan sabun atau sampo berbahan lembut.

Misalnya seperti sabun atau sampo bayi, yang mengandung bahan-bahan lebih alami dan lembut.

Tutup mata dan bersihkan dengan perlahan kelopak mata yang bintitan, kemudian pijat dan bilas dengan air bersih.

2. Kompres air hangat

2. Kompres air hangat
Pexels/Tookapic

Selain dibersihkan, mengompres bintitan pada mata dengan menggunakan kompres air hangat juga bisa dilakukan. Siapkan handuk, air hangat dan wadahnya. Kemudian kompres area mata yang bintitan dengan air hangat.

Diamkan selama sekitar 10 menit, ganti ketika handuk sudah terasa dingin. Mama bisa melakukan metode ini sesering mungkin atau kapanpun Mama merasa mata tidak nyaman.

Yang pasti, gunakan handuk yang benar-benar bersih untuk mengurangi kemungkinan infeksi menjadi semakin parah. Kompres dengan air hangat membantu mengempiskan bintitan secara alami.

Jika bintitan yang Mama alami sampai bernanah, kompres dengan air hangat juga dapat membantu mengencerkan nanah di dalamnya agar mudah kempis.

3. Kompres dengan teh celup

3. Kompres teh celup
Pexels/Freestocks.org

Selain air hangat, Mama juga bisa menambahkan bahan alami seperti teh celup untuk membantu mengatasi mata bintitan. Teh diyakini mampu mengurangi bengkak pada mata bintitan.

Terdapat kandungan antibakteri di dalam teh, yang dapat membantu proses penyembuhan bengkak dan infeksi pada mata bintitan.

Untuk melakukan metode ini, seduh teh terlebih dahulu dalam cangkir berisi air panas. Kemudian diamkan sekitar 1 menit, sampai sari dari teh sudah benar-benar keluar. Angkat kantong teh dan tunggu sampai tidak terlalu panas.

Tempelkan pada mata yang bintitan selama sekitar 5 menit atau sampai kantong teh sudah terasa dingin. Jika Mama mengalami bintitan pada kedua mata, gunakan kantong yang berbeda ya, Ma.

Editors' Picks

4. Gunakan air garam

4. Gunakan air garam
Pexels/Artem Bali

Selain bisa digunakan untuk berkumur saat sakit gigi, air garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mata bintitan. Ini karena garam memiliki kandungan magnesium dan mineral lainnya yang ampuh untuk membunuh bakteri.

Bahan ini pun sering dimanfaatkan sebagai bahan antiseptik alami, termasuk untuk mengobati mata bintitan.

Larutkan air garam dalam air hangat dan aduk sampai benar-benar rata. Celupkan bola kapas atau kain lembut dalam larutan air garam, kemudian letakkan pada mata yang bintitan. Diamkan selama sekitar 15 menit.

5. Oleskan getah lidah buaya

5. Oleskan getah lidah buaya
Freepik

Tahukah Mama bahwa selain bisa dijadikan bahan minuman, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk bahan pengobatan alami?

Ya, lidah buaya mengandung mineral, vitamin dan senyawa penting lainnya yang bisa digunakan sebagai bahan pengobatan. Lidah buaya juga sering digunakan sebagai bahan alami pereda nyeri, antibakteri dan antivirus.

Belah daun lidah buaya dan ambil sedikit getah beningnya menggunakan cotton bud. Setelah itu, oleskan getah lidah buaya pada bintitan. Oleskan secara perlahan setiap hari sampai infeksi terasa sudah mereda.

6. Gunakan rebusan daun ketumbar

6. Gunakan rebusan daun ketumbar
Freepik/Mrsiraphol

Daun ketumbar juga bisa menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi infeksi dan bengkak pada mata, termasuk mata bintitan. Daun ketumbar memiliki sifat antibakteri, antivirus dan juga antiradang.

Rebus satu sendok teh daun ketumbar dengan air secukupnya. Tiriskan dan tunggu sampai agak dingin. Setelah itu, usapkan daun ketumbar pada mata yang bintitan.

7. Hindari penggunaan kosmetik dan lensa kontak

7. Hindari penggunaan kosmetik lensa kontak
Pexels/Kaboompics.com

Selama mata sedang bintitan, hindari sebisa mungkin kebiasaan atau aktivitas yang berisiko menimbulkan infeksi tambahan. Termasuk di antaranya menggunakan kosmetik berlebihan.

Aktivitas ini dikhawatirkan bisa menyalurkan lebih banyak bakteri ke mata, terutama jika kosmetik dan perlengkapan make up Mama jarang dibersihkan.

HIndari juga penggunaan lensa kontak selama mata bintitan, sebagai pengganti lebih baik gunakan kacamata dulu, ya. Bakteri dari bintitan bisa berpindah ke lensa kontak dan menyebarkan infeksinya.

Jadi, sudah sembuhkah mata bintitan Mama?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!