7 Pilihan Menu Sarapan Pagi yang Sehat untuk Seminggu

Sarapan sehat dan bergizi bantu menunjang aktivitas harian keluarga

11 Maret 2019

7 Pilihan Menu Sarapan Pagi Sehat Seminggu
Pexels/Burst

Sarapan adalah salah satu aktivitas penting di pagi yang tidak boleh dilewatkan. Dengan menu yang tepat dan sehat, kebiasaan sarapan bisa bantu Mama dan keluarga jalani aktivitas sehari-hari.

Jika tidak sarapan, Mama bisa lebih cepat lemas dan bahkan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik.

Oleh sebab itu, ada baiknya setiap pekan Mama mulai menyiapkan jadwal menu sarapan yang bergizi dan mudah dibuat. Ini supaya setiap pagi Mama tidak terlalu repot menyiapkan menu sarapan untuk keluarga.

Apa saja ya pilihan menu sarapan pagi yang sehat? Berikut Popmama.com sudah rangkum rekomendasinya untuk Mama:

1. Telur orak-arik dengan sayur

1. Telur orak-arik sayur
Pexels/Helena Lopes

Telur merupakan sumber protein yang sabgat baik untuk tubuh dan energi selama sehari penuh. Telur pun sudah memiliki citarasa gurih alami yang cocok dijadikan menu sarapan keluarga.

Salah satu menu sarapan dari telur yang populer adalah telur orak-arik. Untuk membuatnya, Mama tinggal memasak telur yang diaduk-aduk di wajan yang sudah diolesi margarin. Kemudian tambahkan sedikit garam dan lada.

Untuk menambah asupan gizi, Mama bisa menambahkan sayuran ke dalam adonan telur seperti tomat dan bayam. Potong-potong sayur kemudian campur saat telur diaduk di wajan sampai sedikit berubah warna. Hidangkan selagi hangat ya, Ma.

Baca juga: 7 Pilihan Menu Sarapan Bergizi untuk Anak dalam Seminggu

2. Granola plus yoghurt

2. Granola plus yoghurt
Pexels/Ovidiu Creanga

Granola merupakan asupan yang juga cocok dijadikan menu sarapan. Bahan makanan ini terdiri dari oat, kacang-kacangan, dan buah kering. Granola diketahui juga kaya akan lemak sehat dan serat yang tinggi.

Kandungan serat yang tinggi dalam granola juga baik untuk kesehatan pencernaan, membantu mengontrol gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Sarapan dengan granola juga membantu Mama merasa kenyang lebih lama.

Untuk membuat menu sarapan dari granola, panggang granola secukupnya sampai matang alias sampai berwarna kecokelatan. Setelah agak dingin, tambahkan sedikit madu dan yoghurt.

Mama juga bisa menambahkan buah-buahan segar seperti mangga, stroberi, atau pisang.

3. Alpukat dan roti

3. Alpukat roti
Pexels/Wendy Wei

Roti dan alpukat juga bisa menjadi kombinasi menu sarapan yang baik untuk keluarga, terutama untuk anggota keluarga yang padat aktivitas, Ma.

Penelitian menyebutkan bahwa sarapan rutin dengan alpukat dapat membantu menyehatkan jantung dan bahkan mengurangi risiko terserang stroke.

Kerok alpukat secukupnya dan oleskan di atas roti panggang. Setelah itu, berikan sedikit minyak zaitun dan garam. Jika suka, Mama juga bisa menambahkan sedikit telur dadar di atas alpukat dan roti.

Tambahan roti bisa menambahkan asupan gizi untuk menu sarapan sehari-hari mama dan keluarga.

Editors' Picks

4. Smoothie pisang dan alpukat

4. Smoothie pisang alpukat
Pexels/PhotoMIX Ltd

Smoothie adalah salah satu menu simpel untuk sarapan yang padat gizi dan juga mudah dibuat. Mama bisa mencampurkan berbagai jenis buah-buahan untuk dijadikan smoothie yang lezat.

Salah satunya adalah kombinasi antara pisang dan selai kacang, untuk menambah rasa Mama bisa menambahkan sedikit kayu manis bubuk.

Mama juga bisa membuat smoothie dari alpukat dan pisang. Campurkan alpukat, yoghurt, susu, pisang, bayam dan sedikit vanili. Smoothie enak dan bergizi pun siap dikonsumsi untuk jadi menu sarapan sehat.

Baca juga: 7 Manfaat Baik Alpukat Bagi si Kecil

5. Olahan tahu dan sayur

5. Olahan tahu sayur
Freepik/Topntp26

Selain telur, tahu juga menjadi salah satu menu sarapan tinggi kandungan protein yang sangat populer. Rasanya juga gurih dan punya tekstur yang renyah seperti telur.

Tumis sedikit bawang bombay dan paprika hijau, tambahkan tahu dan orak-arik sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit garam dan lada. Mama juga bisa menambahkan jamur agar rasanya lebih enak dan gurih.

Olahan tahu ini bisa dikonsumsi langsung, bisa juga dikonsumsi bersama dengan roti panggang atau telur.

Baca juga: Enak dan Bergizi, Ini 5 Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

6. Oatmeal pisang

6. Oatmeal pisang
Pexels/Daria Shevtsova

Mama suka sarapan dengan oatmeal? Selain mengenyangkan, oatmeal juga tinggi serat dan baik bagi kesehatan pencernaan, Ma.

Salah satu cara mudah mengolah oatmeal menjadi menu sarapan adalah dengan membuat bubur oatmeal pisang. Seduh oatmeal dengan segelas susu, kemudian saat sudah hampir matang tambahkan pisang yang sudah dihaluskan.

Saat akan disajikan, tambahkan sedikit taburan kayu manis bubuk. Selain enak, menu oatmeal pisang ini juga memberikan pasokan energi tinggi, membantu menjaga kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Sereal, susu dan buah

7. Sereal, susu buah
Pexels/Flo Dahm

Sereal juga menjadi salah satu pilihan menu sarapan yang tepat untuk keluarga sehari-hari. Selain karena penyajiannya yang cepat dan hemat waktu, sereal juga sudah difortifikasi dengan vitamin dan mineral.

Cukup tambahkan susu, sereal bisa langsung dikonsumsi dan membantu mengenyangkan sampai waktunya makan siang.

Jika suka, Mama bisa menambahkan potongan buah segar seperti stroberi dan pisang.

Nah, mana pilihan menu yang menjadi favorit Mama dan keluarga?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!