Makanan yang Cocok Disantap pada Musim Hujan

Yuk santap 7 makanan berikut agar tubuh tetap hangat pada musim hujan!

19 Desember 2021

Makanan Cocok Disantap Musim Hujan
Pexels/FOX

Saat musim hujan datang otomatis suhu udara menjadi semakin rendah. Alhasil kita sering merasa kedinginan.

Kamu harus selalu mengenakan baju hangat agar tidak mudah masuk angin dan terhindar dari rasa dingin yang menusuk. Selain itu sedia payung dan jas hujan saat bepergian juga harus dilakukan agar tidaj kebasahan saat hujan datang dengan tiba-tiba.

Kamu juga bisa lho menghangatkan diri melalui makanan. Biasanya makanan berkuah memang paling pas disajikan hangat-hangat.

Nah, apa saja sih makanan yang cocok disantap pada musim hujan? Popmama.com akan membagikan 7 menu makanan berikut ini:

1. Sup ayam dengan berbagai aneka sayuran

1. Sup ayam berbagai aneka sayuran
Pexels/Cook Eat

Sup ayam biasanya menjadi menu wajib makanan rumah sakit. Mengapa? Karena sup ayam bisa menjaga kondisi tubuh dan baik untuk proses pemulihan saat terserang penyakit.

Sup ayam memang enak rasanya dan sangat pas disantap pada musim hujan. Selain bisa menghangatkan tubuh, sup ayam juga mampu mengatasi hidung tersumbat.

Bahan-bahan yang terkandung di dalam sup ayam antara lain ayam, wortel, kentang, buncis, kol dan bawang putih.

Bawang putih dikenal mampu melawan bakyeri dan infeksi karena terdapat kandungan allicin didalamnya. Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat sehingga kita lebih berenergi beraktifitas. Sementara sayuran seperti wortel, kol dan buncis kaya akan serat yang baik bagi pencernaan.

2. Mi rebus dengan potongan cabai rawit dan telur setengah matang

2. Mi rebus potongan cabai rawit telur setengah matang
Pexels/Tookapic

Kalau hujan datang dan perut lapar, otomatis kita tidak bisa beli makanan ke luar. Makanya harus selalu sedia stok mi rebus.

Indomie rebus dengan kuah hangat memang menggugah selera dan tentu saja mampu menghangatkan tubuh.

Lengkapi gizimu dengan menambahkan telur dan sayuran agar kamu lengkap mendapat karbohidrat, protein dan vitamin sekaligus dalam satu mangkuk.

Editors' Picks

3. Bakso yang semakin nikmat disantap saat hujan

3. Bakso semakin nikmat disantap saat hujan
Pexels/Buenosia Carol

Tidak ada salahnya kamu punya stok bakso di freezer. Karena kalau kelaparan dan hujan, bakso bisa jadi penyelamat yang sangat lezat!

Rasa dagingnya yang enak dan lembut, bisa menceriakan harimu walaupun tidak bisa pergi kemana-mana karena hujan. Lebih lengkap lagi kalau ditambah sambal, bihun, seledri dan perasan jeruk nipis. Segar!

Kamu bisa lho membuatnya sendiri. Cukup campurkan daging giling dengan tepung dan bumbu lalu bentuk bulat-bulat. Simpan di dalam lemari pendingin agar tahan lama.

4. Soto yang sangat pas dikonsumsi saat cuaca dingin

4. Soto sangat pas dikonsumsi saat cuaca dingin
idntimes.com

Kamu penggemar soto? Pasti setuju jika menu yang satu ini pas banget dikonsumsi saat hujan dan cuaca dingin.

Soto ada banyak macamnya. Soto ayam, soto daging dan soto mi semuanya enak dan dapat menghangatkan tubuh. Satu daerah dengan daerah lain mungkin memiliki jenis soto yang berbeda.

Kuah soto yang gurih memang menjadi daya pikat tersendiri bagi banyak penggemarnya. Lebih nikmat lagi jika disantap dengan taburan bawang goreng, perasan jeruk nipis dan pedasnya sambal.

5. Pisang goreng atau pisang bakar

5. Pisang goreng atau pisang bakar
Pexels/Caio Resende

Tidak harus selalu makanan berkuah, pisang goreng atau pisang bakar juga bisa menjadi teman setia saat hujan mengguyur daerah rumahmu.

Hangatnya pisang yang baru saja digoreng dan cita rasanya yang manis memang menjadi favorit banyak orang. Apalagi jika disantap dengan ditemani teh manis atau kopi pahit. Hmm, bisa habis banyak!

Kamu bisa memvariasikan pisang gorengmu dengan mengirisnya dan membentuk layaknya sebuah kipas. Pisang goreng kipas ini sangat populer di Kalimantan. Atau kamu juga bisa menyantapnya dengan cara lain yaitu dengan tambahan sambal roa dan dabu-dabu khas manado. Dijamin tubuhmu akan makin hangat!

Jika kamu ingin membuat pisang bakar, maka lengkapi dengan memberi topping berupa keju, susu kental manis dan meses agar semakin nikmat.

6. Tongseng dengan kuah yang kaya rempah

6. Tongseng kuah kaya rempah
idntimes.com

Daging kambing dipercaya mampu menghangatkan tubuh. Kamu bisa memilih menu tongseng kambing sebagai makanan yang akan menemanimu saat cuaca dingin dan hujan.

Tongseng memiliki kuah kental yang kaya rasa, dan tentu saja meresap hingga ke dagingnya.

Kamu bisa menambahkan irisan kol dan cabai rawit ke dalam tongsengmu agar rasanya lebih enak. Dijamin bisa membuat lidahmu bergoyang!

Kalau kamu tidak suka daging kambing, kamu bisa menggantinya dengan daging ayam maupun daging sapi. Rasanya tidak kalah enak lho!

7. Pempek untuk camilan nikmat saat musim hujan

7. Pempek camilan nikmat saat musim hujan
idntimes.com

Menu yang satu ini merupakan pempek yang berasal dari Palembang. Pempek cocok dimakan kapanpun, terutama saat badan merasa kedinginan.

Kuahnya yang bernama cuko memiliki rasa pedas manis yang cocok sekali disantap bersama pempek. Tambahkan irisan timun agar makanan yang satu ini terasa lebih segar.

Nah, itulah 7 jenis makanan yang cocok disantap pada musim hujan. Mana yang menjadi andalanmu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk