5 Manfaat Glutathione untuk Kesehatan, Bisa Jaga Imunitas Tubuh!

Tingkat glutathione dalam tubuh dapat berkurang oleh sejumlah faktor, lho!

6 Desember 2021

5 Manfaat Glutathione Kesehatan, Bisa Jaga Imunitas Tubuh
Pexels/Karolina Grabowska

Gutathione diproduksi oleh tubuh. Namun penggunaannya juga dapat diberikan secara intravena, topikal atau sebagai inhalansia. Selain itu, ada pula glutathione yang tersedia bentuk suplemen oral dalam bentuk kapsul dan cair.

Bahwa sebagian besar glutathione terdiri dari tiga asam amino berupa glutamin, glisin dan sistein. Tetapi tingkat glutathione dalam tubuh dapat berkurang oleh sejumlah faktor. Termasuk usia, gizi buruk dan stres.

Nah, berikut Popmama.com berikan ulasan mengenai 5 manfaat glutathione untuk kesehatan:

1. Meningkatkan jumlah sistem kekebalan tubuh

1. Meningkatkan jumlah sistem kekebalan tubuh
Pexels/Spencer Selover

Sebenarnya, sistem kekebalan bekerja paling baik jika sel-sel limfoid memiliki tingkat glutathione menengah yang seimbang. 

Sementara tingkat glutathione yang baik bisa membantu melindungi sistem kekebalan tubuh. Cara kerjanya sendiri, yakni dengan memainkan peran kunci dalam fungsi yang tepat dari limfosit T-sel. 

Hal ini memungkinkan tubuh membuat garis depan sistem kekebalan jadi meningkat jumlahnya. 

Editors' Picks

2. Melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas

2. Melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas
Pexels/Karolina Grabowska

Hampir semua orang tahu, bahwa dampak paparan radikal bebas terhadap tubuh berpotensi menyebabkan stres oksidatif dan gejala inflamasi.

Sedangkan glutathione menawarkan antioksidan kuat yang secara alami. Jadi glutathione bisa melindungi kamu dari banyak ancaman kesehatan seperti racun organik dan radikal bebas.

Bahkan glutathione menghentikan radikal bebas, memiliki kemampuan membuat energi tubuh dan mengurangi stres oksidatif.

3. Manajemen berat badan dan resistensi insulin

3. Manajemen berat badan resistensi insulin
Pexels/Klaus Nielsen

Bahwa ketika terjadi peningkatan sel-sel resisten insulin, hal itu tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Ini akan membuat gula darah menjadi tinggi.

Sedangkan manfaat glutathione sendiri bisa mengatasi resistensi dan mengurangi gula darah. Termasuk manajemen berat badan dan resistensi insulin pada individu yang lebih tua. 

Artinya, kadar glutathione yang rendah dikaitkan dengan pembakaran lemak lebih sedikit dan tingkat penyimpanan lemak lebih tinggi dalam tubuh.

4. Membantu detoksifikasi dan menghilangkan racun di hati

4. Membantu detoksifikasi menghilangkan racun hati
Pexels/Anete Lusina

Sebenarnya tubuh memiliki tiga fase detoksifikasi yang terjadi secara alami. Sedangkan glutathione berkontribusi untuk menghancurkan radikal bebas dan membantu enzim yang memecah racun.

Pada dasarnya, manfaat glutathione membantu detoksifikasi dan menghilangkan racun di hati. Termasuk juga pada paru-paru, usus dan ginjal. 

Lalu di saat yang sama, konjugasi glutathione dengan racun akan mendetoksifikasi dan menghilangkan racun yang larut dalam lemak maupun logam berat.

5. Memperbaiki kulit secara keseluruhan

5. Memperbaiki kulit secara keseluruhan
Pexels/Misha Voguel

Ternyata manfaat dari glutathione, yakni perannya yang meresap ke seluruh tubuh dan memberi kesehatan pada kulit. Terutama dalam memperbaiki kulit secara keseluruhan. 

Dengan perawatan glutathione, maka bisa meratakan warna kulit akibat bintik hitam dan membuatnya lebih cerah. Bahkan glutathione adalah komponen kunci untuk regenerasi kulit yang sehat.

Selain itu, fungsi dari glutathione juga dapat mengurangi efek psoriasis dan meningkatkan elastisitas.

Nah, demikianlah 5 manfaat glutathione untuk kesehatan. Sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.