TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara yang Bisa Membantu Kamu Mengambil Keputusan

Apakah kamu sedang memiliki keputusan besar?

14 November 2022

5 Cara Bisa Membantu Kamu Mengambil Keputusan
Freepik/benzoix

Beberapa keputusan sangat memakan waktu dan menyebabkan kamu merasa cemas?

Keputusan yang disertai rasa bimbang, ini sering kali melibatkan masalah interpersonal yang kompleks. Sedangkan ketidakpastian memiliki banyak penyebab. Padahal kamu harus menjadi lebih baik dalam mengambil keputusan, besar dan kecil. Caranya dengan latihan dan waktu.

Dilansir dari Psychcentral.com, keragu-raguan juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan mental seperti attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), depresi dan post-traumatic stress disorder (PTSD). Membuat keputusan adalah sumber stres dan kecemasan yang konstan.

Berikut adalah 5 metode untuk dicoba yang dapat membantu kamu menjadi lebih tegas. Yuk, cek ulasannya yang sudah dirangkum oleh Popmama.com!

1. Memiliki keyakinan dan kepercayaan diri

1. Memiliki keyakinan kepercayaan diri
Freepik/cookie_studio

Bahwa percaya diri adalah perasaan percaya pada kemampuan, kualitas dan penilaian seseorang. Jadi kepercayaan diri sangat penting digunakan saat memilih sebuah keputusan. Artinya, kamu perlu meningkatkan kepercayaan dan keyakinan pada diri sendiri. Ketika membuat pilihan, percayalah pada intuisi kamu. Langkah tersebut termasuk keputusan yang tepat untuk diri sendiri. 

Jika kamu memiliki kepercayaan diri untuk memercayai diri sendiri, maka akan merasa lebih mudah membuat dan berpegang teguh pada keputusan. Dimana kepercayaan diri, ini dapat merujuk rasa percaya pada kemampuan dalam mengambil suatu pilihan yang membingungkan. Bahkan lebih spesifik untuk situasi tertentu. 

Dilansir dari Indeed.com, pengambilan keputusan yang percaya diri adalah kemampuan untuk membuat keputusan dengan cara mengurangi stres dan kecemasan sambil tetap bertanggung jawab atas tindakan. Pengambilan keputusan yang percaya diri dimulai dengan langkah-langkah pengambilan keputusan standar. 

Editors' Picks

2. Mulai mengevaluasi keputusan

2. Mulai mengevaluasi keputusan
Freepik/Lifestylememory

Ketahuilah, bahwa keragu-raguan bisa mengalami kesulitan dalam membuat keputusan. Agar tidak menyulitkan kamu, sebaiknya mulai memeriksa atau mengevaluasi keputusan. Cobalah mempertimbangkan beberapa kriteria, yakni melakukan analisis perbandingan.

Sebab keputusan besar membutuhkan pertimbangan dari waktu ke waktu. Dengan demikian, kamu bisa mulai meninjau kembali mengapa suatu keputusan dibuat. Hal tersebut akan mengkonfirmasi mengapa kamu menegaskan apa yang harus dilakukan. 

3. Membuat daftar pro-kontra yang sederhana

3. Membuat daftar pro-kontra sederhana
Freepik/benzoix

Nggak bisa dipungkiri, bahwa hidup ini penuh dengan pilihan. Namun terlepas dari betapa pentingnya sebuah keputusan, keterampilan membuat keputusan yang baik berguna dalam kehidupan. Terutama jika kamu sedang merasa ragu-ragu tentang sesuatu. Sedangkan cara melakukannya dengan cara tepat, yakni menghindari membuat keputusan yang buruk.

Kamu perlu menyatukan berbagai keterampilan pengambilan keputusan dalam proses yang logis dan teratur. Salah satu langkah yang dapat kamu lakukan, cobalah menyelidiki situasinya secara detail. Jika memiliki jalan buntu, buatlah daftar pro-kontra yang sederhana. Melalui cara ini, maka memfasilitasi pengambilan keputusan yang objektif dan sehat.

4. Persempit pilihan menjadi beberapa opsi

4. Persempit pilihan menjadi beberapa opsi
Freepik/benzoix

Dalam mengambil keputusan yang tepat, kamu perlu mengeksplorasi pendekatan. Dimana langkah ini untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan peluang agar mendapatkan hasil yang sukses. Cara selanjutnya, yakni mulai membuat alternatif yang baik.

Sedangkan semakin luas pilihan yang dijelajahi, maka akan semakin sulit pula keputusan akhirnya. Jadi hindari menghasilkan sejumlah opsi berbeda. Sebab hal itu mungkin tampak membuat keputusan lebih rumit. Tetapi tindakan mencari alternatif, ini berguna untuk menggali lebih dalam. Termasuk melihat masalah dari sudut yang berbeda.

Jadi metode tersebut adalah saat yang pas untuk kamu menggunakan berbagai teknik berpikir kreatif. Bahkan membantu kamu menghasilkan beberapa solusi yang benar-benar inovatif. Yuk, ambil pendekatan praktis. Persempit pilihan menjadi tiga opsi saja. Kemudian evaluasi tiga opsi terakhir dan pilih satu.

5. Buat keputusan untuk diri sendiri

5. Buat keputusan diri sendiri
Freepik/wayhomestudio

Terkadang untuk menentukan sebuah pilihan terbaik, situasinya malah membuat seseorang menjadi cemas. Bahkan yang lainnya merasa telah memakan waktu. Apalagi hampir setiap keputusan melibatkan beberapa tingkat risiko.

Dengan demikian, maka memerlukan pendekatan terstruktur untuk menilai dan mengevaluasi kemungkinan terjadinya peristiwa yang merugikan. Nah, sebaiknya hindari meminta pendapat atau penentu keputusan dari banyak orang.

Sebab jika menanyakan 10 orang tentang satu topik saja, ini hanya akan membuat kamu semakin bingung. Cobalah memercayai intuisi kamu sendiri. Cara ini akan tahu apa keputusan yang tepat. Di sisi lain, tidak ada yang bisa memberi kamu jawaban yang benar tentang apa yang terbaik selain diri sendiri. 

Itulah kelima cara membantu kamu membuat keputusan. Pilihlah solusi yang terbaik, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk