Kenali ke Si Kecil Yuk, 5 Minuman Tradisional Khas Indonesia

Indonesia punya banyak minuman tradisional yang nikmat untuk disantap bersama si Kecil

6 Januari 2019

Kenali ke Si Kecil Yuk, 5 Minuman Tradisional Khas Indonesia
Pexels/Artem Bali

Yang suda kita ketahui, Indonesia kaya akan rempah-rempah. Begitu juga dengan makanan maupun minuman tradisionalnya. Dari berbagai jenisnya yang terbilang cukup banyak di setiap daerah memiliki minuman khas.

Di zaman sekarang, banyaknya minuman baru serta berbagai macam rasa ada dimana-mana. Nah, maka dari itu peran orangtua harus memperkenalkan minuman tradisional kepada anak-anak.

Mama bisa menyajikan atau membeli minuman tradisional pada mereka sebagai  teman menyantap camilan.

Selain itu juga minuman tradisional terasa menyegarkan dan berkhasiat untuk kesehatan lho. Nenek moyang kita dari setiap daerah di Indonesia telah membuat ramuan khas, dari rempah juga hasil alam lainnya.

Dengan Mama memperkenalkan minuman tradisional, berharap generasi selanjutnya mampu mempertahankannya.Tapi, minuman apa saja yang bisa Mama kenalkan untuk si Kecil?

Berikut Popmama.com bagikan ulasannya:

1. Es cendol

1. Es cendol

Es cendol merupakan salah satu minuman tradisional yang anak-anak bisa minum. Bahan-bahannya yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan gula merah serta santan, rasa minuman ini pun manis dan segar karena ada esnya sehingga si Kecil pasti suka.

Minuman dari daerah Sunda ini berasal dari kata “jendol”, yang ditemukan dalam bahasa Sunda yang artinya adanya sensasi butiran cendol di mulut saat sedang meminumnya.

2. Es timun serut

2. Es timun serut

Minuman segar seperti es timun serut juga masuk kategori minuman tradisional lho Ma. Orangtua juga dapat memberikan pada sang buah hati.

Minuman khas dari Aceh ini selalu ada di daftar menu tempat makan masakan Aceh. Es timun serut tersebut terbuat dari serutan timun yang disiram dengan perasaan air jeruk nipis, minuman yang menciptakan rasa asam manis dengan aroma timun pastinya si Kecil ketagihan. 

Editors' Picks

3. Es selendang mayang

3. Es selendang mayang

Satu lagi jajanan minuman yang Mama bisa perkenalkan pada anak, yaitu es selendang mayang. Minuman tradisional dari Betawi ini rasanya yang legit manis terasa nikmat disantap bersama di sore hari.

Minuman legendaris ini terbuat dari sagu aren yang dibuat seperti agar-agar, mengingat warnanya yang merah serta putih akan menarik perhatian si Kecil Ma.

4. Bajigur

4. Bajigur
Pexels/Rawpixel

Tak melulu minuman es, minuman tradisional lainnya yang disuguhkan hangat juga bisa berikan pada anak-anak. Bajigur adalah minuman khas dari Jawa Barat begitu nikmat diseruput beserta pisang rebus atau singkong di kala hujan.

Bahan utamanya yang terdiri dari gula aren, jahe, dan santan akan terasa hangat di perut.

5. Sekoteng

5. Sekoteng

Sekoteng adalah minuman hangat yang dihidangkan dari jahe beserta irisan roti, kacang, dan kolang kaling bisa Mama beri pada si Kecil.

Minuman tradisional asli Jawa Tengah ini cocok dihidangkan pada malam hari. Suasana kumpul keluarga semakin hangat dengan sajian sekoteng. 

5 minuman dingin maupun hangat tradisional di atas merupakan minuman yang sudah jadi kekayaan kuliner. Semoga keberadaannya tetap utuh terlestarikan oleh generasi berikutnya. Semoga bermanfaat ya Ma, dan si Kecil juga jadi suka dengan minuman tradisional khas Indonesia.

Baca juga: 5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Anak-Anak

Baca juga: Resep Cara Membuat Puding Cokelat dengan Vla Vanila Lembut