Rachel Vennya Borong Dagangan UMKM Terdampak Pandemi

Untuk mengapresiasi para single mom, Rachel Vennya lakukan borong dagang UMKM yang terdampak pandemi

15 September 2021

Rachel Ven Borong Dagangan UMKM Terdampak Pandemi
Dok. Dompet Dhuafa

Sekali lagi Content Creator muda, Rachel Vennya sudah menginspirasi banyak orang melalui kegiatan positifnya. Kali ini ia membantu golongan UMKM yang berjuang di tengah pandemi yang serba tidak pasti ini.

Pada masa pandemi sekarang ini, tentu memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat. Terutama bagi mereka yang berdagang seperti para perintis UMKM. Pendapatan yang mereka dapatkan turun drastis jika dibandingkan dari sebelum terjadinya pandemi. 

Akibatnya, kebanyakan dari pedagang UMKM akhirnya mengalami kerugian yang cukup besar dan tidak sedikit yang terpaksa gulung tikar. 

Tentunya hal ini membuat para pedagang menjadi khawatir karena kerugian ini membuat mereka sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Melihat hal tersebut, salah satu Rachel Vennya tidak tinggal diam. Ia melakukan kegiatan Borong Dagang UMKM guna membantu para pedagang yang mengalami kesulitan penjualan semasa pandemi ini.

Tindakan Rachel Vennya ini tentu turut mengundang kebahagian bagi para pedagang UMKM. Selain bentuk dari women support women dan family support families, kegiatan ini juga penting karena dapat membantu memperbaiki keadaan di tengah-tengah pandemi ini. 

Ini juga merupakan bentuk dari kepedulian kita antar sesama dalam membantu seseorang yang sedang mengalami kesulitan, terutama di masa pandemi.

Sebagai apresiasi bentuk dari perjuangan single mom ini, Popmama.com sudah merangkum rangkaian kegiatan Rachel Vennya yang memborong dagangan UMKM dari dampak pandemi. Simak penjelasannya, yuk!

Editors' Picks

1. Melakukan campaign Borong UMKM Perempuan bersama “Teman Baik Rachel Vennya”

1. Melakukan campaign Borong UMKM Perempuan bersama “Teman Baik Rachel Vennya”
Instagram.com/temanbaik.rachelvennya

Rachel Vennya sebagai salah satu influencer Indonesia ini diketahui sudah cukup sering melakukan galang dana guna membantu masyarakat Indonesia yang mengalami kesulitan.

Sebelum melakukan kegiatan ini, Rachel Vennya juga pernah menggalang dana untuk membantu melawan Covid-19 dan membantu para korban bencana alam, seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Barat. 

Pada kesempatan kali ini, Rachel Vennya melakukan galang dana bersama tim Teman Baik Rachel Vennya untuk membantu para pedagang UMKM Perempuan. 

Kegiatan yang diberi nama Borong UMKM Perempuan ini merupakan bentuk inisiatif untuk membantu perempuan atau pedagang/pengusaha kecil yang memiliki dampak pandemi. 

Rachel meyakini bahwa perempuan merupakan salah satu pihak yang paling rentan memiliki dampak pandemi. Berdasarkan hal tersebut, Borong UMKM Perempuan membantu para pedagang UMKM dengan memborong dagangannya tersebut.

Hal ini tentu akan memberikan dampak yang besar bagi perempuan di masa sekarang. 

2. Menggalang dana dan bekerja sama dengan Kita Bisa X Dompet Dhuafa

2. Menggalang dana bekerja sama Kita Bisa X Dompet Dhuafa
Instagram.com/kitabisacom

Sebagai seorang influencer yang memiliki jutaan pengikut di sosial media, Rachel mengajak para followers Instagramnya untuk ikut berdonasi dan memborong dagangan dari para single mom. 

Melalui kegiatan tersebut, Rachel Vennya pun mengumpulkan donasi melalui platform digital kitabisa.com.

Berbeda dari biasanya, pada galang dana kali ini ia juga bekerja sama dengan Dompet dhuafa. Rachel Vennya mengumpulkan donasi yang diterima dari Teman Baik Rachel Vennya dan kemudian ia salurkan melalui Dompet Dhuafa. 

Kegiatan ini pun berkesempatan untuk menyalurkan dengan menyasar wilayah di Bekasi, Jawa Barat sebagai tempat pendistribusian.

3. Membantu ratusan UMKM di seluruh Indonesia

3. Membantu ratusan UMKM seluruh Indonesia
Dok. Dompet Dhuafa & Instagram.com/temanbaik.rachelvennya

Donasi yang sudah dilakukan sejak 31 Juli 2021 kini sudah memborong banyak UMKM hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut data dari laman Instagram @temanbaik.rachelvennya, saat ini sudah terdapat sekitar 383 UMKM yang sudah di borong habis oleh Teman Baik.

Salah satu yang mendapat bantuan adalah ibu Sunarni (39). Ia merupakan seorang single mom yang kesehariannya menjual berbagai macam cemilan anak-anak di rumahnya. Hal ini dilakukannya untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.

Sunarni mengaku sudah sekitar 2 tahun lamanya ia berjuang seperti ini tanpa didampingi oleh sang suami yang sudah lebih dulu berpulang. Ibu beranak satu ini pun kini harus berjuang dan berusaha memutar otak serta banting tulang untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Ia mengaku tidak akan menyerah walaupun hanya mendapat sedikit keuntungan dari hasil jualannya. Ia tetap berusaha dan ingin menyekolahkan anaknya setinggi-tingginya.

Beberapa penjelasan tersebut merupakan awal mula dan bagaimana akhirnya kegiatan Borong UMKM Perempuan ini berjalan. 

Untuk mengapresiasi para single mom, kegiatan Rachel Vennya dalam memborong dagangan UMKM terdampak pandemi ini akan terus berlanjut di beberapa kota/kabupaten di Indonesia, terutama di daerah Jabodetabek.

Diharapkan semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan dapat membantu serta memberi dampak positif bagi masyarakat agar selalu membantu sesama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.