Lagi Viral, Berapa Jumlah Kalori dalam Es Krim Cone Geprek?

Tengah menjadi tren di TikTok, kira-kira berapa ya jumlah kalori dalam satu es krim cone?

26 Oktober 2021

Lagi Viral, Berapa Jumlah Kalori dalam Es Krim Cone Geprek
Pexels.com/DariaShevtsova

Es krim merupakan salah satu makanan favorit hampir semua orang dari berbagai kalangan usia. Memiliki rasa yang manis dan menyegarkan tak heran membuatnya menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia hingga saat ini.

Selain itu, belakangan ini media sosial TikTok yang dikenal sering menghadirkan tren-tren baru bagi penggunanya juga memiliki tren baru dari es krim cone.

Penggunanya ditantang untuk mencoba menikmati es krim tersebut dengan cara yang unik dan beda dari yang lain.

Banyak orang yang berbondong-bondong membeli beberapa es krim cone dari gerai makanan cepat saji demi mengikuti challenge tersebut.

Namun, dengan adanya tren es krim cone ini tak sedikit netizen yang merasa penasaran dengan jumlah kalori dalam es krim cone tersebut. 

Karena diketahui, jumlah kalori dalam es krim ini cukup tinggi apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, untuk membantu Mama mengetahui jumlah kalori dalam es krim cone yang belakangan ini tengah viral di media sosial.

Berikut Popmama.com rangkumkan informasinya di bawah ini.

1. Tren cara makan es krim cone yang viral di TikTok

1. Tren cara makan es krim cone viral TikTok
Dok. TikTok.com

Tren makan es krim cone yang belakangan ini tengah viral dan dicoba oleh banyak pengguna media sosial ini diketahui pertama kali dipopulerkan oleh salah satu netizen asal Indonesia.

Tren ini menantang banyak orang untuk mencoba membeli 3-4 es krim cone. Kemudian es krim cone tersebut akan diletakkan dengan cara terbalik dan disatukan dalam wadah tempat makan plastik, lalu dihancurkan.

Banyak netizen yang penasaran dan akhirnya mencoba untuk membuktikan klaim yang menyebutkan bahwa es krim cone ini akan lebih enak saat dinikmati dengan cara ini.

Menurut mereka yang telah mencoba tren ini menyebutkan, memakan es krim cone dengan cara ini sangat lezat karena akan memberikan sensasi perpaduan antara teksur cone yang renyah dengan rasa es krim yang manis dan lembut. Duh, jadi mau coba ya Ma?

Editors' Picks

2. Tren asal Indonesia ini bahkan viral sampai ke Thailand dan Korea Selatan lho, Ma

2. Tren asal Indonesia ini bahkan viral sampai ke Thailand Korea Selatan, Ma
Dok. TikTok.com

Tak hanya viral dikalangan netizen Indonesia saja lho, Ma. Bahkan tren ini sudah sampai ke Thailand hingga Korea Selatan.

Diketahui, pengguna TikTok asal Thailand dengan nama akun @07.01.a1m mencoba mengikuti tren ini dengan membeli 10 es krim cone.

Ia bersama temannya mencoba untuk menaruh 10 es krim cone yang dibelinya di dalam satu wadah alumunium yang cukup besar untuk ia satukan kemudian dihancurkan.

Selanjutnya, ada Avira Nisah yang merupakan netizen asal Indonesia yang tinggal di Korea Selatan dengan akun @aviranisha juga ikut mencoba tren ini.

Ia mengatakan pegawai cepat saji tempat dirinya membeli es krim cone tersebut merasa bingung dengan aksinya saat ia meletakkan es krim cone tersebut di atas wadah yang ia bawa. Memang ada-ada saja ya Ma tren dari netizen Indonesia ini.

3. Lalu sebenarnya berapa ya kira-kira jumlah kalori dalam satu es krim cone?

3. Lalu sebenar berapa ya kira-kira jumlah kalori dalam satu es krim cone
Pexels.com/Roman

Melihat antusiasme netizen yang mencoba untuk mengikuti tren ini dan beramai-ramai membeli es krim cone dengan jumlah yang banyak. Tak sedikit netizen yang penasaran dengan jumlah kalori dalam satu es krim cone.

Apalagi diketahui kebanyakan jenis es krim memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Dilansir dari dari Verywell fit, beberapa es krim mengandung lebih dari 300 kalori per porsi setengah cangkir.

Secara garis besar, satu scoop atau setara dengan setengah cangkir es krim vanila memiliki jumlah kalori sekitar 137. Kandungan lainnya berupa:

  • Lemak: 7,3g
  • Sodium: 53mg
  • Karbohidrat: 16g
  • Serat: 0,5g
  • Gula: 14g
  • Protein: 2,3g

Selain itu, kandungan kalori dalam es krim juga akan naik bergantung pada penambahan rasa es atau jenis es krim yang akan dinikmati. Seperti es krim cokelat, strawberry, dan rasa lainnya.

4. Benarkah makan es krim bisa meningkatkan berat badan?

4. Benarkah makan es krim bisa meningkatkan berat badan
Unsplash/I Yunmai

Memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi membuat banyak orang penasaran apakah mengonsumsi es krim sebenarnya bisa meningkatkan berat badan atau tidak.

Seperti yang dilansir dari Livestrong, es krim menjadi salah satu makanan yang bisa membuat berat badan kamu menjadi bertambah jika dikonsumsi secara berlebihan.

 Kebanyakan kalori ini berasal dari gula tambahan dan kandungan lemak yang tinggi.

Meski demikian, Mama tetap bisa menikmati es krim dengan memilih es krim dengan kandungan kalori antara 150-250 per sajian.

5. Jumlah aman untuk konsumsi es krim

5. Jumlah aman konsumsi es krim
Freepik/pvproductions

Meski es krim memiliki kandungan kalori dan lemak yang tidak sehat, bukan berarti Mama tidak boleh sama sekali menyantap makanan manis, lembut dan menyegarkan ini.

Mama tetap bisa menikmati dan mengonsumsi es krim ini asal memerhatikan terlebih dahulu tabel nutrisi dalam kemasan yang ada pada es krim, serta jumlah atau takaran yang akan dikonsumsi.

Dengan ini, sebenarnya tak ada jumlah pasti yang aman dalam mengonsumsi es krim.

Untuk itu, Mama disarankan sebaiknya tetap membatasi jumlah konsumsi es krim agar tidak mengganggu kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, itulah rangkuman terkait jumlah kalori dalam satu es krim. Jika kamu penasaran dengan tren TikTok es krim cone yang tengah viral itu, kamu tetap bisa mencoba dan membelinya asal memerhatikan jumlah porsi yang akan dibeli. Jangan sampai Mama membeli secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu terkadang tidak baik untuk kesehatan tubuh Mama sendiri.

Semoga informasi ini membantu ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.