TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Makanan Penambah Daya Ingat, Baik untuk Otak!

Agar tidak mudah lupa, Ma

2 Januari 2021

7 Makanan Penambah Daya Ingat, Baik Otak
Freepik/user6694312

Otak adalah salah satu organ yang berperan penting mengatur tubuh dan pikiran. Untuk meningkatkan daya kerjanya, Popmama.com punya makanan yang baik untuk otak. 

Jika daya kerja otak optimal, tubuh pun bisa lebih sehat. Selain itu, otak yang sehat juga membuat Mama memiliki daya ingat yang kuat dan baik. 

Ada beberapa faktor kenapa seseorang bisa memiliki daya ingat yang lemah. Oleh karena itu, yuk mulai konsumsi makanan yang baik untuk otak agar daya ingat tetap kuat. 

Apa saja, ya?

1. Kacang-kacangan sebagai camilan harian 

1. Kacang-kacangan sebagai camilan harian 
Freepik/8photo

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh The Journal of Nutrition, Health, and Aging, kacang-kacangan mengandung nutrisi yang baik untuk menambah daya ingat. 

Beberapa di antaranya adalah karena kacang mengandung lemak omega 2 dan antioksidan yang tinggi. Antioksidan di dalam kacang-kacangan melindungi sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Kamu bisa rutin mengonsumsi kacang sebagai camilan di setiap harinya.

2. Bluberi dan delima tinggi antioksidan

2. Bluberi delima tinggi antioksidan
Freepik

Antioksidan yang dimiliki makanan tak hanya baik menangkal radikal bebas. Fungsi lainnya adalah mampu mengurangi proses penurunan daya ingat karena penuaan. 

Agar masa tua kamu tetap memiliki daya ingat yang tajam, usahakan untuk sering mengonsumsi bluberi karena memiliki antioksidan yang tinggi. Buah yang memiliki manfaat sejenis adalah pomegranate atau delima. 

Editors' Picks

3. Lemak tak jenuh pada alpukat baik untuk otak

3. Lemak tak jenuh alpukat baik otak
Freepik/dashu83

Alpukat tak hanya baik untuk pencernaan dan diet, namun penting juga untuk menjaga daya ingat otak. Buah ini memiliki lemak tunggal tak jenuh yang sangat penting bagi sel otak. 

Lemak tak jenuh ini berguna untuk proses pembentukan dan penyimpanan daya ingat. Jadi, rutinkan mengonsumsi buah ini, ya!

4. Apel untuk meningkatkan memori

4. Apel meningkatkan memori
Freepik/azerbaijan_stockers

Apel sering disebut baik untuk diet karena kandungan serat dan nutrisinya. Namun ternyata, apel juga baik untuk menjaga memori otak. 

Kandungan antosianin yang ada di dalam apel merupakan jenis antioksidan yang mampu meningkatkan memori otak kamu. Jika mengonsumsi apel, usahakan untuk memakan kulitnya juga. 

Ini dikarenakan, dalam kulit apel terkandung kuersetin dan antioksidan yang bisa menurunkan risiko alzheimer. Namun pastikan untuk mencuci kulit apel dengan bersih sebelum memakannya, ya. 

5. Telur juga baik untuk otak

5. Telur juga baik otak
Freepik/azerbaijan_stockers

Sering dipandang sebelah mata, ternyata telur baik juga untuk kesehatan otak. Kandungan nutrisi dalam telur baik untuk meningkatkan daya ingat. 

Nutrisi seperti vitamin B6, B12, dan asam folat disebut sangat baik untuk kesehatan sel saraf di otak. Sedangkan omega-3 di dalam telur juga baik untuk kesehatan otak. 

6. Brokoli menurunkan risiko penyakit saraf

6. Brokoli menurunkan risiko penyakit saraf
Freepik

Sayuran hijau yang lezat ini juga baik untuk otak. Brokoli mengandung glukosinolat yang bisa dipecah menjadi isothiocyanate di dalam tubuh. 

Zat ini bisa mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit saraf. Brokoli juga mampu menopang daya ingat otak karena mengandung vitamin C dan flavonoid. 

7. Ikan yang mengandung omega-3 baik untuk otak

7. Ikan mengandung omega-3 baik otak
freepik.com/poringdown

Ikan memang baik untuk tubuh karena mengandung nutrisi yang kaya. Namun tak hanya ikan salmon saja yang memiliki omega-3 melainkan masih banyak ikan lainnya. 

Mama bisa mengonsumsi ikan tenggiri, ikan kembung, ikan tuna, ikan teri, dan ikan sarden yang juga ya omega-3. Tentu semuanya baik untuk kesehatan dan daya ingat otak!

Setelah mengetahui jenis makanan yang baik untuk daya ingat, jangan lupa memasukkannya dalam menu harian, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk