Apa Manfaat Menggunakan Diffuser?

Diffuser bukan hanya untuk pewangi ruangan

12 Mei 2019

Apa Manfaat Menggunakan Diffuser
madewithoils.com

Salah satu gaya hidup yang kini sedang tren adalah menggunakan diffuser. Ini adalah alat yang mengubah minyak esensial menjadi butiran kecil untuk dibaurkan (disebar dengan cara diffuse) ke seluruh ruangan. 

Diffuser tak hanya berguna untuk menyegarkan aroma sebuah ruangan saja. Namun lebih dari itu, ada banyak manfaat lain yang bisa didapat dengan menggunakan alat ini.

Untuk kamu yang sedang mempertimbangkan untuk membeli alat yang satu ini, mungkin bisa mengintip aneka manfaat yang bisa dihasilkan oleh diffuser:

1. Membantu melawan sulit tidur

1. Membantu melawan sulit tidur
Freepik/jofreepik

Hidung merupakan salah satu indera tubuh yang mampu menyalurkan respon secara cepat ke otak. Jika mencium bau tertentu, otomatis otak pun merespon. 

Hal ini berpengaruh besar jika menggunakan diffuser. Dengan meneteskan minyak esensial yang sesuai dengan keperluan ke diffuser, maka bisa membantu kamu dalam banyak hal, termasuk melawan sulit tidur.

Dengan menggunakan minyak esensial seperti lavender atau cedarwood, maka aroma yang akan disebar dengan menggunakan diffuser pun akan menciptakan suasana yang rileks. Jangan heran jika cepat ngantuk saat menyalakan diffuser dengan wangi lavender.

2. Mencegah penyakit

2. Mencegah penyakit
pinterest.com/heather lundy

Karena alat ini berguna melepaskan molekul kecil dan membaurkan ke udara sekitar, maka diffuser pun bisa membantu melawan penyakit. Dengan mencampurkan minyak esensial yang sesuai, maka ramuan itu bisa jadi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Mama bisa mencampurkan minyak esensial tea tree, clary sage, rosemary, grapefruit, lemon, dan thyme untuk jadi ramuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pasang diffuser dengan campuran minyak esensial tersebut, taruh di ruangan dan nikmati udara bebas kuman dan bersih. Pastikan menggunakan jenis ultrasonic diffuser karena memiliki fungsi ganda juga sebagai pelembab ruangan. Dengan udara yang kelembapannya terjaga, tubuh pun jadi tidak rentan terhadap serangan mikroba.

Editors' Picks

3. Memperlancar pernapasan

3. Memperlancar pernapasan
Airome.candlewarmers.com

Jika ternyata kamu rentan terhadap udara yang tidak bersih, atau debu di luar, maka bisa menggunakan minyak esensial untuk mengurangi efek sulit bernapas. Karena ada beberapa minyak yang bagus untuk mengurangi peradangan dan penyumbatan di saluran pernapasan. 

Nah, dengan menggunakan diffuser, kamu bisa lebih mudah menghirup minyak esensial tersebut. Cobalah untuk menggabungkan peppermint, rosemary, lemon, dan eucalyptus untuk menciptakan campuran minyak esensial untuk meredakan penyumbatan nafas. 

Diffuser juga memungkinkan kamu untuk menghirup udara yang mengandung minyak tersebut lebih lama. Sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. 

4. Alternatif aman pengganti lilin aroma terapi

4. Alternatif aman pengganti lilin aroma terapi
www.naturallivingideas.com

Sebelum diffuser ramai di pasaran, ada lilin aroma terapi dan dupa aroma terapi yang jadi alternatif untuk mengubah suasana dan udara di sebuah ruangan. Namun efek sampingnya adalah api yang menyala tanpa pengawasan. 

Di samping itu, efek buruk dari media bakar dari aroma terapi itu juga tidak terlalu baik. Diffuser pun jadi alternatif sehat dan aman dibanding keduanya. 

Baca juga: 7 Aromaterapi Ini Bisa Menghilangkan Stres

5. Mengusir serangga

5. Mengusir serangga
Freepik/pichit_sansupa

Tak mau menggunakan obat pengusir serangga untuk membersihkan kamar dari nyamuk dan serangga lainnya? Gunakan diffuser.

Beberapa minyak esensial yang bisa dimasukkan ke diffuser saat ingin mengusir serangga adalah clove, lemongrass, rosemary, atau cedarwood. Tak perlu pusing mengusir nyamuk dengan raket atau sapu lidi, cukup nyalakan diffuser dan mereka akan kabur atau mati dengan sendirinya. 

Di samping itu, ruangan pun jadi wangi yang segar dan enak di hidung. Nah, apakah kamu jadi tertarik menggunakan diffuser?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!