Mengenal Tabata Workout, Olahraga 4 Menit yang Banjir Keringat

Cukup 4 menit bisa memenuhi kebutuhan olahraga harian

8 Januari 2021

Mengenal Tabata Workout, Olahraga 4 Menit Banjir Keringat
Freepik/master1305

Satu lagi olahraga yang bisa dicoba Mama adalah Tabata workout. Olahraga ini hanya menghabiskan waktu 4 menit dalam satu sesi. 

Tabata workout adalah salah satu olahraga intensitas tinggi yang menguras keringat dan juga melatih otot hampir di setiap bagian tubuh dalam waktu yang efektif. 

Tak hanya berdurasi 4 menit, olahraga ini juga hanya diisi dengan 4 gerakan berbeda. Untuk mengenal seperti apa itu Tabata workout, Popmama.com akan menjabarkannya untuk kamu. 

1. Mengenal apa itu Tabata workout

1. Mengenal apa itu Tabata workout
freepik/shurkin_son

Sebagai salah satu olahraga intensitas tinggi, durasi dari olahraga ini biasanya tidak perlu lama. Dalam 1 sesi, hanya dibutuhkan 20 detik dan diikuti 10 detik istirahat. Lakukan dua kali sesi dan semuanya hanya menghabiskan waktu 4 menit saja. 

Menurut Tara Nicolas dari Nike Master Trainer yang menciptakan gerakan ini untuk SELF, Tabata sangat baik untuk meningkatkan detak jantung dan menguji stamina tubuh. Kamu yang sedang ingin olahraga namun tak suka yang terlalu lama durasinya, bisa melirik yang satu ini. 

Akan sangat baik jika melakukan Tabata setelah pemanasan dan mengakhirinya dengan pendinginan. Dengan begitu, tubuh memiliki siklus yang tetap baik.

Editors' Picks

2. Gerakan pertama,  plank maju mundur

2. Gerakan pertama,  plank maju mundur
self.com/Katie Tomphson

Bernama forearm plank rock, gerakan yang ini tak hanya diam dalam posisi plank. Kamu diminta memajukan badan dengan menggerakkan lengan dan ujung kaki. 

Sambil tak lupa, tetap menjaga postur tubuh rata seperti saat plank diam. 

Cara ini memungkinkan seluruh otot di tubuh bekerja dengan maksimal. Pastikan untuk mengencangkan otot perut, bokong, dan lengan. 

Lakukan gerakan ini selama 20 detik dan istirahat selama 10 detik. 

3. Selanjutnya, jumping lunge

3. Selanjutnya, jumping lunge
self.com/Katie Tomphson

Ini adalah gerakan yang menyatukan jumping jack dan lunge. Pertama, berdiri dengan kedua kaki selebar bahu. Kemudian kencangkan otot dan majukan kaki kiri dan mundurkan kaki kanan. 

Lompat dan langsung ke posisi jongkok. Untuk bentuk kaki kiri adalah menekuk ke depan, sementara kaki kanan, menekuk ke bawah. Lakukan bergantian dengan kaki satunya. Ulangi selama 20 detik. 

4. Lalu, lateral plank walk

4. Lalu, lateral plank walk
self.com/Alexandra Genova

Setelah sebelumnya plank maju mundur, kini waktunya plank sambil bergerak ke kiri dan kanan. 

Posisi lateral plank walk pun tidak biasa, agak tinggi seperti kamu ancang-ancang untuk push up. Kemudian di posisi tersebut, gerakkan tubuh 1 langkah ke kiri dan kanan tanpa mengubah posisi tubuh. 

Lakukan selama 20 detik dan pastikan istirahat selama 10 detik setelahnya. 

5. Yang terakhir, lateral shuffle

5. terakhir, lateral shuffle
self.com/Katie Tomphson

Yang satu boleh terlihat cukup ringan, namun tetap memeras keringat dan melatih banyak otot di tubuh. 

Mulai dengan berdiri dengan kaki selebar pinggang. Turun ke posisi seperti akan squat. Kemudian, dalam posisi tersebut, sentuh lantai dan bergerak ke arah samping kanan sebanyak 3 langkah. 

Setelah itu, sentuh lantai dan bergerak kembali ke arah samping kiri sebanyak 3 langkah. 

Lakukan itu bergantian selama 20 detik. Setelah istirahat 10 detik, kembali lakukan gerakan pertama sampai keempat. 

Untuk melakukan olahraga ini, diperlukan pemanasan yang sempurna agar otot tidak tegang dan olahraga pun memiliki hasil yang maksimal. 

Tertarik mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.