8 Rekomendasi Bumbu Opor Ayam Instan, Lebih Praktis & Nggak Kalah Enak

Masak menu Lebaran lebih ringkas, deh!

4 Mei 2021

8 Rekomendasi Bumbu Opor Ayam Instan, Lebih Praktis & Nggak Kalah Enak
Freepik/jcomp

Hadirnya bumbu instan bisa sangat membantu kamu yang ingin memasak. Termasuk juga memasak menu Lebaran yaitu opor ayam. 

Jika membuat sendiri, kamu perlu mengumpulkan aneka rempah kemudian menghaluskannya. Banyak yang bilang, bumbu akan semakin wangi dan nikmat jika dihaluskan menggunakan ulekan. 

Untuk Mama yang tak ada waktu atau tak bisa membuat bumbu masak sendiri, bisa lho beli yang sudah jadi. 

Popmama.com mengumpulkan rekomendasi bumbu opor ayam instan yang bisa jadi pilihan. 

1. Bamboe Opor

1. Bamboe Opor
shopee.co.id

Seperti diketahui, merek Bamboe memiliki banyak varian bumbu instan. Yang tak boleh kamu lewatkan juga adalah bumbu opor ayam instannya. 

Bumbu instan ini mengklaim bumbunya berkualitas impor sehingga kamu tidak perlu meragukan rasanya lagi. Untuk 1 bungkus dihargai Rp 6.000 dan bisa untuk 4 potong ayam. 

2. Bango Opor Ayam Khas Cepu

2. Bango Opor Ayam Khas Cepu
bango.co.id

Mama yang berencana membuat opor ayam dengan rasa khas daerah Cepu, maka bisa mencoba bumbu instan dari merek Bango. 

Yang membedakannya adalah rasa pedas dan gurih yang akan didapatkan saat menggunakan bumbu ini. Warna kuahnya pun beda, tidak putih atau kekuningan, melainkan putih kemerahan. 

Harga untuk produk ini adalah mulai dari Rp 6 ribu per bungkus. 

Wah, penasaran?

3. Desaku Opor

3. Desaku Opor
tokopedia.com

Sering mendengar merek yang satu ini? Desaku memang mengutamakan produk rempah nasional. Nah, selain rempah tunggal, ada juga bumbu instan. 

Desaku Opor termasuk bumbu instan yang mudah ditemui di mana-mana. Bahkan di warung dekat rumah pun kamu bisa membelinya. 

Harganya hanya Rp 2 ribu per sachetnya. Namun kekurangannya adalah, kamu perlu menambahkan banyak bumbu lain seperti bawang, gula, garam, dan santan. 

Editors' Picks

4. Indofood Bumbu Opor Ayam 

4. Indofood Bumbu Opor Ayam 
tokopedia.com

Ingin mencoba menu opor ayam yang khas buatan rumahan? Mama bisa mencoba Indofood Bumbu Opor Ayam. Diklaim dibuat dari rempah-rempah asli, rasanya pun bisa seperti buatan nenek!

Meski bumbu instan, merek ini mengatakan bahwa tidak menambahkan bahan pengawet dan pewarna buatan di dalamnya. Harga untuk satu bungkusnya adalah Rp 5 ribu saja. 

5. Munik Opor Ayam

5. Munik Opor Ayam
sarimunik.com

Kemudian ada Munik Opor Ayam. Bumbu ini punya kelebihan yaitu sudah matang. Sehingga, kamu tak perlu menumisnya dahulu jika ingin menggunakan. 

Cukup didihkan air yang diinginkan dan masukkan bumbu sesuai dengan kebutuhan, kamu pun bisa langsung menambahkan potongan ayam ke dalamnya. 

Selain itu, bumbu ini juga sudah dilengkapi garam, sehingga tak perlu lagi menambahkannya seperti kebanyakan bumbu lainnya. 

Untuk harganya adalah sekitar Rp 35 ribu. 

6. Nafisa Bumbu Instan Opor Ayam

6. Nafisa Bumbu Instan Opor Ayam
shopee.co.id

Mama yang ingin mencari bumbu instan yang bebas MSG, bisa menengok merek Nafisa. Merek ini memang memiliki keutamaan tidak menggunakan MSG dan pengawet sehingga lebih aman untuk anak-anak. 

Hanya mengandung bahan alami, kamu bisa menggunakan satu bungkus Nafisa Bumbu Instan Opor Ayam untuk 500 gr ayam. Sedangkan untuk harganya adalah Rp 7 ribu saja. 

7. Sajiku Bumbu Opor

7. Sajiku Bumbu Opor
tokopedia.com

Satu lagi merek yang banyak digunakan adalah Sajiku. Untuk bumbu opor instannya, ia mengeluarkan bentuk bubuk. 

Meski begitu, citarasa yang diberikan cukup menarik karena memberikan rasa creamy, manis, dan gurih. Satu bungkus bumbunya bisa untuk 500 gr ayam dan harganya adalah Rp 4.500. 

Jika ingin rasa yang lebih kental, bisa tambahkan bumbunya saja, Ma.

8. Sasa Bumbu Opor

8. Sasa Bumbu Opor
sasa.co.id

Ada juga bumbu opor ayam instan yang dikeluarkan oleh Sasa. Kelebihannya adalah kandungan santan bubuk yang lebih banyak dibanding merek lainnya. 

Dengan begitu, opor dengan menggunakan bumbu instan ini akan terlihat putih, kental dan rasanya lebih gurih. Ditambah juga dengan rempah yang diberikan dengan komposisi tepat sehingga menambah kekayaan rasa. 

Itulah beberapa rekomendasi bumbu opor ayam instan yang bisa Mama coba untuk membuat menu Lebaran. Cocok dengan yang mana, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.