Masih Jadi Misteri, Dimana Lokasi Sesungguhnya KKN di Desa Penari?

Rowo Bayu diduga menjadi lokasi asli kejadian ini

23 Mei 2022

Masih Jadi Misteri, Dimana Lokasi Sesungguh KKN Desa Penari
Instagram.com/kknmovie

Siapa yang sudah menonton film KKN di Desa Penari? Dilansir dari akun instagram resmi @kknmovie, hingga hari ini film KKN di Desa Penari telah menembus lebih dari 7.777.777 penonton.

Angka yang fantastis ini sukses mengalahkan film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang menembus angka 6.858.161 penonton. Kesuksesan film ini tak lepas dari penulis ceritanya yakni SimpleMan.

Melalui utas di Twitter pada 2019, SimpleMan menuliskan cerita KKN di Desa Penari. Cerita ini pun dibukukan dengan judul serupa hingga akhirnya diangkat menjadi sebuah film layar lebar.

Menurut SimpleMan, cerita ini diangkat dari kejadian nyata yang dialami oleh mahasiswa yang melaksanakan proker KKN. Hal tersebut membuat masyarakat bertanya-tanya keaslian cerita ini, tak terkecuali lokasi sesungguhnya KKN yang masih dirahasiakan.

Masih jadi misteri, dimana lokasi sesungguhnya KKN di Desa Penari? Popmama.com akan memberikan informasinya dalam ulasan berikut.

Editors' Picks

Menteri BUMN Erick Thohir Penasaran dengan Lokasi Sesungguhnya KKN di Desa Penari

Banyak orang bertanya-tanya dan penasaran dimana lokasi sesungguhnya KKN di Desa Penari. Tak hanya masyarakat biasa yang ingin tahu lokasi asli kejadian menyeramkan ini, Menteri BUMN, Erick Thohir pun ikut penasaran dengan lokasi sesungguhnya KKN di Desa Penari.

Untuk menjawab rasa penasarannya, Erick Thohir pun mengundang Pengelola dan Penjaga Rowo Bayu, Bapak Sudirman untuk bercerita tentang kejadian nyata KKN. Melalui unggahan di akun Instagram-nya, disebutkan bahwa lokasi sesungguhnya KKN ini berada di Rowo Bayu.

Rowo Bayu Diduga Merupakan Lokasi Sesungguhnya KKN di Desa Penari

Rowo Bayu Diduga Merupakan Lokasi Sesungguh KKN Desa Penari
Instagram.com/surya.nuswantara

Diduga merupakan lokasi sesungguhnya KKN di Desa Penari, Rowo Bayu merupakan sebuah rawa yang menjadi destinasi wisata sejarah di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Hal tersebut berdasarkan wawancara Erick Thohir dengan Pengelola dan Penjaga Rowo Bayu, Sudirman. Sudirman menceritakan, KKN di Desa Penari berangkat dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh enam mahasiswa dari Surabaya pada 2008.

"Iya, ini kisah nyata. Cerita Desa Penari dari KKN 2008 itu ada enam mahasiswa dari Surabaya," ujarnya kepada Erick.

Sudirman juga menjelaskan ada dua mahasiswa yang meninggal karena masuk ke Desa Penari yang tak jauh dari kawasan Rowo Bayu. Wawancara keduanya menjadi perbincangan hangat di masyarakat tentang dugaan Rowo Bayu sebagai lokasi sesungguhnya KKN.

Hal ini diperkuat dengan adanya sumber air dan Petilasan Prabu Tawang Alun yang dikeramatkan di lokasi Rowo Bayu. Bagi yang sudah membaca cerita yang ditulis SimpleMan, dua tempat itu hampir mirip dengan yang disebutkan dalam cerita.

Lokasi Sesungguhnya KKN di Desa Penari menurut SimpleMan bukan di Rowo Bayu

Lokasi Sesungguh KKN Desa Penari menurut SimpleMan bukan Rowo Bayu
Instagram.com/awisuryadi

Sutradara film KKN di Desa Penari, Awi Suryadi angkat bicara menanggapi lokasi sesungguhnya kejadian KKN. Menurut SimpleMan sebagai penulis cerita, lokasi sesungguhnya berbeda dengan yang disebutkan dalam unggahan video wawancara Erick Thohir dan Sudirman.

Awi tidak mengetahui secara pasti di mana lokasi KKN yang sesungguhnya karena masih dirahasiakan. Meskipun demikian, Awi meyakini tentang cerita yang ditulis SimpleMan ini merupakan kejadian nyata

Nah itu tadi beberapa informasi terkait lokasi sesungguhnya KKN di Desa Penari. Bagaimana, kamu penasaran?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk