Cara Membasmi Kutu Pada Hewan Peliharaan dari Shareefa Daanish

Intip tipsnya dari Shareefa Daanish ini ya!

13 November 2018

Cara Membasmi Kutu Hewan Peliharaan dari Shareefa Daanish
Instagram.com/shareefadaanish

Pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Shareefa Daanish ya? 

Mama anak satu ini dikenal saat dirinya terjun menjadi seorang model, presenter dan aktris yang sudah membintangi beberapa judul film serta sinetron.

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari kalau Shareefa Daanish memiliki hewan peliharaan di rumahnya. 

“Nama anjing kami Televisi Siaran Nasional, tetapi kamu cukup panggil dia Televisi,” tulis Shareefa Daanish di salah satu InstaStory pribadinya. 

Shareefa Daanish sempat beberapa kali mengunggah foto dan video Televisi melalui akun sosial medianya.

Tak hanya televisi, dirinya juga memiliki anjing lain yang dipanggil si Botak. 

Di hari libur, Shareefa Daanish sempat menunjukkan sebuah video saat dirinya memandikan si Botak yang sedang kutuan.

Perempuan yang sering membintangi film horor ini pun juga memberikan beberapa tips dan cara mengatasi hewan peliharaan yang sedang kutuan. 

Melalui InstaStory pribadinya yang sudah Popmama.com rangkum, berikut beberapa tips dari Shareefa Daanish saat hewan peliharaan di rumah terkena kutu. 

1. Jangan panik

1. Jangan panik
Unsplash/James Barker

Usahakan untuk jangan langsung panik saat mengetahui hewan peliharaan di rumah terkena kutu. Kepanikan bisa membuat semua hal yang ingin dilakukan menjadi tidak terkontrol.

Saat panik, hewan peliharaan di rumah juga akan bisa merasakan hal serupa. Tak jarang hewan secara tidak langsung bisa ikutan stres atau ketakutan karena perilaku Mama yang terlihat sedang kebingungan. 

Selain itu, terkadang panik hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk. Mama seolah tidak bisa berpikir jernih dalam mengatasi kutu yang bersarang pada hewan peliharaan.

Usahakan untuk tetap tenang dalam menghadapi masalah apapun itu, termasuk saat mengetahui hewan peliharaan di rumah terkena kutu. 

2. Mencukur bulu 

2. Mencukur bulu 
Unsplash/Ruby Schmank

“Sebaiknya cukur habis bulunya karena toh nanti akan tumbuh lagi,” tulis Shareefa Daanish melalui InstaStory pribadinya. 

Mungkin banyak orang yang merasa sayang jika harus mencukur bulu hewan peliharaannya sendiri hingga habis. Alasan cukup beragam seperti takut dirinya tidak lagi lucu atau terlihat asing dengan perubahan bulu. 

Padahal mencukur atau menggunduli bulu hewan peliharaan yang terkena kutu dapat membasminya dengan efektif, apalagi kalau bulunya bisa sampai pendek atau benar-benar habis. 

Saat ingin mencukur bulu hewan peliharaan, Mama bisa mencukurnya sendiri dengan alat cukur digital atau membawanya ke tempat salon hewan. 

Bila Mama memilih mencukur sendiri, tetap harus diingat untuk hati-hati agar tidak melukai kulit atau bagian tubuh hewan peliharaan lainnya.

Editors' Picks

3. Membersihkan kutu yang tersisa 

3. Membersihkan kutu tersisa 
Instagram.com/shareefadaanish

Jika Mama masih melihat kutu setelah mencukur bulu hewan peliharaan hingga pendek atau habis, ada baiknya segera mengambil dan membersihkannya. Jangan setengah-setengah dalam menghilangkan kutu yang ada di tubuh hewan peliharaan ya, Ma. 

Melalui unggahan InstaStory pribadinya mengenai cara membersihkan hewan peliharaan dari kutu, Shareefa Daanish menyarankan sebisa mungkin mengambil beberapa kutu yang masih menempel di badannya. 

“Ini memang agak geli sih, apalagi sama kutu-kutu yang gendut penghisap darah. Kalau nyerap panggil jasa grooming khusus untuk memandikan kutu,” tulis Shareefa Daanish. 

4. Memanggil jasa pembersih kutu

4. Memanggil jasa pembersih kutu
Unsplash/Autri Taheri

Mama pasti tidak bisa melakukan ini sendirian. Bila butuh bantuan cobalah untuk memanggil jasa semprot basmi kutu hewan ke rumah. 

“Panggil jasa semprot basmi khusus kutu hewan. Semprot kandang, rumah dan sekitarnya. Untuk awalan bisa seminggu sekali, kemudian kurangi frekuensinya seiring dengan kutu yang semakin jarang nongol. Soalnya sekali semprot lumayan mahal daripada bokek,” begini tips keempat dari Shareefa Daanish. 

Untuk Mama yang ingin hemat dan menginginkan hewan peliharaan di rumah terbebas dari kutu, sepertinya tips dari Shareefa Daanish bisa diterapkan. 

Baca juga: 5 Manfaat Memberikan Si Kecil Hewan Peliharaan

Baca juga: Saat Hamil, Hindari 5 Hewan Peliharaan Ini!

5. Berikan obat anti kutu

5. Berikan obat anti kutu
Unsplash/Abbie Love

Hewan peliharaan yang ingin terbebas dari kutu bisa meminum obat anti kutu 3 bulan sekali. 

Namun, beberapa obat kutu begitu kuat dan mungkin berbahaya bagi manusia yang terpapar hingga jangka waktu cukup lama. Untuk itu, selalu gunakan pelindung pada tangan. 

Perlu diingat untuk selalu menggunakan sarung tangan yang aman dalam setiap cara saat membasmi kutu pada hewan peliharaan. Selalu cuci tangan hingga bersih setelah merawat hewan kesayangan di rumah ya, Ma. 

Bagi ibu hamil dan menyusui serta anak-anak sebaiknya menghindari kontak dengan sebagian besar obat kutu. Selalu baca label dari setiap obat kutu agar lebih mengetahui informasi peringatannya.

“Kutu hewan tidak menyerang manusia, tetapi sangat berbahaya bagi hewan itu sendiri. Bahkan dapat mengakibatkan kematian, jika tidak segera ditanggulangi. Sekian dan terima kasih dari saya yang dua minggu terakhir panik gara-gara kutu,” tutup Shareefa Daanish setelah membagikan tips kepada para pengikutnya yang memiliki hewan peliharaan. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.