9 Kiat agar Tetap Produktif dan Efektif Selama Bekerja dari Rumah

Demi semakin lancar selama bekerja dari rumah nih, Ma!

2 April 2020

9 Kiat agar Tetap Produktif Efektif Selama Bekerja dari Rumah
Pexels/Bruce Mars

Work from Home (WFH) sudah dilakukan oleh hampir seluruh perusahaan saat ini sebagai salah satu langkah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Menurut Laura Mae Martin selaku Executive Productivity Advisor Google, saat bekerja dari rumah perlu sekali strategi bijak agar semua pekerjaan bisa diselesaikan dan tetap produktif. 

Apalagi ketika rumah mendadak berubah menjadi kantor, maka Mama perlu mempelajari rutinitas yang benar-benar baru. Dengan begitu tentunya akan membantu produktivitas selama menyelesaikan pekerjaan. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa kiat agar tetap produktif dan efektif selama bekerja dari rumah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips dari Laura Mae Martin. 

Penasaran seperti apa? Disimak yuk, Ma!

1. Pastikan untuk tetap menentukan lokasi selama sedang bekerja

1. Pastikan tetap menentukan lokasi selama sedang bekerja
Freepik/Racool_studio

Penentuan lokasi yang digunakan untuk bekerja dan lokasi yang sama sekali tidak digunakan menjadi salah satu hal terpenting.

Saat bekerja, Mama bisa menggunakan komputer di meja dapur atau bekerja sambil duduk di sofa. Tetapi ruangan, lokasi, meja atau kursi yang konsisten digunakan setiap hari selama bekerja dapat membantu otak dalam mengaitkan lokasi tersebut termasuk bau, pandangan dan suara. 

Letakkan beberapa barang yang biasanya Mama miliki di meja kerja, seperti foto teman atau keluarga. Bisa juga untuk menggunakan mouse pad yang disukai agar lebih semangat bekerja. 

2. Menggunakan Hangouts Meet seperti seorang profesional saat bekerja 

2. Menggunakan Hangouts Meet seperti seorang profesional saat bekerja 
Freepik/tirachardz

Selama bekerja dari rumah tentu saja akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan berkomunikasi melalui chat atau bahkan video chat, seperti Hangouts Meet. 

Jika Mama termasuk yang menggunakan Hangouts Meet selama bekerja di rumah, maka ada baiknya untuk menerapkan beberapa trik ini antara lain: 

  • Mengurangi kualitas video ketika mulai mengalami perlambatan atau pembatasan bandwidth
  • Lakukan video call hanya dengan mendengarkan audio saja melalui ponsel. 
  • Gunakan fitur chat teks pada Hangouts Meet jika koneksi video atau audio memburuk, sehingga semua orang yang sedang bergabung dapat saling berinteraksi. 

3. Terapkan satu tab saat bekerja

3. Terapkan satu tab saat bekerja
Freepik

Jika Mama sedang bekerja dari rumah, ada baiknya menerapkan satu tab saat bekerja. 

Hal ini sangat penting karena memudahkan untuk fokus, terapkan satu tab Chrome dalam sekali waktu. Jika sedang melakukan video call dari laptop, maka perkecil semua tab lain dan fokuslah pada percakapan.

Editors' Picks

4. Lakukan rutinitas selayaknya akan bekerja

4. Lakukan rutinitas selayak akan bekerja
Pexels/LinkedIn Sales Navigator

Usahakan untuk tidak langsung mulai bekerja di tempat tidur begitu Mama bangun. Itu tidak akan membantu otak mendapatkan suasana hati untuk bekerja secara produktif. 

Tetaplah pada rutinitas yang biasa, kemudian lakukan seperti bangun tidur, berpakaian, makan pagi, lalu berjalan ke ruang kerja.  

5. Cari jadwal dan pahami energi terbaikmu

5. Cari jadwal pahami energi terbaikmu
Pexel/breakingpic

Ketika bekerja di rumah, maka Mama memang tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menempuh perjalanan. 

Anggaplah ini dapat dipergunakan sebagai waktu untuk bereksperimen dengan jadwal alternatif dan menemukan “waktu biologis yang optimal”. 

Jika Mama adalah orang yang aktif di pagi hari, cobalah bangun dan mengerjakan sesuatu sebentar. Lalu beristirahatlah sebelum siang.

Jika Mama adalah orang yang aktif di malam hari dan lebih suka begadang, ubah jadwal dan kebiasaan untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan di sore hari saat biasanya pulang kerja. 

Produktivitas bukan hanya soal apa yang dikerjakan, tetapi yang lebih penting adalah waktu mengerjakannya.

6. Bekerja dari rumah bukan berarti bekerja seharian

6. Bekerja dari rumah bukan berarti bekerja seharian
Freepik

Salah satu hal paling sulit saat bekerja dari rumah adalah menetapkan batasan. Letakkan laptop di ruang kerja dan hanya bekerja saat Mama sedang berada di ruang tersebut. 

Tentukan waktu kapan Mama perlu selesai bekerja hari ini dengan menetapkan jam kerja di Google Kalender. Istirahatkan pikiran sendiri seperti yang dilakukan di kantor, bukannya justru menghadiri rapat. 

Bersantailah dan melakukan hobi yang menyenangkan meskipun harus tetap berada di dalam rumah. 

7. Buat daftar tugas harian sehari sebelumnya

7. Buat daftar tugas harian sehari sebelumnya
Freepik

Salah satu cara untuk tetap dalam jalur dan menetapkan jadwal kerja di rumah adalah membuat daftar yang harus dilakukan dalam sehari. 

Laura Mae Martin menyarankan untuk membuat template rencana harian, sehingga dapat membantu semua rencana di setiap jam terkait apa yang akan dilakukan.

8. Selesaikan satu hal yang ingin dilakukan

8. Selesaikan satu hal ingin dilakukan
Freepik

Bekerja di kantor bisa sangat menyita waktu dan jarang menyisakan waktu untuk sendiri atau waktu luang untuk menyelesaikan sesuatu. Ketika Mama bekerja dari rumah, maka ini menjadi sebuah kesempatan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan yang harus dilakukan.

Cari tahu aktivitas apa yang seharusnya dilakukan usai bekerja, sehingga lebih produktif selama berada di rumah. 

9. Pahami situasi diri sendiri dan orang lain

9. Pahami situasi diri sendiri orang lain
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Setiap orang memiliki kehidupannya sendiri. Beberapa orang mungkin hanya memiliki satu kamar tipe studio dan menghabiskan sepanjang hari di sana. Beberapa orang lainnya memiliki pasangan yang bekerja dari rumah, anak-anak di rumah atau anjing peliharaan di rumah.

Namun, ingatlah bahwa setiap orang akan berusaha melakukan yang terbaik dan produktif selama bekerja di rumah. 

Itulah beberapa tips dari Laura Mae Martin selaku Executive Productivity Advisor Google mengenai tips agar tetap produktif dan efektif selama bekerja dari rumah. 

Semoga tipsnya bisa berguna ya, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.