Ibu Hamil Disarankan Tertawa dan Bahagia untuk Kesehatan Kandungan

Tertawalah sebelum dilarang ya, Ma

30 November 2018

Ibu Hamil Disarankan Tertawa Bahagia Kesehatan Kandungan
Unsplash/Priscilla Du Preez

Seberapa sering Mama tertawa di awal-awal kehamilan ini? 

Seberapa sering Mama tertawa di awal-awal kehamilan ini? 

Untuk yang sering tertawa tentu berdampak positif bagi diri sendiri dan juga bayi di dalam kandungan. Ada segudang manfaat yang tanpa disadari terasa usia tertawa. 

Apalagi janin di dalam kandungan pun ikut menyerap segala emosi yang Mama ekspresikan. 

Untuk Yang belum tahu manfaat tertawa untuk ibu hamil. Kali ini kami berusaha menjawab pertanyaan Mama mengenai segala informasi tertawa saat sedang hamil. 

Disimak ya karena tertawa yang berlebihan bisa berbahaya.

1. Tertawa saat hamil menuai banyak manfaat

1. Tertawa saat hamil menuai banyak manfaat
unsplash.com

Ma, sadar nggak kalau selama kehamilan perubahan emosi itu sangat terasa sekali?

Emosi selama hamil memang terkesan naik turun, tak jarang ada juga yang merasa stres dalam menjalani masa kehamilannya. Saat hamil sebaiknya menjauhkan diri dari berbagai tingkat stres yang ada untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

Kebahagiaan selama hamil bisa diciptakan dengan tertawa. Mama bisa menonton film komedi atau berkumpul dengan orang-orang yang humoris. 

Tertawa sebenarnya sama seperti Mama sedang berolahraga. Tanpa disadari, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa dirasakan saat sedang tertawa. Manfaat dari tertawa yang perlu Mama ketahui, seperti: 

  • Melatih kinerja otot-otot jantung
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Meningkatkan sistem imun dalam tubuh  
  • Mempercepat aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh
  • Memperlacar asupan gizi dan nutrisi agar bisa sampai ke janin
  • Membantu melawan beragam jenis penyakit yang diproduksi oleh tubuh 
  • Mengurangi tingkat stres karena tertawa dapat merangsang keluarnya hormon endorfin dan serotonin yang membuat mood menjadi lebih tenang tanpa ada rasa gelisah.

Ingat Mama harus tetap berusaha bahagia ya!

Baca juga: Tak Disangka, Ini Manfaat Bayi Sering Tertawa

Editors' Picks

2. Bayi juga bisa tertawa dalam kandungan

2. Bayi juga bisa tertawa dalam kandungan
Unsplash/Tanja Heffner

Mungkin banyak yang lupa kalau perubahan mood selama hamil dapat memengaruhi bayi di dalam kandungan. Ketika Mama sedang merasa stres, gelisah atau marah maka perasaan tersebut akan berpengaruh terhadap kondisi si Kecil.
 
Bila saat hamil, Mama merasa gelisah berarti besar kemungkinan bayi akan terlahir mudah rewel dan gelisah. Untuk itu, selama hamil disarankan lebih banyak tertawa dan bahagia. 
 
Saat tertawa, janin di dalam kandungan pun ikut bergerak seolah merespon perasaan yang sedang terjadi pada Mama. Ini bisa terlihat melalui USG ketika ingin semakin mengenal kehidupannya di dalam perut. 
 
Ingat segala sesuatu yang Mama lakukan, mulai dari tertawa atau nyanyian bisa didengar dan diingat jelas oleh calon bayi walau dirinya masih berada di dalam perut. 

3. Bahaya tertawa terlalu kencang

3. Bahaya tertawa terlalu kencang
Freepik

Walau tertawa dapat memberikan efek positif selama masa kehamilan, namun tertawa juga dapat membahayakan. 

Saat sedang hamil, usahakan untuk mengontrol cara tertawa agar tidak terlalu kencang. Bahkan sampai membuat perut terasa sakit karena terkena kram perut. Tanpa disadari, tertawa yang berlebihan dapat membuat nyeri ligamen pada perut bagian bawah. 

Perlu diketahui kalau ligamen perut bawah dapat menghubungkan bagian depan rahim ke selangkangan dalam membantu perkembangan janin. Bila terbiasa tertawa kencang saat hamil sebisa mungkin dihindari karena ligamen yang cedera atau menengang secara mendadak dapat menyebabkan rasa nyeri. 

Mulai sekarang biasakan tertawa sewajarnya ya. Jangan terlalu berlebihan untuk menghindari cedera ligamen di bagian perut bawah. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Membuat Pasangan Merasa Bahagia