Tak Hanya Memicu Stres, Ini 5 Efek Buruk Kurang Minum Air Putih

Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog mengatakan bahwa kekurangan air putih dapat meningkatkan stres

7 November 2020

Tak Ha Memicu Stres, Ini 5 Efek Buruk Kurang Minum Air Putih
Freepik

Asupan air putih tentu berguna sekali untuk manusia khususnya dalam menjalani rutinitas keseharian. Mengingat segala akivitas akan membuat cairan di dalam tubuh semakin berkurang. 

Jika dibiarkan begitu saja dan malas minum air putih, maka dapat meningkatkan risiko buruk untuk kesehatan. Tidak hanya dehidrasi dan lemas saja, rasa haus pun dapat meningkatkan seseorang stres. 

Jika Mama ingin memerhatikan asupan air putih untuk tubuh, kali ini Popmama.com telah merangkum terkait gambaran mengenai dampak buruk yang bisa terjadi akibat kurang minum air putih.

1. Memengaruhi kestabilan emosi serta memicu stres 

1. Memengaruhi kestabilan emosi serta memicu stres 
Popmama.com/Fx Dimas

Kekurangan air putih tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan fisik saja, namun dapat menurunkan kesehatan mental. 

"Berbicara soal kesehatan mental, kita tidak bisa memisahkannya dengan kesehatan fisik. Bisa dibanyangkan ketika seseorang kekurangan air putih, maka suasana hatinya akan berantakan. Ini juga akan memicunya menjadi mudah stres," jelas Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog dari TigaGenerasi saat AQUA X Raisa Moms Sharing Session, Jumat (4/9/2020). 

Sebagai psikolog, Saskhya menjelaskan apabila stres tidak dikelola dengan baik, selain dapat mengganggu kesehatan fisik juga akan memengaruhi kestabilan emosi. Tanpa disadari ini akan berdampak buruk terhadap cara pengasuhan serta interaksi sehari-hari bersama anak, sehingga menganggu tumbuh kembang mereka.

Selain berusaha untuk memenuhi kebutuhan minum air putih secukupnya agar kondisi dehidrasi tidak memicu gejala stres, ada cara lain yang bisa dilakukan. 

“Kita bisa mencegah stres dengan menjaga rutinitas sehari-hari secara konsisten, berbagi tugas dengan suami atau pengasuh lainnya, mengatur ekspektasi yang sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta melakukan self-care baik dari fisik maupun mental,"jelas Saskhya.

Intinya sebisa mungkin terus menjaga asupan makanan dan minuman yang baik untuk tubuh ya, Ma.

Editors' Picks

2. Tidak fokus dan konsentrasi menjadi menurun 

2. Tidak fokus konsentrasi menjadi menurun 
Freepik/jcomp

Ma, perlu diketahui bahwa ketika otak bekerja akan membuat sistem di dalam tubuh ikut beraktivitas. Maka dari itu, tubuh akan banyak mengeluarkan cairan melalui keringat dan pernapasan. 

Ketika aktivitas sehari-hati tidak diimbangi dengan minum air putih yang cukup, maka dapat memengaruhi fungsi otak dan suasana hati. Tanpa disadari, ini dapat memberikan efek buruk untuk perkembangan otak karena memicu kurang fokus dan konsentrasi semakin menurun. 

Dalam beberapa penelitian telah dibuktikan bahwa kurangnya cairan dalam tubuh bisa membuat stamina tubuh berkurang.

3. Memicu permasalahan kulit kering dan kusam

3. Memicu permasalahan kulit kering kusam
Pixabay/Baudolino

Permasalahan kulit kering dan kusam bisa terjadi akibat kekurangan asupan air putih. Padahal asupan ini sangat penting untuk kesehatan kulit, sehingga tidak kering, kusam atau keriput sebelum waktunya. 

Ketika kekurangan asupan air putih, kulit akan dehidrasi dari dalam lebih cepat dan mudah menimbulkan masalah kulit. 

Disarankan untuk meminum air putih di pagi hari agar mampu menghindari dampak buruk terhadap permasalahan kulit. 

4. Meningkatkan risiko infeksi saluran kemih

4. Meningkatkan risiko infeksi saluran kemih
Freepik/Tutatama

Kekurangan minum air putih justru secara otomatis akan mengalami dehidrasi ringan. Di mana tubuh kekurangan asupan air putih, sehingga kerja tubuh menjadi berantakan dan kurang terkontrol dengan baik. 

Salah satu efek yang bisa langsung dirasakan ketika kurang minum air putih yakni saat sesi buang air kecil. Momen tersebut menjadi sangat menyakitkan, gejala ini sering dikenal sebagai anyang-anyangan. 

Jika tidak ingin mengalami infeksi saluran kemih, sebisa mungkin meminum air mineral dengan jumlah yang banyak agar membuat urine semakin lebih encer. 

Dengan begitu, setidaknya dapat menghindari risiko infeksi pada saluran kemih.

5. Dehidrasi dapat berdampak buruk terhadap permasalahan rambut 

5. Dehidrasi dapat berdampak buruk terhadap permasalahan rambut 
Freepik/Racool_studio

Dehidrasi akibat kurang minum air putih bisa berdampak terhadap pertumbuhan rambut. 

Nutrisi yang kurang atau tidak mencukupi bisa menyebabkan rambut mudah rapuh, kusam dan menipis. Permasalahan rambut ini akan membuat membuat seseorang kurang percaya diri. 

Demi terhindar dari permasalahan rambut, sebaiknya air putih perlu sekali dikonsumsi secara konsisten. Meminum air putih secara rutin bisa memberikan nutrisi pada rambut dari dalam hingga luar, pertumbuhan rambut pun jadi lebih bagus.

Nah, itulah beberapa informasi terkait dampak buruk yang bisa dirasakan ketika seseorang kurang minum air putih. Belajar dari informasi di atas, semoga dampak buruk kekurangan asupan air putih bisa dihindari. 

Tetap terus menjaga kesehatan ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.