India Laporkan Kematian Terbaru akibat Cacar Monyet, Pertama di Asia

Seorang pemuda diketahui telah positif cacar monyet setelah melakukan tes

2 Agustus 2022

India Laporkan Kematian Terbaru akibat Cacar Monyet, Pertama Asia
Popmama.com/Aristika Medinasari

Kasus kematian akibat cacar monyet kini telah sampai ke wilayah Asia. Sebelumnya, dilaporkan kematian akibat cacar monyet pertama kali di luar Afrika terjadi di Negara Spanyol dan Brasil. 

Cacar monyet kini ditetapkan sebagai kedaruratan kesehatan global, mengingat jumlah kasus di beberapa negara telah mencapai ribuan.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta terkait kematian akibat cacar monyet yang terjadi di India.

1. Jadi negara Asia pertama yang melaporkan

1. Jadi negara Asia pertama melaporkan
Freepik/randpixi

Negara India mengonfirmasi adanya kematian akibat cacar monyet pada Senin (1/8/2022). Kasus kematian ini menjadi pertama di Asia.

Pasien yang meninggal tersebut merupakan seorang pemuda berusia 22 tahun yang tidak diungkap identitasnya. Diketahui pemuda tersebut meninggal pada Sabtu (30/7/2022) dan tinggal di negara bagian selatan Kerala.

"Laki-laki itu (pasien cacar monyet) tiba di Kerala pada 21 Juli, tetapi baru mendatangi rumah sakit pada 26 Juli ketika dia menunjukkan (gejala) kelelahan dan demam," ujar Menteri Pendapatan Kerala, K. Rajan, seperti yang dikutip cari Reuters.

Editors' Picks

2. Pemuda tersebut positif cacar monyet saat di UEA

2. Pemuda tersebut positif cacar monyet saat UEA
Freepik/user19579769

Menteri Kesehatan Kerala, Veena George, mengungkap jika keluarga pasien yang meninggal tersebut, sebelumnya melaporkan kepada otoritas kesehatan setempat bahwa dia telah positif cacar monyet saat berada di UEA.

Kementerian kesehatan federal India dilaporkan telah membentuk gugus tugas yang terdiri dari pejabat senior, untuk memantau kasus cacar monyet di negaranya.

3. Kasus ini menjadi kematian keempat akibat cacar monyet

3. Kasus ini menjadi kematian keempat akibat cacar monyet
pratidintime.com
Ilustrasi

Dengan bertambahnya kematian di wilayah India, korban meninggal akibat cacar monyet di luar Afrika kini berjumlah empat orang. Sebelumya, Spanyol melaporkan dua kematian akibat cacar monyet, sementara Brasil mengungkap satu orang yang meninggal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini telah menetapkan cacar monyet sebagai kedaruratan kesehatan global sejak 23 Juli 2022 lalu. Hingga saat ini, 78 negara telah melaporkan kasus cacat monyet dengan total lebih dari 18.000 kasus.

4. Cacar monyet pertama kali terjadi di wilayah Afrika

4. Cacar monyet pertama kali terjadi wilayah Afrika
flickr.com/MONKEYPOX ZAIRE

Cacar monyet diketahui memiliki gejala yang lebih ringan dari cacar biasa. Cacar monyet memungkinkan penularan dari hewan ke manusia.

Virus tersebut pertama kali dilaporkan terjadi di wilayah Afrika, tepatnya pada Afrika Tengah dan Barat.

Penularan dari manusia ke manusia terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh, lesi pada kulit atau pada permukaan mukosa internal, seperti di mulut atau tenggorokan, tetesan pernapasan dan benda-benda yang terkontaminasi.

Itulah beberapa informasi mengenai kematian pertama akibat cacar monyet di India. Semoga mama sekeluarga selalu diberi kesehatan, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk