Tips Diet untuk Orang yang Pemalas dari Dewi Hudges

Ketika menjalankan program diet, sebaiknya hilangkan rasa malas di dalam diri

27 Februari 2021

Tips Diet Orang Pemalas dari Dewi Hudges
Freepik/jcomp

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian setiap orang. Melakukan diet tidak hanya karena ingin kurus saja, tetapi harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Menurunkan berat badan membutuhkan usaha dan keinginan yang besar.

Namun, sebagian orang ingin menguruskan tubuh dengan cara yang instant karena malas untuk berolahraga dan mengurangi porsi makan sehari-hari.

Rasa malas ini harus dihilangkan agar usaha saat menjalankan diet berhasil dan tubuh menjadi lebih sehat.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips diet bagi orang yang pemalas.

1. Berhenti menjadi orang malas

1. Berhenti menjadi orang malas
Freepik/luis_molinero

Sampai saat ini, sebagian orang berfikir bahwa bahagia akan timbul ketika sering makan dan teman-teman dekat mendukungnya. Namun, perlu diketahui bahwa pemikiran tersebut salah karena bahagia yang dimaksud adalah bersembunyi dari rasa malas di dalam diri.

Pada umumnya, orang malas kerjaannya hanya duduk, tidak mengajak tubuh untuk bergerak, dan sering makan sambil tertawa-tawa. Sering kali orang malas tidak mau melakukan aktivitas yang berat, seperti mengangkat barang dengan ukuran besar.

“Orang malas adalah orang bingung yang tidak punya tujuan dan rencana,” ungkap Dewi Hudges.

Orang yang bahagia akan bereda dengan pemalas. Seseorang yang merasakan kebahagiaan tidak akan mau bermalasan dan memiliki motivasi tinggi dan ingin menikmati hidup.

Sedangkan, orang malas merasa menikmati hidup, ternyata sedang tidak menikmati karena adanya rasa malas dan membuat kondisi badan serta pikiran menjadi tak baik.

Editors' Picks

2. Hindari melakukan diet secara cepat

2. Hindari melakukan diet secara cepat
Freepik/backgroundy

Ketika melakukan program diet ada orang yang memiliki perasaan emosi, menggebu-gebu, dan cemas. Perasaan ini tidak benar dan harus cepat membuangnya di dalam pikiran dengan cara menarik nafas secara dalam-dalam dan menghembuskan nafas perlahan.

Menjalankan diet yang cepat dan menggebu-gebu sangat tidak disarankan. Hal ini dikarenakan tubuh akan cepat menjadi gemuk kembali.

Biasanya perempuan yang melakukan diet secara cepat disebabkan adanya pola pikir bahwa ingin kurus dengan cara instan dan hanya bermalas-malasan di kamar.

3. Ubah pola pikir menjadi ingin hidup sehat

3. Ubah pola pikir menjadi ingin hidup sehat
Freepik/wayhomestudio

Sebelum melakukan diet, disarankan untuk mengubah pola pikir. Selain itu menentukan tujuan dari menjalankan program diet, seperti ingin sehat dan kuat untuk melakukan aktivitas yang selama ini susah diterapkan.

Setelah itu, Mama dapat membuat program, rencana dan tata pikiran untuk menjalankan diet agar berhasil sesuai dengan impian selama ini. Dengan adanya program diet yang tersusun, maka tidak akan menjalankannya secara cepat.

4. Hindari stres saat melakukan diet

4. Hindari stres saat melakukan diet
Freepik/cookie_studio

Ketika melakukan program diet, sebagian orang merasa stres karena berat badan yang tidak turun.

Untuk mencegah rasa stres akibat rasa malas atau bahagia  bisa melakukan berbagai cara, seperti mengetahui zona yang sedang dihadapi. Perbedaan zona kemalasan dan kebahagiaan sangatlah tipis. Oleh karena itu, perlu berhati-hati saat mengetahuinya.

Ada cara yang paling mudah untuk diterapkan, yaitu perbanyak berdoa dan meminta kepada sang Pencipta diberikan kemudahan dalam memikirkan segala hal. Selain itu, Mama dapat belajar juga cara mengelola pikiran dengan benar.

5. Terapkan diet kenyang

5. Terapkan diet kenyang
Freepik/nensuria

Diet kenyang termasuk ke dalam jenis diet yang mudah diterapkan dan santai. Hal ini dikarenakan dalam diet kenyang dianjurkan untuk makan saat merasa lapar dengan porsi yang lebih sedikit.

Saat melakukan diet kenyang diwajibkan menghindar makanan yang mengandung gula, garam, minyak dan lemak jahat, bahan pengawet, bumbu instan, dan makanan serta minuman kemasan.

Setiap ingin makan, sebaiknya memperbanyak menu lauk sayuran. Selain itu, kurangi mengonsumsi nasi dan menggantinya dengan karbohidrat lainnya, seperti kentang. Biasakan untuk memakan buah segar sebagai camilan setiap dua jam sekali dalam sehari dan rutin meminum air putih.

Itulah beberapa tips diet untuk orang yang pemalas dari Dewi Hudges. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa memotivasi Mama untuk melakukan program diet.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.