Nggak Usah Beli, Ini 10 Cara Mudah Tambah Followers Instagram!

Mau punya banyak follower, bisa kok meski nggak keluar uang. Cocok nih untuk yang punya online shop

23 Mei 2021

Nggak Usah Beli, Ini 10 Cara Mudah Tambah Followers Instagram
Pixabay/Stock Snap

Sosial media memang sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat saat ini. Terlebih sosial media Instagram. Pertembuhan pengguna Instagram setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Wajar saja kalau tahun-tahun terakhir ini, Instagram jadi media sosial nomor satu di kalangan milenial.

Seperti yang tercatat pada tahun 2018 bahwa pengguna Instagram sudah mencapai hingga satu miliar. Instagram maju melesat menjadi sarana sosial yang paling diminati orang-orang, terlebih sebagai wadah personal branding, termasuk menjadi tempat untuk mempromosikan barang dagangan.

Memanfaatkan Instagram sebagai tempat mempromosikan sesuatu tentunya tak cukup hanya dengan mengunggah foto atau video saja. Memilih jumlah pengikut yang banyak juga menjadi hal penting dan impian banyak orang untuk meraih tujuannya masing-masing.

Kebanyakan orang akan memilih untuk membeli followers agar followers Instagram mereka lebih banyak. Namun tahu nggak sih kalau sebenarnya kita bisa menambahkan followers tanpa membeli, lho!

Berikut ini tersedia 10 tips yang bisa kalian pilih untuk menambahkan followers Instagram tanpa membeli. Yuk, disimak ya!

1. Jangan private akun Instagram kamu

1. Jangan private akun Instagram kamu
techzillo.com

Cara ini merupakan cara terbaik untuk mendapat perhatian lebih bagi kamu yang berambisi menambah followers. Dengan mengunci Instagram, berarti secara tidak langsung kamu tidak ingin banyak orang melihat postingan kamu.

Belum lagi, followers barumu nanti harus menunggu waktu yang agak lama karena harus mendapat persetujuan dari kamu sebelum benar-benar bisa mengikuti akun Instagram milikmu.

Dengan membiarkan akun Instagram terbuka maka akan mempermudah konten yang kamu buat mendapat banyak like, komen, dan kemungkinan bisa masuk ke explore, sehingga membuat banyak orang lain tertarik untuk mengikuti akunmu.

2. Gunakan foto dan filter yang berkualitas

2. Gunakan foto filter berkualitas
Dok. Popmama.com

Instagram merupakan salah satu sosial media yang mengedepankan tampilan visual. Dengan begitu membagikan foto dengan kualitas premium merupakan sebuah kewajiban yang harus diikuti.

Memang bukanlah hal mudah, kamu harus pintar-pintar menemukan angle terbaik dari suatu objek. Selain foto yang terbaik, kamu juga bisa menggunakan filter untuk mempercantik foto yang akan kamu unggah.

Salah satunya kamu bisa menggunakan filter dengan temperatur warna hangat, kontras dan exposure yang tinggi, filter seperti ini biasanya akan digemari oleh kebanyakan orang karena warna yang tidak berlebihan.

Mengapa perlu melakukan hal seperti itu? Sebab konsep foto yang menggunakan filter mempunyai peluang 21 persen lebih banyak dilihat dan 45 persen banyak diberi komentar dan like.

3. Ketahui konsep dan waktu yang tepat

3. Ketahui konsep waktu tepat
spitche.com

Cara ini cukup aman dan sangat dianjurkan ketika kamu ingin menambahkan followers pada akunmu. Namun dibutuhkan kreativitas dan berpikir ekstra untuk membuat sebuah konten yang menarik perhatian pada tampilan feeds-mu.

Hal penting lainnya menggunakan teknik ini adalah sabar dan terus belajar untuk membuat konten yang lebih baik setiap harinya. Setelah konten sudah cukup baik, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu yang tepat.

aat mengunggah foto atau video, kamu harus tahu prime time yang tepat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Later.com, jam-jam terbaik itu berbeda setiap harinya.

Namun kebanyakan orang beranggapan bahwa jam 17.00 sore merupakan waktu yang terbaik untuk mendapat perhatian lebih dari banyak orang.

Tapi ini tidak mutlak, kamu bisa pergi ke pengaturan setelah akun kamu di setting sebagai business acount, kemudian buka bagian insight dan telusuri bagian audience.

Di bagian itulah kamu bisa melihat hari dan jam terbaik untuk membuat postingan di akun instagram milikmu.

4. Gunakan caption terbaik di setiap post

4. Gunakan caption terbaik setiap post
Freepik/kasipat

Perlu diingat, kamu bisa melakukan personal branding melalui caption yang kamu rangkai. Kamu bisa membuat orang lain memahami bagaimana diri kamu di mata orang lain sesuai seperti yang kamu harapkan melalui caption tersebut.

Bagaimana cara kita menulis caption adalah sebuah kunci penting untuk menarik simpati orang lain. Salah satu trik untuk memikat perhatian netizen ialah dengan membuat caption yang menambahkan titik-titik dan jarak sehingga orang merasa penasaran untuk melihat caption yang lengkap.

Jika kamu memiliki konten informatif, lucu, atau jenaka, itu bisa menjadi karakter dari akun Instagram yang kamu miliki.

Seperti apapun konten yang kamu buat, itu akan memengaruhi siapa followers kamu nantinya dan berapa banyak like yang kamu dapat.

Cara lainnya, kamu juga bisa sertakan pertanyaan di akhir caption-mu untuk mengundang orang mengisi kolom komentar sebagai bentuk respons terhadap unggahanmu.

Eits, sebelum benar-benar mengunggahnya, kamu juga perlu memperhatikan tulisanmu agar nggak typo ya. Baca kembali dan cek ejaannya sebelum menekan tombol post.

Editors' Picks

5. Gunakan hashtag

5. Gunakan hashtag
postcron.com

Apa pentingnya menggunakan hashtag pada setiap postingan kamu di Instagram?

Penggunaan hashtag (atau tagar) juga menjadi satau satu hal yang sangat penting jika kamu ingin memperbanyak followers. Menggunakan hashtag akan membuat fotomu dikelompokkan berdasarkan hashtag yang sama, sehingga akan mempermudah orang lain menemukan foto yang kamu unggah.

Tetapi tetap perlu diperhatikan agar tidak meggunakan hashtag dengan sembarangan. Pelajari terlebih dahulu hashtag apa yang sesuai dengan foto atau video yang akan kamu unggah. Jika orang lain tertarik melihat unggahanmu, tentu saja memancing orang tersebut mengklik tombol follow pada akunmu.

6. HIndari mengunggah konten yang mengandung sara

6. HIndari mengunggah konten mengandung sara
wsj.com

Sebagai seseorang yang mendambakan followers banyak, jangan sampai membuat kalian melakukan segala cara ya. Salah satunya mengunggah postingan yang mengandung sara. 

Alasannya karena kebanyakan pengguna Instagram tidak akan menyukai unggahan yang mengandung sara, sebab akan menimbulkan kebencian dan kontroversi antar umat beragama, suku maupun ras.

Jadi, jangan sekali-kali mencoba membuat konten seperti ini. Bukannya menambah followers, yang ada malah menjadi boomerang sendiri bagimu.

Lebih baik main aman aja yuk!

7. Follow akun baru dari Instagram selebriti

7. Follow akun baru dari Instagram selebriti
Instagram/raisa6690/andienaisyah

Cara seperti ini ternyata bisa kamu jadikan trik untuk menambah followers lho! Caranya dengan mencari akun Instagram pejabat, selebgram atau artis yang followersnya banyak dan cepat bertambah.

Jika sudah menemukan siapa orangnya, kamu bisa mengklik pada bagian followers mereka. Para akun yang baru mengikuti selebriti tersebut biasanya akan berada pada posisi atas.

Ikutilah setidaknya 10-15 akun dengan jeda sekitar 10 menitan untuk melanjutkan memfollow akun lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari banned akibat penambahan follower yang tidak wajar. Apabila kalian tidak ingin following bertambah, kalian cukup mengunfollow akun-akun tersebut beberapa hari kemudian.

8. Follow dan unfollow

8. Follow unfollow
dailyedge.ie

Hampir serupa dengan trik sebelumnya. Setelah sudah memfollow akun-akun yang followersnya banyak, langkah selanjutnya kamu bisa melakukan unfollow kemudia follow kembali hingga beberapa kali.

Namun kamu perlu mengetahui bahwa melakukan trik ini harus memberikan jeda satu hingga dua menit. Jika kamu melakukannya dengan jeda terlalu singkat, akunmu akan berisiko disuspend.

Efeknya tentu saja tidak perlu dipertanyakan lagi, followersmu akan meningkat tajam tanpa menambah following. Metode ini dikatakan sebagai taktik yang paling jitu buat yang ingin menambah followers tanpa merubah jumlah following.

Kamu bisa lakukan ini di akun selebriti, tapi jangan sembarangan follow dan unfollow teman kamu sendiri ya. Nanti mereka bisa malas berteman di Instagram sama kamu.

9. Follow, like dan komen akun sejenis

9. Follow, like komen akun sejenis
Pixabay/Wokandapix

Memiliki akun yang serupa tentu bisa menjadi salah satu trik menambahkan followers. Caranya kamu bisa memfollow akun tersebut, kemudian berikanlah like dan komen untuk tiga foto terbaru yang baru saja mereka unggah.

Dengan meninggalkan like dan komen sama saja menunjukkan ketertarikan terhadap akun dan unggahan tersebut. Jika kamu melakukan trik ini pada lebih dari satu akun, maka bisa menjadi peluang besar untuk menambah followers akunmu.

Itulah beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk memperbanyak jumlah followers di Instagram. Cara-cara tersebut tentu saja sangat hemat, bukan? Yuk, coba buktikan sendiri. Selamat mencoba!

10. Gunakan Insta Story dengan baik

10. Gunakan Insta Story baik
Popmama.com/Novy Agrina

Insta Story juga bisa jadi penunjang yang baik nih. Apa saja yang bisa kamu lakukan dengan Insta Story untuk menambah follower kamu?

  • Jangan pelit repost kalau kamu di-mention di story teman kamu
  • Kamu bisa menggunakan hashtag yang lagi hits
  • Kamu bisa menggunakan sticker yang lagi tren
  • Kamu bisa menggunakan location
  • Kamu bisa menggunakan filter dan tag teman-teman kamu agar mereka repost apa yang kamu bagikan di Insta Story kamu

Semua itu tujuannya adalah agar Instagram kamu bisa dilihat lebih banyak orang. Jadi memungkinkan mereka lihat profil kamu dan memfollow kamu setelah melihat apa yang kamu bagikan sesuai dengan yang mereka sukai.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.