TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Film Inspiratif yang Bisa Memotivasi Kamu Mewujudkan Mimpi

Selain sebagai hiburan keluarga, bisa menjadi motivasi nih!

24 Agustus 2019

5 Film Inspiratif Bisa Memotivasi Kamu Mewujudkan Mimpi
Freepik/katemangostar

Kesuksesan bukanlah suatu hal yang datang secara instan. Setiap orang yang ingin mewujudkan mimpinya tentu harus menapaki setiap tangga untuk bisa berada di pucuk kesuksesan.

Dalam perjalanannya pun tentu tidaklah mudah, jatuh bangun sering menghampiri yang tidak jarang bisa membuat putus asa dan ingin menyerah begitu saja.

Jika kamu pernah mengalami hal seperti itu? Apa yang bisa kamu lakukan? Tentu hal terpenting yang bisa kamu lakukan adalah menceritakan pada orang terdekat atau keluargamu untuk mendapat dukungan agar tetap semangat mewujudkan impianmu.

Namun, jika kamu memiliki hubungan yang kurang baik dengan keluargamu, mungkin kamu akan sulit mendapatkan dorongan dari mereka. Mulainya membangun hubungan yang erat antar orangtua dengan anak, hal ini untuk membangun hubungan keluarga yang kuat.

Kamu bisa menjadikan momen nonton film bersama keluarga untuk menghabiskan quality time bersama, sekaligus memilih film yang memiliki cerita inspiratif agar kamu dan keluarga bisa saling termotivasi untuk mewujudkan impian.

Film-film Indonesia saat ini sudah menunjukkan eksistensi dan kualitasnya dengan menyajikan tayangan yang berbobot dan memiliki nilai moral, hal ini sangat baik untuk dijadikan motivasi keluarga dalam meraih kesuksesan.

Jika kamu memutuskan menghabiskan akhir pekan atau liburan bersama keluarga dengan menonton film, yuk simak 5 film Indonesia yang memiliki cerita inspiratif dibawah ini. Sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga lho!

1. Anak Garuda

1. Anak Garuda
Popmama.com/Ninda Anisya

Banyak sekali film layar lebar Indonesia yang memiliki kisah inspiratif yang bisa kamu saksikan bersama keluarga. Salah satunya film berjudul Anak Garuda. 

Film Anak Garuda terinspirasi dari kisah tujuh tokoh nyata alumni Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) di tahun-tahun awal berdirinya. Tokoh Olfa, Robet, Yohana, Dila, Sayyidah, Wayan dan Sheren, adalah tujuh siswa Sekolah SPI yang diarahkan oleh mentor mereka Julianto Eka Putra atau Koh Jul dan kini mereka sudah mengelola divisi usaha sendiri dan masing-masing beromzet miliaran rupiah dan digunakan kembali untuk mengelola Sekolah SPI.

Film ini sendiri menggambarkan jatuh bangunnya ketujuh tokoh saat mulai belajar berwirausaha, bagaimana mereka mempelajari maknanya leadership (kepemimpinan) dan team work (kerja sama tim) secara langsung, melalui pengalaman yang bermakna.

Ditemui pada press conference peluncuran produksi film Anak Garuda di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, pada Kamis (23/08/19),  Yohana Yusuf selaku Executive Director Butterfly Pictures mengatakan, “Siswa-siswi di Sekolah  SPI sebagian besar latar belakangnya adalah yatim-piatu atau dari kaum dhuafa. Mereka terbiasa dihina, ditertawakan, mengalami kepahitan hidup, terpinggirkan, minder dan terpuruk, tetapi setelah menjadi siswa di Sekolah SPI, mereka bertransformasi menjadi anak-anak garuda yang terbang menatap matahari, mereka belajar bagaimana mengatasi perbedaan, mengatasi luka batin dan kepahitan hidup yang pernah mereka alami, serta menjadi pengendali bagi diri mereka sendiri dan segala masalahnya."

Sangat inspiratif, bukan? Jika kamu penasaran seperti apa film ini, kamu bisa menyaksikannya nanti di bioskop kesayanganmu ketika film ini sudah resmi rilis di layar bioskop seluruh Indonesia.

Editors' Picks

2. Laskar Pelangi

2. Laskar Pelangi
Milesfilms.net

Film Laskar Pelangi karya sutradara Riri Riza sampai saat ini tentu tidak hanya membekas di hati penonton seperti yang banyak diungkapkan, namun juga menorehkan kenangan di hati para pembuat film dan pemainnya.

Film yang diadaptasi dari sebuah novel ini rilis pertama kali pada tahun 2008. film ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.

Film tersebut terbukti sangat banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena membawa pesan inspiratif untuk kita semua.  Dalam film ini juga menunjukkan kepada anak-anak atau dan semua usia untuk tidak menyerah dan putus asa dalam meraih mimpi. Apapun yang dimiliki dan apapun yang kita mampu untuk bertindak, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan hal yang mungkin di luar kemampuan kita.

Jika dibandingkan dengan film-film Indonesia yang saat ini berkutat pada genre horror, film ini memiliki pesan moral yang kuat untuk memotivasi penontonnya dalam meraih kesuksesan untuk tidak mudah menyerah. Film ini muncul sangat sesuai sebagai oasis di tengah-tengah keringnya film mendidik di bangsa Indonesia. Sangat inspiratif, terlebih untuk anak-anak.

3. Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

3. Alangkah Lucu (Negeri Ini)
Imdb.com

Film Alangkah Lucunya (Negeri Ini) merupakan film drama komedi satire Indonesia yang dirilis pada tahun 2010 yang disutradarai oleh Deddy Mizwar.

Sesuai dengan judulnya, film ini mencoba mengangkat potret nyata yang ada dalam kehidupan bangsa Indonesia.  Film ini juga dipenuhi dereta bintang film Indonesia ternama yang tercatat ada sembilan nama peraih piala citra yang berkolaborasi secara sempurna untuk menyajikan tontonan yang berkualitas.

Film ini dapat membuka pikiran semua orang terhadap kenyataan sosial di Indonesia yang masih terpuruk. Tidak hanya untuk memotivasi kamu dalam mewujudkan mimpi dan meraih kesuksesan, tetapi juga menceritakan  kenyataan sosial yang terjadi di Indonesia mulai dari masalah pengangguran hingga tindakan sewenang-wenang Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terhadap anak-anak jalanan.

Tidak hanya berhasil membuka pikiran masyarakat Indonesia, film ini juga berhasil menyindir pemerintah dan masyarakat kelas atas Indonesia yang dikemas dalam bentuk komedia namun tetap memiliki nilai moral yang bisa disampaikan.

Film ini juga secara tidak langsung telah menyindir pemerintah kita yang hingga saat ini masih tetap menutup mata pada kaum-kaum terpinggirkan yang ada di Indonesia, terutama pada anak-anak pinggiran dan kaum marjinal yang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

4. Haji Backpcaker

4. Haji Backpcaker
Youtube/Falcon

Haji Backpacker adalah film drama Indonesia yang dirilis pada tahun 2014. Film yang di sutradarai Danial Rifki, menceritakan tentang sosok Mada (Abimana Artasatya) yang patah hati.

Dikarenakan marah pada kenyataan, Mada lantas memutuskan untuk menjadi backpacker dan hidup dengan bebas. Bahkan, ia juga meninggalkan Tuhan, keluarga dan teman-temannya. Lalu pada akhirnya dihantui mimpi-mimpi yang membuatnya kembali sadar untuk kejalan yang benar.

Film ini dinilai penuh dengan hikmah dan sangat wajib ditonton masyarakat Indonesia. Setidaknya film ini menguak tiga filosofis hidayah. Pertama, mengajarkan bahwa semua manusia yang masih hidup tidak akan pernah lepas dari ujian Allah SWT. Kedua, hidayah ilmiah (kecerdasan). Ketiga, hidayah dikarenakan masa lalu yang pahit tapi lalu mengantarkan manusia mengenal Tuhannya. 

Film yang mengangkat judul haji ini tentu membuat sebagian masyarakat Indonesia ayng notabene muslim tertarik untuk menonton film ini. Dan benar saja bahwa film inimengajarkan semua penontonnya bahwaTuhan sebenarnya mencintai dan selalu menjaga umatnya dengan aturan yang sempurna.

Film Haji Backpacker sangat mengajarkan nilai relegi melalui petualangan spiritual dengan mengelilingi beberapa negara lalu pada akhirnya kembali ke jalan yang benar dengan mengingat Tuhan Sang Pencipta.

Sangat baik ditonton bersama keluarga, bukan? Dan tentunya cocok untuk memotivasi kamu dan keluarga bahwa dalam kondisi apapun kamu harus tetap mengingat Tuhan. Terlebih ketika kamu sedang terpuruk karena gagal dalam menggapai tujuanmu, dengan meningat bahwa Tuhan selalu bersamamu, maka kamu akan tetap semangat melanjutkan tujuan hidupmu.

5. Habibie dan Ainun

5. Habibie Ainun
Imdb.com

Habibie dan Ainun adalah film drama biopik Indonesia yang dirilis pada tanggal 20 Desember 2012. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Indonesia diantaranya Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari dan Tio Pakusadewo.

Film Habibie dan Ainun ini diadaptasi dari kisah hidup dari Presiden Republik Indonesia yang ketiga, B.J.Habibie. Peran Habibie yang diperankan oleh Reza Rahardian sebagai benar-benar memberikan makna kerja keras, cinta, maupun kesetiaan seorang Habibie pada istrinya, Ainun.

Film ini sangat diminati banyak orang karena diangkat dari cerita nyata yang dialami Pak B.J.Habibie dan film ini bisa dikatakan film terbaik dan memang layak ditonton oleh semua orang. 

Film Habibie dan Aiunun mengajarkan kepada para penontonnya untuk selalu semangat dan berjuang dalam membuahkan hasil yang terbaik. Seperti Pak Habibie yang berhasil membuat sebuah pesawat terbang dengan kerja keras yang ia lakukan selama ini.

Pada film ini juga diajarkan bagaimana pentingnya dukungan orang tersayang dalam menuju keberhasilanmu. Sama seperti istri tercinta Pak Habibie yaitu Ibu Ainun yang diceritakan selalu setia mendampingi dan memberikan dukungan untuk suami tercinta dalam mewujudkan impiannya.

DItengah banyaknya film Indonesia dengan genre horror, film-film Indonesia saat ini sudah banyak yang menceritakan kisah hidup inspiratif seseorang. Baik cerita fiksi ataupun cerita nyata yang benar-benar ada.

Kamu bisa menjadikan film-film inspiratif diatas sebagai hiburan bersama keluarga. Selain untuk memiliki quality time bersama, film-film tersebut juga sangat pas untuk memupuk motivasi kamu dan keluarga dalam mewujudkan semua impian.

Selamat berkahir pekan! Semoga kamu dan keluarga bisa menghabiskan waktu akhir pekan dengan menyenangkan, ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk