Tips Me Time a la Radhini Aprilya: Napas dan Bahagiakan Diri Sendiri

Sepentingnya pekerjaan, jangan lupa luangkan waktu untuk diri sendiri

28 Oktober 2021

Tips Me Time a la Radhini Aprilya Napas Bahagiakan Diri Sendiri
Instagram.com/radhini_

Kondisi pandemi yang sudah berlangsung selama hampir dua tahun tentu membuat banyak perubahan bagi setiap orang. Tak sekadar bertahan dari serangan virus Covid-19, pandemi dan segala perubahannya memaksa manusia harus beradaptasi kembali dengan kebiasaan baru yang ada.

Meski masih diselimuti pandemi, namun pekerjaan pun tetap harus berjalan sebagaimana mestinya. Di tengah sibuknya berbagai kegiatan atau pekerjaan, menghabiskan waktu dengan melakukan me time atau kegiatan yang disukai menjadi cara ampuh untuk tetap waras di kondisi seperti ini.

Terlebih bagi seorang ibu rumah tangga, tak hanya disibukkan dengan ragam pekerjaan, tetapi juga ditambah dengan keharusan mengurus dan menyiapkan segala kebutuhan keluarga.

Hal ini pun cukup membuat pusing bukan, Ma?

Sejalan dengan itu, Millennial Mama of The Month edisi Oktober 2021, Radhini Aprilya Hapsari melalui wawancara eksklusif dan sejumlah episode dalam podcast 'Rapot' banyak menceritakan bagaimana caranya melakukan me time selama di rumah.

Mulai dari sekadar mengistirahat diri selama 5 menit, hingga ngopi di cafe dan meninggalkan semua pekerjaan rumah selama beberapa waktu. Kali ini Popmama.com telah merangkum tips me time lainnya a la Radhini Aprilya.

1. Meminta waktu sebentar untuk sekadar ngopi

1. Meminta waktu sebentar sekadar ngopi
Instagram.com/radhini_

Melalui wawancara eksklusif bersama Popmama.com, Radhini mengaku bahwa banyaknya kegiatan membuat ia juga butuh me time untuk tetap waras menjalani kehidupannya.

Ia pun memiliki cara yang sederhana untuk memanfaatkan waktu luangnya selama beberapa jam. Seperti yang ia sebutkan, biasanya ia akan menitipkan sang anak untuk pergi ke cafe dan menghabiskan waktu ngopi di sana.

Beruntungnya, tak jauh dari tempatnya tinggal terdapat salah satu coffee shop yang bisa ia jadikan tempat untuk me time dari penatnya pekerjaan yang ada.

"Untungnya ada cafe depan rumah, jadi saya yang tolong titip Imani sebentar ya, mau ke cafe depan. Laptopanngopi, sudah itu saja. Quick get away satu atau dua jam habis itu jadi lebih mendingan," ujarnya.

Editors' Picks

2. Cara paling sederhana a la Radhini

2. Cara paling sederhana a la Radhini
Instagram.com/radhini_

Selain menikmati kopi di cafe selama beberapa jam ke depan, ternyata Radhini pun memiliki kegiatan me time sederhana lainnya yang ia lakukan ketika semua pekerjaan sudah selesai.

Dalam salah satu episode podcast 'Rapot', Mama dari Imani ini menyebutkan bahwa jam 10 malam ke atas menjadi waktu yang tepat dan selalu ia manfaatkan untuk me time.

"Jam 10-11 (malam) tuh radar me time saya, karena semuanya udah tenang, Imani juga udah tidur. Jadi me time yang paling sederhana ya yaudah selonjoran, AC dingin, sleimutan, sama main HP pastinya," ungkapnya.

Saat menghabiskan waktu dengan bermain media sosial, Radhini juga mengingtakan untuk lebih bijak dalam membuat konten. Menurutnya, jejak digital kita saat berinternet tak akan pernah hilang, sehingga jejak yang harus ditinggalkan itu harus yang bagus, yang bisa menginspirasi orang, sesuai dengan passion dan personality.

Jadi, kegiatan me time pun tidak merugikan pihak lain dan tentunya tetap positif ya, Ma.

3. Selalu memberikan afirmasi positif pada diri sendiri

3. Selalu memberikan afirmasi positif diri sendiri
Instagram.com/radhini_

Radhini juga mengungkapkan bahwa memberikan afirmasi positif jadi cara terbaiknya dalam meminimalisir rasa stres yang ada.

Melalui wawancara eksklusif yang dilakukan bersama Popmama.com, ia mengaku selalu memberikan afirmasi positif setiap harinya yang ia ucapkan pada diri sendiri. Cara ini membuatnya menjadi lebih tenang dan paham akan dirinya sendiri. 

"Karena biasanya setiap hati itu ada keresahan juga, dan itu membuat kita lelah, ada keresahan-kerasagan itu bisa menenangkan dengan afirmasi ini," tuturnya. 

Bahkan, dalam salah satu episode podcast 'Rapot' ia pernah menangis ketika melakukan relaksasi dan menyebutkan bagaimana pentingnya mengapresiasi diri sendiri.

Menurutnya, menghargai dan memberi apresiasi untuk diri sendiri menjadi hal penting agar pikiran tetap tenang dan tidak burn out. Ia menambahkan, "Jadi untuk menghargai diri sendiri itu penting banget, karena kalau bukan diri kita, ya siapa lagi."

4. Tidak menyepelekan me time

4. Tidak menyepelekan me time
Instagram.com/radhini_

Selain itu, Radhini juga menyebutkan bahwa masih banyak orang yang mengorbankan me time karena pekerjaan yang harus diselesaikan. Padahal, meluangkan waktu untuk diri sendiri meski hanya 5 menit pun sangatlah berarti.

Menurut Radhini, "Kadang-kadang kita suka mengorbankan me time itu kayak, “Ah yang penting semuanya kerjaannya selesai”. Padahal setelah kerjaannya selesai, ada lagi kerjaan yang menanti berikutnya."

Sehingga menurut istri dari Angga Adiyatama, menyempatkan waktu untuk bernapas dan menyenangkan diri dengan rehat sejenak adalah hal terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental.

Dari sosok musisi sekaligus seorang mama ini, kita bisa mengambil pelajaran bagaimana pentingnya mengenal diri sendiri melalui kegiatan me time. Saat kita sudah meluangkan waktu untuk rehat dan bernapas sejenak, maka akan lebih mudah membantu meminimalisir rasa stres.

Sebab tanpa kita sadari, ada banyak hal yang menurut kita sanggup dilakukan, padahal sebenarnya tubuh butuh istirahat dan sangat lelah karena selalui menuruti kesanggupan tersebut.

Sepenting-pentingnya pekerjaan, tentu lebih penting meluangkan waktu untuk bernapas dan membahagiakan diri meski hanya 5 menit sekali pun. Jadi, jika sudah merasa overwhelmed dengan keadaan, yuk rehatkan diri sejenak, Ma!

Jangan lupa untuk menyaksikan wawancara Radhini dengan Popmama.com mengenai self love, di bawah ini ya:

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Radhini
Millennial Mama

Radhini

"Selain mengurus keluarga, masih banyak orang yang harus saya bantu"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.