Bisa Kurangi Risiko Diabetes, 5 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

Sangat disarankan untuk kamu yang sedang diet menurunkan berat badan

27 April 2021

Bisa Kurangi Risiko Diabetes, 5 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan
Pexels/Tijana Drndarski

Berbagai cara dapat dilakukan untuk dapat hidup sehat. Salah satunya dengan memilih asupan bahan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kita.

Tidak hanya bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan saja tetapi juga bahan penunjang seperti minyak juga dapat kita kontrol untuk kesehatan. Salah satu minyak yang biasa digunakan dalam menunjang hidup sehat adalah menggunakan minyak kelapa. 

Tidak banyak yang tahu ternyata minyak kelapa itu banyak sekali manfaatnya. Apalagi kita juga harus bangga karena banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh di negara kita dan membuat semakin mudah didapatkan. Penasaran apa saja manfaat yang didapat?

Tenang Popmama.comsudah menyiapkan infonya untuk mama semuanya.

1. Kaya akan antioksidan

1. Kaya akan antioksidan
Pexels/Dana Tentis

Minyak kelapa murni atau biasa disebut dengan virgin coconut oil yang berasal dari tumbuhan bermanfaat memberikan antioksidan.

Aktivitas antioksidan virgin coconut oil disebabkan oleh senyawa fenolik. Asam fenolat utama adalah asam ferulic dan asam p-coumaric.

Antioksidan ini dapat mengimbangi radikal bebas oksidatif yang dapat menyebabkan peradangan dan berbagai penyakit lainnya.

Editors' Picks

2. Mengurangi masuknya banyak lemak ke tubuhmu

2. Mengurangi masuk banyak lemak ke tubuhmu
Pexels/RF._.studio

Obesitas adalah salah satu permasalahan kesehatan terbesar saat ini. Tapi, sayangnya nggak sedikit orang berpikir obesitas hanyalah masalah berapa banyak kalori yang dimakan, padahal sumber kalori itu juga penting. Makanan yang berbeda memengaruhi tubuh dan hormon dengan cara yang berbeda.

Dilansir dari healthline.com, minyak kelapa tinggi lemak jenuh tertentu. Lemak ini memiliki efek yang berbeda pada tubuh dibandingkan dengan kebanyakan lemak makanan lainnya.

Asam lemak dalam minyak kelapa dapat mendorong tubuh untuk membakar lemak dan memberikan energi cepat ke tubuh dan otak.

3. Dapat melindungi kulit, rambut, dan gigi

3. Dapat melindungi kulit, rambut, gigi
Pexels/ketut subiyanto

Banyak orang menggunakan minyak kelapa untuk keperluan kosmetik, meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit serta rambut.

Dikutip dari healthline, studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim. Minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari kerusakan. Minyak kelapa juga dijadikan sebagai tabir surya yang bisa menghalangi sekitar 20% sinar ultraviolet (UV) matahari.

Bahkan temuan yang mengejutkan adalah minyak kelapa bisa digunakan sebagai obat kumur yang dapat membunuh beberapa bakteri berbahaya di mulut. Minyak kelapa berguna untuk kesehatan gigi dan mengurangi bau mulut, tapi ini masih perlu diteliti kembali ya. Konsultasikan kepada dokter kamu mengenai kebenaran penelitian ini.

4. Mengurangi resiko diabetes

4. Mengurangi resiko diabetes
pexels/Polina Tankilevitch

Minyak kelapa dikenal juga dapat meningkatkan resistensi insulin yang dibutuhkan orang dengan penyakit diabetes.

Selain itu juga dapat mengontrol berat badan yang merupakan cara mudah lain untuk menurunkan risiko diabetes

5. Meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh

5. Meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh
Pexels/skyler ewing

Terdapat dua jenis kolesterol, yang baik disebut dengan HDl dan yang buruk disebut denga LDL.

Dengan mengonsumsi minyak kelapa, kamu akan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Tidak ada salahnya kita mulai mengubah cara makan kita dengan bahan-bahan yang lebih natural dan pastinya membawa tubuh kita menjadi lebih sehat. Selamat mencoba, Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk