Urutan Film Marvel yang Ditonton sebelum 'Thor: Love and Thunder'

Dari awalnya Thor dihukum ke bumi sampai akhirnya bertemu Jane Foster lagi setelah putus nih!

6 Juli 2022

Urutan Film Marvel Ditonton sebelum 'Thor Love and Thunder'
imdb.com

Marvel meluncurkan film terbaru mereka dari seri Thor dengan merilis film 'Thor: Love and Thunder'. Ini adalah film keempat dari serial Thor yang resmi tayang di Indonesia pada 6 Juli 2022.

Thor: Love and Thunder dibintangi oleh aktor Chris Hemsworth, Natalie Portman, Chris Pratt, dan Tessa Thompson. Taika Waititi yang sebelumnya menjadi sutradara 'Thor: Ragnarok' kembali ditunjuk untuk menggarap film ini.

Untuk yang baru mengikuti film-film Marvel Studios baru-baru ini, ada beberapa tips. Jangan khawatir karena tak bisa mengikuti cerita filmnya, karena cukup ringan dan penuh komedi kok.

Ada lebih baiknya sebelum menonton film 'Thor: Love and Thunder', deretan film Marvel ini bisa dilihat dulu.

Berikut Popmama.com rangkum urutan film Marvel yang ditonton sebelum 'Thor: Love and Thunder'.

Urutan lengkap film Marvel sebelum 'Thor: Love and Thunder'

Urutan lengkap film Marvel sebelum 'Thor Love and Thunder'
imdb.com

Memang menonton langsung film 'Thor: Love and Thunder' cukup ringan untuk dipahami. Namun, tak lengkap rasanya menonton film Marvel satu ini tanpa mengetahui latar belakang dari cerita kehidupan Thor di film-film sebelumnya.

Sebelum menonton 'Thor: Love and Thunder', ada baiknya penonton untuk menyaksikan ulang film lawas yang berhubungan dengan Thor. Pasalnya, film Marvel Cinematic Universe memiliki alur yang berhubungan sehingga pengetahuan bisa semakin lengkap.

Mengutip dari CBR setidaknya ada 8 film yang bisa penonton saksikan sebelum menyaksikan 'Thor: Love and Thunder'. Berikut adalah list lengkapnya:

  • 'Thor' (2011)
  • 'Avengers' (2012)
  • 'Thor: The Dark World' (2013)
  • 'Guardians of the Galaxy' (2014)
  • 'Avengers: Age of Ultron' (2015)
  • 'Thor: Ragnarok' (2017)
  • 'Avengers: Infinity War' (2018)
  • 'Avengers: Endgame' (2019)

Sayangnya tak semua orang punya waktu untuk menyaksikan ulang langsung 8 film Marvel sekaligus. Oleh karenanya, bagi kamu yang tak sempat menonton dari awal bisa menyingkatknya hanya dengan 5 film saja kok.

1. Thor (2011)

1. Thor (2011)
imdb.com

Film 'Thor' dirilis pertama kali tahun 2011 lalu. Ini mengisahkan awal mula perjalanan Thor dan dunianya. Dikisahkan bahwa alam semesta terdiri dari 9 dunia dan seluruh keseimbangan tersebut diatur di sebuah dunia bernama Asgard. 

Di masa kini, Thor (Chris Hemsworth) ditugaskan sang Ayah bernama Odin yang merupakan Raja Asgard untuk mengambil kotak Casket of Ancient Winters yang dicuri. Namun, ia melakukan kesalahan yang membuat Odin marah kepada anaknya.

Thor yang sombong dihukum Odin dengan mengirimnya ke bumi dan menghilangkan kekuatan dewanya. Odin pun mengutuk palu Thor, Mjolnir, agar hanya bisa diangkat saat Thor layak menggunakannya. Dari sana perjalanan Thor sebagai superhero dama MCU pun dimulai.

Dalam mitologi Nordik, tokoh Thor merupakan sosok Dewa Petir dan putra Odin, pemimpin Asgard. Ia memiliki senjata berupa palu bernama Mjolnir yang bisa membuat petir.

Editors' Picks

2. The Avengers (2012)

2. The Avengers (2012)
imdb.com

Kisah Thor di MCU kembali berlanjut di 'The Avengers' (2012). Di sini ia bergabung bersama Iron Man (Robert Downey Jr.), Captain America (Chris Evans), Hulk (Mark Ruffalo), Black Widow (Scarlett Johansson) dan Hawkeye (Jeremy Renner) untuk menyelamatkan bumi.

Loki (Tom Hiddleston) yang merupakan adik tirinya memimpin pasukan luar angkasa yang dikenal sebagai Chitauri. Ia ke bumi untuk mengambil Tesseract yang menjadi sumber energi yang sangat kuat.

Pertempuran sengit mereka berlangsung di langit New York. Para superhero ini pun disebut sebagai The Avengers karena berusaha menutup lubang cacing yang membawa pasukan Chitauri turun ke bumi.

Black Widow atau Natasha Romanoff menonaktifkan lubang cacing untuk mencegah invasi lebih lanjut setelah Iron Man mengarahkan bom ke lubang tersebut. Setelah semua berakhir, Thor dan Loki menggunakan Tesseract untuk kembali ke Asgard.

3. Thor: The Dark World (2013)

3. Thor The Dark World (2013)
imdb.com

Selanjutnya ada film solo Thor yang kedua berjudul 'Thor: The Dark World' yang dirilis tahun 2013 lalu. Cerita dimulai dengan kilas balik ke ribuan tahun ketika Bor, ayah Odin sekaligus kakek Thor, berperang dengan pemimpin Dark Elf yang bernama Malekith dan berhasil menaklukannya.

Di masa sekarang, Loki dipenjara atas perbuatannya di bumi. Sementara Thor bersama prajurit Asgard yaitu Fandral, Volstagg, Sif, dan Hogun sedang memberantas kekacauan yang diakibatkan Loki di Vanaheim.

Sementara di bumi, tepatnya di London, Dr. Jane Foster menyaksikan kejadian yang tak masuk di akal. Hal ini karena Convergence (Konvergensi) yakni waktu ketika Sembilan Alam berada di satu garis yang sama yang hanya terjadi 5000 tahun sekali.

Saat Jane Foster berniat untuk meneliti tempat tersebut dengan peralatan fisikanya, ia tersedot dalam pusaran Aether dan masuk ke tubuhnya. Thor yang mengetahui hal itu membawa Jane Foster ke Asgard dan berusaha mengeluarkan Aether.

Kekuatan Aether dalam tubuh Jane bisa menghancurkannya kapan saja, parahnya lagi juga dapat menghancurkan semesta. Malekith kemudian mengumpulkan pasukannya untuk menyerang Asgard dan merebut Aether kembali. Thor pun meminta bantuan adiknya, Loki yang sedang dipenjara.

4. Thor: Ragnarok (2017)

4. Thor Ragnarok (2017)
imdb.com

Selanjutnya ada film solo ketiga Thor yakni 'Thor: Ragnarok' dirilis pada November 2017 lalu. Taika Waititi menyutradarai film ini yang menyisipkan banyak humor menarik.

Kisah di film 'Thor: Ragnarok' terjadi setelah peristiwa di 'Avengers: Age of Ultron' di mana Thor ditawan di planet Sakaar tanpa palunya. Ia harus memenangkan pertarungan gladiator melawan seorang kawan lama yaitu Hulk.

Tujuannya tentu agar bisa kembali ke Asgard untuk menghentikan Hela dan tibanya Ragnarök, kiamat peradaban Asgard. Di film ini, Thor dan Loki mengetahui kalau mereka punya saudara perempuan bernama Hela (Cate Blanchett). Film ini juga menjadi kali terakhir Thor bertemu dengan ayahnya, Odin.

5. Avengers: Endgame (2018)

5. Avengers Endgame (2018)
imdb.com

Bisa dibilang ini adalah film titik final dari MCU phase 1 bagi penggemar setianya. Di sini, Thor kembali bersama The Avengers untuk melawan musuh utama yang menyerang mereka dari film 'The Avengers' tahun 2012 lalu.

Tak lain, Thor dan kawan-kawan melawan Thanos yang ingin menyeimbangkan dunia dengan batu ajaib di tangannya. Namun, di film 'Avengers: Infinity War' sebagain warga bumi menjadi debu, termasuk beberapa superhero.

The Avengers yang tersisa pun dibantu Star atau Iron Man traveling ke masa lalu dengan kekuatan kuantum. Tujuannya untuk mengumpulkan batu yang sama yang dimiliki Thanos agar bisa melawan dan menghentikannya.

Itulah tadi urutan film Marvel yang ditonton sebelum 'Thor: Love and Thunder'. Yuk, nonton film-film Marvel ini dulu sebelum akhirnya nonton 'Thor: Love and Thunder' di bioskop atau Disney+.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk