Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Film Korea Tersedih Tentang Perjuangan Mama yang Menguras Air Mata

Sosok seorang ibu yang berjuang untuk anaknya ini bikin siapa pun yang nonton ikut menangis

16 Desember 2020

7 Film Korea Tersedih Tentang Perjuangan Mama Menguras Air Mata
Asianwiki.com

Mama adalah sosok yang penting untuk semua orang. Dalam berbagai film sosok Mama ini digambarkan macam-macam, tapi satu yang pasti biasanya sosok Mama dalam film selalu meninggalkan kesan untuk yang menontonnya.

Tak hanya drama, film Korea juga punya kekuatan tersendiri untuk menghibur dan membuat emosi yang menonton bergejolak. Banyak film Korea berbagai tema yang bisa meninggalkan kesan yang kuat. Salah satunya adalah film tersedih yang menguras air mata tentang Mama.

Tanggal 22 Desember 2020 diperingati sebagai Hari Ibu. Untuk lebih meresapi pentingnya peran ibu dalam segala aspek kehidupan, daftar film Korea tersedih tentang Mama ini bisa ditonton bersama keluarga.

Berikut Popmama.com rangkum daftar film Korea tersedih tentang ibu!

1. A Long Visit (2010)

1. A Long Visit (2010)
Asianwiki.com

Film Korea tersedih ini jadi salah satu favorit untuk kembali merefleksikan peran penting seorang Mama. 

A Long Visit menceritakan kisah seorang mama yang mencintai dengan luar biasa anak perempuannya bernama Ji Suk. Meski anaknya itu sering marah kepada Ibunya karena berbagai hal, kasih sayang seorang Mama tak pernah berkurang. Bagi sang Mama, Ji Suk jadi hal penting yang hadir dalam hidupnya.

Dengan menonton film ini, terlihat jelas betapa besar kasih seorang Mama kepada anaknya. Setelah menonton film korea tersedih ini pasti akan berpikir dua kali untuk menyakiti orangtua terutama Mama.

2. Wedding Dress (2010)

2. Wedding Dress (2010)
Asianwiki.com

Seo Go Eun memiliki pekerjaan sebagai seorang perancang busana pengantin. Ia memiliki seorang anak bernama So Ra. Karena sibuk dengan pekerjaannya, Go Eun kadang mengabaikan putrinya tersebut.

Sampai akhirnya Go Eun divonis penyakit mematikan dan mengetahui jika hidupnya tak akan lama. Kenyataan itu membuat Go Eun memilih menghabiskan sisa waktu sepenuhnya bersama So Ra.

Go Eun berusaha menyembunyikan penyakit dari anaknya, tapi akhirnya So Ra tahu juga. Sebelum hidupnya berakhir, Go Eun memberikan hadiah terakhir yakni sebuah gaun pernikahan untuk dipakai putrinya kelak.

Editors' Picks

3. Harmony (2010)

3. Harmony (2010)
Asianwiki.com

Jonghye adalah Mama yang dipenjara karena membunuh suami yang kerap disiksanya. Karena masuk penjara sedang hamil, ia pun harus melahirkan di sana. Setelah anaknya yang diberi nama Min Wo tubuh cukup besar, Jonghye harus menerima kenyataan harus berpisah dengannya.

Min Wo harus keluar dari penjara dan mendapatkan Ibu asuh. Ketika hari perpisahan tiba dan Min Wo pun sudah memiliki ibu asuh.

Selepas kepergian Min Wo, hari-hari Jonghye di penjara pun mulai kosong. Dia kerap menyendiri dan menangis sampai sakit. Film ini menceritakan bagaimana perasaan dan sayang seorang ibu tidak berubah meski terpisah oleh anaknya.

4. Thread of Lies (2014)

4. Thread of Lies (2014)
Asianwiki.com

Hyun Sook adalah single mother yang tinggal bersama dua anak yang masih sekolah dan masih remaja.

Namun, suatu hari putrinya yang masih 14 tahun bunuh diri. Hyun Sook pun melewati hari berusaha meneruskan hidup dengan putri sulungnya. Hyun Sook merasa bersalah karena kematian putri bungsunya itu.

Dalam film ini diperlihatkan sosok Hyun Sook yang mengalami kesedihan dan rasa bersalah yang sebagai seorang ibu saat melihat anaknya meninggal lebih dulu.

Film ini juga diceritakan bagaimana Hyun Sook begitu merindukan anaknya yang sudah meninggal itu. 

5. Missing (2016)

5. Missing (2016)
imdb.com

Bagaimana ketika memiliki anak tapi kemudian diculik oleh pengasuh yang Mama percaya? Rasanya pasti sakit hati dan tidak karuan.

Film Missing menceritakan tentang ibu yang berusaha menemukan bayinya yang diculik oleh sang pengasuh. Dalam usaha pencariannya itu, Ji Sun (ibu yang kehilangan bayi) menelusuri jejak masa lalu pengasuh yang disewanya. Ia menemukan fakta mengharukan mengenai pengasuh bayinya itu.

Dalam film ini, sosok Ji Sun menggambarkan betapa besarnya cinta seorang Mama yang berusaha merawat anaknya dengan baik meski sibuk bekerja di luar. Juga bagaimana ia rela memberikan segala hal yang dipunya untuk bisa bertemu kembali dengan anaknya. Dijamin bikin mewek deh!

6. The Preparation (2017)

6. The Preparation (2017)
Asianwiki.com

The Preparation adalah film Korea sedih tentang ibu bernama Ae Soon yang menderita kanker stadium akhir.

Namun, ia memiliki anak berkebutuhan khusus bernama In Kyo. Ae Soon divonis hidupnya sudah tak lama, sehingga ia pun mulai mempersiapkan perpisahannya dengan In Kyo.

Film ini menggambarkan perjuangan seorang Mama yang tak lelah mengurus meski berkebutuhan khusus.

Padahal dalam film, Ae Soon sendiri kesulitan mengurus dirinya karena sudah tua. Film ini jadi salah satu film Korea sedih karena penonton akan diperlihatkan detik-detik Ae Soon meninggalkan In Kyo.

7. Kim Ji-Yeong: Born 1982 (2019)

7. Kim Ji-Yeong Born 1982 (2019)
imdb.com

Film Kim Ji-Yeoung: Born 1982 adalah film yang diangkat dari novel dengan judul serupa. Menggambarkan sosok Ji Yeong yang merupakan ibu rumah tangga. Sebelum menikah dan punya anak, Ji Yeong bisa dibilang beprestasi dalam bekerja yang akhirnya semua itu harus berhenti setelah ia berkeluarga.

Momen mengharukan dalam film ini adalah Ji Yeoung memiliki gangguan mental. Sebagai seorang ibu dan perempuan ia dituntut macam-macam oleh berbagai pihak.

Film ini menggambarkan bahwa sebagai pasangan atau anak kita mesti memahami kondisi jiwa dan mental seorang Mama. Siapa tahu ia memiliki hal yang selama ini dipendam dan membuatnya sakit.

Itulah tadi film Korea tersedih tentang ibu yang bisa ditonton bareng keluarga saat Hari Ibu nanti. Tentunya film-film ini bisa jadi refleksi betapa pentingnya sosok Mama untuk kehidupan setiap anak. Jadi, hargai mereka ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk