Lebih dari 1000, Ini Jumlah Kandungan Kalori di BTS Meal yang Viral

Viral hingga heboh satu Indonesia, ternyata jumlah kalori BTS Meal segini...

10 Juni 2021

Lebih dari 1000, Ini Jumlah Kandungan Kalori BTS Meal Viral
Dok. McD Indonesia

BTS Meal adalah paket makanan hasil kolaborasi boyband BTS dengan McDonald's. Baru diluncurkan pada 9 Juni 2021 pukul 11.00 WIB/WIT/WITA, BTS Meal sempat menimbulakan kehebohan. Selain viral di media sosial, berita soal kerumumanan ojek online karena BTS Meal pun mendapat perhatian banyak pihak.

Paket makanan spesial itu berisi nugget, medium coke, dua saus spesial dan kentang goreng regular. Bagi penggemar BTS tentu tertarik untuk mencoba merasakan paket makanan ini, apalagi paket tersebut dijual dengan packaging khusus. Namun, bagaimana bagi kamu yang sedang diet atau menjaga kalori makanan yang akan masuk ke dalam tubuh, apakah BTS Meal ini cukup sehat?

Dikutip dari akun Instagram @dietsantuy.id milik Anton S, yang juga Youtuber Diet Santuy, ia membeberkan jumlah kalori BTS Meal yang viral itu. Seperti apa faktanya?

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Taggapan akun @dietsantuy.id soal BTS Meal yang viral

1. Taggapan akun @dietsantuy.id soal BTS Meal viral
Instagram.com/dietsantuy.id

Kehebohan peluncuran BTS Meal di Indonesia membuat akun @dietsantuy.id pun turut berkomentar. Dalam unggahan Instagramnya itu mendapatkan banyak informasi soal BTS Meal tersebut. Mulai dari packaging, menu makanan hingga berita soal kerumunan yang ditimbulkannya.

Mengomentari hal yang sesuai dengan bidangnya, akun @dietsantuy.id pun mencoba menghitung kalori dalam kandungan BTS Meal yang banyak orang konsumsi saat ini karena viral.

"Source kandungan giginya aku ambil dari situs mcdonalds.com ya, karena situs luas mungkin ada perbedaan kandungan gizi dengan yang ada di Indonesia. Jadi ini buat estimasi saja," tuturnya lewat postingan Instagram, Rabu (9/6/2021).

2. Menakar jumlah kalori dalam setiap menu di BTS Meal

2. Menakar jumlah kalori dalam setiap menu BTS Meal
Instagram.com/dietsantuy.id

Akun @dietsantuy.id lalu menjabarkan kira-kira jumlah kalori setiap menu yang ada dalam paket BTS Meal.

Jumlah kalori BTS Meal yang viral di media sosial sebanyak 1098 kalori. Dengan presentase lemak 51,6 gram, karbohidrat 137,5 gram, protein 25,7 gram, dan sodium 1311 miligram.

Berikut adalah penjabaran jumlah kalori setiap menu yang ada dalam paket BTS Meal:

  • French fries (kentang goreng), 320 kalori
  • Mc Nuggets 9pcs, 378 kalori
  • Minuman cola medium, 210 kalori
  • Saus cajun, 140 kalori
  • Saus sweet chili, 50 kalori

Terlepas dari pro-kontra keberadaan dan peluncuran BTS Meal, akun @dietsantuy.id mengapresiasi bahwa kampanye BTS x McDonald's di Indonesia ini terbilang sukses. Sebab, masyarakat memiliki animo besar dan berbondong-bondong membeli paket makanan khusus ini.

3. Cara menghitung kebutuhan kalori sehari-hari

3. Cara menghitung kebutuhan kalori sehari-hari
Freepik/rawpixel.com

Dilansir dari Medical News Today, The 2015-2020 Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan asupan kalori yang berkisar dari makanan sehat 1.000 kalori sehari untuk bayi 2 tahun. Lalu jumlah kalori hingga 3.200 diperlukan untuk laki-laki aktif berusia 16-18 tahun.

Seiring bertambahnya usia, tingkat metabolisme akan melambat. Hal ini mengurangi kebutuhan mereka akan energi. Dari usia 19-25 tahun, asupan yang direkomendasikan untuk perempuan adalah 2.000 kalori  per hari, tetapi setelah 51 tahun hanya 1.600.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Hal itu bergantung dari usia, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas hingga kesehatan metabolisme seseorang. Menurut Healthline, dengan sejumlah pertimbangkan ini ada perhitungan rata-rata kebutuhan kalori harian yang dibutuhkan manusia, yakni:

  • Perempuan usia 26-50 tahun dengan tingkat aktivitas sedang: 2.000 kalori.
  • Perempuan usia 26-50 tahun yang sangat aktif: 2.200 kalori.
  • Perempuan usia 20-25 tahun dengan tingkat aktivitas sedang: 2.200 kalori.
  • Perempuan usia 50 tahun ke atas dengan tingkat aktivitas sedang: 1.800 kalori.
  • Laki-laki usia 26-45 tahun dengan tingkat aktivitas sedang: 2.600 kalori.
  • Laki-laki usia 26-45 tahun yang sangat aktif: 2.800-3.000 kalori.
  • Laki-laki usia 19-25 tahun dengan tingkat aktivitas sedang: 2.800-3.000 kalori.
  • Laki-laki usia 46-65 tahun dengan tingkat aktivitas sedang: 2.300-2.500 kalori.
  • Laki-laki usia 66 tahun ke atas dengan tingkat aktivitas sedang: 2.200 kalori.
  • Anak balita: 1.200-1.400 kalori.
  • Anak remaja: 2.000-2.800 kalori.

Proyeksi perhitungan rata-rata kebutuhan kalori perempuan di atas tidak berlaku untuk ibu hamil, ibu menyusui, orang sakit, atau atlet.

Itulah tadi informasi seputar menakar jumlah kalori BTS Meal yang viral di media sosial. Dari informasi ini semoga Mama bisa mengambil hal yang dibutuhkan, apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan diet Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.