Perbanyak Ibadah, Ini Amalan Sunnah dan Doa Maulid Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW menjadi momentum untuk lebih mencintai beliau ke depannya

28 Oktober 2020

Perbanyak Ibadah, Ini Amalan Sunnah Doa Maulid Nabi Muhammad SAW
Pexels/Rayn L

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dirayakan setiap tahun. Peringatan ini adalah hari besar untuk memperingati kelahiran nabi terakhir umat Islam tersebut.

Di beberapa daerah Indonesia, ada berbagai macam tradisi untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Mulai dari tradisi unik hingga hanya malam pengajian biasa.

Hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW memiliki sejumlah keutamaan lho. Apa saja ya? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya!

1. Dianjurkan membaca sholawat sebanyak-banyaknya

1. Dianjurkan membaca sholawat sebanyak-banyaknya
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Tidak ada doa khusus untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun, umat Islam dianjurkan membawa sholawat sebanyak-banyaknya untuk mengharap syafaat atau pertolongan dari beliau.

Sholawat nabi bisa dibaca kapan saja mulai dari pagi, siang, sore dan malam. Kemudian, tidak ada waktu khusus dan waktu utama pembacaan sholawat. Mama dan Papa bisa membaca sholawat bahkan ketika naik kendaraan.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al Ahzab: 56)

Editors' Picks

2.Bacaan sholawat Maulid Nabi Muhammad SAW

2.Bacaan sholawat Maulid Nabi Muhammad SAW
Freepik/Bugphai

Ada berbagai macam sholawat yang bisa dibacakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Berikut ada beberapa bacaan sholawat yang bisa dibacakan oleh Mama dan Papa di rumah.

Dengan cara bersholawat, adalah bentuk doa kita kepada Allah untuk Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabatnya. Mengingat, Allah SWT menjanjikan pahala yang besar untuk orang yang rajin bersholawat.

  • Sholawat dan salam fi'l madhi

Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallama

  • Selawat dan salam fi'il amr

Allaahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihii wa shahbihii

  • Sholawat Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS

Allohumma solli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa sollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim, fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid

  • Sholawat Nariyah

Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman 'ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl 'uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu.

Wa tuqdhaa bìhìl hawaa'ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa'ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa 'alaa aalìhì, wa shahbìhì 'adada kullì ma'luumìn laka.

3. Melakukan kebaikan dan amal soleh

3. Melakukan kebaikan amal soleh
www.passion4people.org

Untuk memperingati hari kelahiran Rosulullah, umat Islam bisa mengamalkan berbagai perbuatan baik mulai dari bersedekah dan amal-amal baik lain. Termasuk memberi dan membantu orang lain yang kesusahan. Perbanyak ibadah seperti membaca Al-Quran juga bisa dilakukan.

Dalam momen Maulid Nabi Muhammad SAW, bisa menjadi saat untuk mengembalikan keteguhan cinta kepada beliau. Dengan perbanyak amalan soleh sehingga umat Islam bisa lebih mengingat betapa pribadi Rosullah adalah orang yang patut jadi dicontoh sebagai tuntunan hidup.

4. Momentum untuk menguatkan cinta kepada Rosulullah

4. Momentum menguatkan cinta kepada Rosulullah
Freepik

Mencintai Nabi Muhammad SAW adalah perasaan yang harus dipertahankan oleh setiap umat Islam. Di mana hal tersebut sebagai salah satu cara meningkatkan iman dan takwa kepada Allah.

Seperti diriwayatkan sebuah hadis:

"Tidak sempurna iman salah satu di antara kamu sehingga aku lebih dicintai olehnya daripada anaknya, orang tuanya dan seluruh manusia," (HR. Bukhori Muslim)

Bulan Rabiul Awal memiliki makna tersendiri karena menjadi bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW dan hari kebesaran Islam. Oleh karenanya, dalam peringatan Maulid Nabi ini menjadi momentum sebagai orang Islam untuk lebih menguatkan rasa cinta dan rindu kepada Rosulullah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.