TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tak Hanya Rambut Poni, Ini 7 Hal Unik nan Ikonik dari Sosok Kak Seto

Kak Seto menjadi sosok yang tak pernah tua dari generasi ke generasi dengan hal-hal ikoniknya ini

10 Desember 2020

Tak Ha Rambut Poni, Ini 7 Hal Unik nan Ikonik dari Sosok Kak Seto
Instagram.com/kaksetosahabatanak

Sosok Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto tak lekang meski berganti generasi.

Sosoknya yang ceria dan menghibur anak-anak sangat ikonik di Indonesia. Laki-laki kelahiran Klaten, Jawa Tengah ini sudah aktif terjun ke dunia anak-anak sejak tahun 1970-an.

Sosonya mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia karena menjadi pembawa acara ‘Aneka Ria Anak-anak’ di TVRI bersama Henny Purwonegoro, sejak tahun 1978 hingga 1981. Dari dulu hingga sekarang ternyata ada hal-hal ikonik yang kerap Kak Seto lakukan dan mendapat banyak perhatian.

Berikut Popmama.com rangkum hal-hal ikonik yang pernah dilakukan Kak Seto sehingga menyedot perhatian publik!

1. Gaya rambut yang tak pernah berubah belasan tahun lalu

1. Gaya rambut tak pernah berubah belasan tahun lalu
Instagram.com/kaksetosahabatanak

Gaya rambut Kak Seto diketahui tak pernah berubah sejak belasan tahun lalu. Hal itu dijabarkan oleh Kak Seto di video Youtubenya pada 13 Juni 2020. Video berdurasi 4 menitan itu mengungkapkan bahwa Kak Seto tidak pernah mengganti tukang cukur pribadinya.

Sosok bernama Andre itu sekitar 17 tahun selalu memotong rambut Kak Seto. Diakui Kak Seto bahwa model rambutnya ini mudah untuk diatur. Namun, saking bertahannya model ini, menjadi gaya ikonik dari Kak Seto sendiri.

“Mas Andre sudah sekitar 17 tahun selalu memotong rambut saya. Sejak 17 tahun yang lalu sejak saya kenal mas Andre, saya cocok dan terus bertahan,” tutur Kak Seto dalam videonya.

2. Buktikan rambutnya asli dan bukan wig

2. Buktikan rambut asli bukan wig
Instagram.com/kaksetosahabatanak

Unggahan Kak Seto di Instagramnya pada 8 Desember 2020 membuat heboh publik.

Ia mengunggah kondisi rambutnya yang asli sebelum dan sesudah ditata. Dalam foto itu, Kak Seto menunjukkan foto rambut aslinya yang selama ini dikira wig oleh banyak penggemarnya.

“Banyak yang bertanya kalau rambut saya ini asli atau palsu. Ini adalah rambut asli. Dan foto ini adalah foto rambut saya sehabis berenang. Sedangkan foto ke 2 adalah rambut saya setelah rapi dan siap untuk memberikan webinar,” jelas Kak Seto.

Unggahan itu pun menghebohkan tak hanya di Instagram, tapi juga di Twitter. Bahkan banyak kalangan artis dan public figure yang mengunggah kembali postingannya tersebut. 

Editors' Picks

3. Menciptakan karakter Si Komo

3. Menciptakan karakter Si Komo
Instagram.com/kaksetosahabatanak

Karakter Si Komo bisa dibilang sebagai karakter ikonik hasil ciptaan Kak Seto. Dalam acara TV-nya 'Aneka Ria Taman Kanak-kanak' bersama Henny Purwonegoro ia menciptakan sebuah karakter 'Si Komo' yang menjadi favorit anak-anak kala itu. Si Komo adalah karakter komodo berwarna hitam yang populer di era 90-an.

Saat ini Si Komo menjelma dalam tampilan yang lebih baru di Youtube Kak Seto. Mama bisa mengenalkan karakter ciptaan Kak Seto ini kepada anak dari channel Youtubenya.

4. Bisa lakukan salto di usia yang tak lagi muda

Salah satu hal ikonik lagi yang pernah dilakukan Kak Seto adalah dirinya yang aktif dan ‘berakrobat’ di usia yang tak lagi muda. Dalam video Youtube dengan judul ‘Sehat dan Aktif Berkarya di Usia Lanjut’, Kak Seto menunjukkan kebiasaannya setiap hari. Salah satu hal yang dikagumi netizen adalah ketika Kak Seto bisa melakukan salto.

“Inilah kebiasaan saya, setelah olahraga selesai saya sempatkan untuk melahap media cetak untuk mengikuti perkembangan situasi. Setelah itu saya segera menyantap hidangan yang disediakan oleh istri saya tercinta,” ungkap Kak Seto dalam vlognya.

5. Kerap bernyanyi dalam berbagai kesempatan

5. Kerap bernyanyi dalam berbagai kesempatan
Instagram.com/kaksetosahabatanak

Hal lain yang menjadi ciri khas dari Kak Seto yakni kerap mengisi berbagai acara dengan bernyanyi bersama. Entah itu acara formal atau bincang-bincang, Kak Seto selalu menyempatkan bernyanyi untuk anak-anak yang menyaksikan. Bahkan ketika pandemi dan semua kegiatannya berlangsung online, kebiasaan Kak Seto ini tidak berubah. Siapa yang suka dengan nyanyian dari Kak Seto nih?

6. Aktif menyapa dan memberikan edukasi di media sosial

6. Aktif menyapa memberikan edukasi media sosial
Instagram.com/kaksetosahabatanak

Usia hanyalah angka, rasanya itu adalah ungkapan yang tepat untuk mendeskripsikan Kak Seto. Meski usianya sudah hampir 70 tahun, jiwa muda Kak Seto tak pernah pudar. Banyak yang menyebut bahkan wajahnya tak menua dari dulu.

Sebagai public figure, Kak Seto juga kerap membagikan tips dan triknya mengenai pendidikan anak di media sosial. Dalam menyambut Hari Anak Sedunia 2020, Kak Seto juga menyampaikan pesan kepada anak-anak di Indonesia dan orangtua di rumah.

“Semoga adik-adik selalu gembira dalam kegiatan belajar dan bermain bersama Ayah dan Bunda di rumah, jangan lupa untuk tetap menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, serta tetap rajin menjaga kesehatan,” jelas Kak Seto.

7. Kak Seto bagi tips untuk orangtua agar mental tetap sehat

7. Kak Seto bagi tips orangtua agar mental tetap sehat
Instagram.com/kaksetosahabatanak

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dianggap banyak memiliki kekurangan. Kak Seto dalam Youtube Sikomo Sikopat mengungkapkan pemahaman belajar yang harus dialami anak-anak selama pandemi.

“Saya perlu koreksi bukan belajar dari rumah, seolah makna belajar dari rumah, anak duduk dan menatap ke sekolah tapi tidak ada hal selain menatap monitor. Kita harus menyadari ada screen time yang harus terbatas,” jelas Kak Seto.

Kak Seto menyebut soal PJJ ini banyak sekolah yang memaksakan bahkan terlalu teoritis. Selain itu, pentingnya sinergi antara orangtua dan guru juga perlu diperhatikan. Orangtua disebut harus menjadi garda terdepan untuk melindungi anak-anaknya terkait dengan pendidikan selama pandemi.

“Orangtua mampu mengelola manajemen pendidikan di rumah, orangtua harus sehat secara fisik dan mental. Saya selalu mengimbau agar kita menjadi orangtua yang sehat, resepnya hanya GEMBIRA. Ini singkatan,” jelasnya.

Singkatan dari GEMBIRA diungkapkan Kak Seto yakni:

  • G untuk gerak, jangan mager bukan olahraga yang harus menang kalah.
  • E untuk emosi cerdas, ungkapkan emosi (marah, takut, sedih) dengan cara yang cerdas (tidak membanting pintu, tidak berkata kasar) tapi ungkapkan dengan cara yang tidak merusak persahabatan dengan anak.
  • M untuk makan dan minum yang sehat dan teratur.
  • B untuk beribadah dan berdoa, bersyukur dan menemukan hal yang positif.
  • I untuk istirahat, cukupkan waktu tidur dan istirahat dari pikiran negatif (dendam, iri, dengki, dsb).
  • R untuk rukun dalam keluarga, selalu tersenyum dan ramah terhadap anak.
  • A untuk aktif berkarya, menghasilkan sesuatu yang positif (menyelesaikan buku, membuat karya baru, dsb).

“Dengan GEMBIRA kita mendidik anak penuh dengan kesehatan batin dan kesehatan mental yang cukup prima,” pungkasnya.

Itulah tadi hal-hal ikonik dari Kak Seto yang viral dan banyak diperbincangkan. Selama ia berkarya di Indonesia, banyak sekali nilai yang bisa dipetik dari sosok Kak Seto. Siapa nih yang dari dulu senang sekali lihat Kak Seto tampil sambil bernyanyi?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk