TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Takut Gula Darah Naik, Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Mangga?

Penderita diabetes sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah mangga

6 Oktober 2022

Takut Gula Darah Naik, Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Mangga
Freepik/kitzcorner

Apakah kamu salah satu penikmat rasa manis buah mangga?

Buah mangga adalah buah tropis yang banyak disukai oleh banyak orang di dunia. Ini karena daging buahnya yang tebal dan rasanya yang unik serta manis.

Buah bernama latin Mangifera Indica ini telah banyak dibudidayakan, terutama di daerah tropis seperti Asia, Afrika, dan Amerika Tengah. Namun sekarang kamu sudah bisa menemukannya di banyak tempat, karena buah ini tumbuh di seluruh dunia.

Karena rasanya yang manis, mungkin selama ini kamu bertanya bolehkah penderita diabetes makan buah mangga?

Nah, berikut ini Popmama.com akan memberikan ulasan lengkap mengenai hal ini, seperti dilansir dari Healthline. Yuk disimak, agar kamu si Pecinta mangga bisa makan buah yang satu ini dengan aman tanpa menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

1. Kandungan nutrisi buah mangga yang perlu kamu ketahui

1. Kandungan nutrisi buah mangga perlu kamu ketahui
Pixabay/AncelinBonnet

Mangga adalah salah satu buah tropis berbentuk oval, yang di dalamnya memiliki daging lembut berwarna kuning, dengan kulit buah berwarna kuning kehijauan, demikian seperti dilansir dari BBC Good Food.

Buah ini kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting, yang menjadikannya tambahan bergizi untuk semua jenis makanan.

Selain itu mangga juga termasuk ke dalam jenis buah rendah kalori, namun tinggi nutrisi terutama vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan, membantu penyerapan nutrisi, serta berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tubuh.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah mangga segar mengandung:

  • 86.6 gram Air
  • 52 kal Energi
  • 0.7 gram Protein
  • 12.3 gram Karbohidrat
  • 1.6 gram Serat
  • 20 mg Kalsium
  •  16 mg Fosfor
  • 3 mg Natrium
  • 140 mg Kalium
  • 316 mcg Beta-Karoten
  • 12 mg Vitamin C

Kandungan tembaga dan folat yang terdapat dalam buah mangga juga baik untuk kamu yang sedang hamil lho. Dimana ini merupakan nutrisi penting yang harus dipenuhi selama kehamilan, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Lantas bagaimana untuk penderita diabetes? Bolehkah penderita diabetes makan buah mangga?

Editors' Picks

2. Apakah makan buah mangga bisa bikin gula darah naik?

2. Apakah makan buah mangga bisa bikin gula darah naik
Freepik/katemangostar

Lebih dari 90% kalori dalam buah mangga memang berasal dari kandungan gulanya. Itulah sebabnya, buah mangga dapat berkontribusi pada peningkatkan gula darah pada penderita diabetes.

Namun perlu kamu ketahui, buah mangga juga mengandung serat dan berbagai antioksidan. Dimana keduanya berperan dalam meminimalkan dampak gula darah di dalam tubuh secara keseluruhan.

Serat akan bekerja memperlambat laju penyerapan gula ke dalam aliran darah kamu, sedangkan antioksidannya membantu mengurangi respon stres yang berkaitan dengan peningkatan kadar gula darah.

Hal inilah yang akan memudahkan tubuh kamu dalam mengelola karbohidrat yang masuk dan menstabilkan kadar gula darah.

3. Berapa indeks glikemik buah mangga?

3. Berapa indeks glikemik buah mangga
Freepik/katemangostar

Indeks glikemik (GI) adalah sebuah parameter yang digunakan untuk mengetahui seberapa cepat makanan memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Indeks glikemik diukur dengan skala 0-100. Dimana semakin tinggi angka indeks glikemiknya, maka semakin cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah.

Menurut penelitian, makanan apapun yang skalanya di bawah 55, dianggap sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah, dan bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk penderita diabetes.

Buah mangga sendiri, memiliki skala indeks glikemik 51. Artinya, buah mangga secara teknis diklasifikasikan sebagai makanan rendah glikemik.

Namun, satu hal yang harus kamu perhatikan. Kondisi tubuh setiap orang dalam merespon makanan, sangatlah berbeda-beda. Jadi meskipun buah mangga aman dikonsumsi, kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuh kamu ya.

4. Bolehkah penderita diabetes mengonsumsi buah mangga?

4. Bolehkah penderita diabetes mengonsumsi buah mangga
Pixabay/liwanchun

Bagi kamu yang menderita penyakit diabetes, sebenarnya makan buah mangga tidak dilarang. 

Tapi untuk alasan kesehatan, sebaiknya hindari mengonsumsi buah ini secara berlebihan ya. Ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan peningkatan gula darah dalam tubuh, setelah kamu makan buah mangga.

Karena pada dasarnya, sumber karbohidrat dari makanan apapun, dapat meningkatkan kadar gula darah kamu. Tapi ini bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya ya.

Jika kamu menderita diabetes, mulailah dengan ½ cangkir atau 82,5 gram buah mangga, untuk melihat bagaimana respons gula darah dalam tubuh. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan jumlah dan porsi yang paling sesuai dengan diri kamu.

5. Tambahkan makanan lain sebagai sumber protein saat mengonsumsi buah mangga

5. Tambahkan makanan lain sebagai sumber protein saat mengonsumsi buah mangga
Freepik/jcomp

Sama seperti serat, protein bisa membantu kamu meminimalkan lonjakan gula darah saat dimakan bersama dengan makanan berkarbohidrat tinggi seperti mangga.

Sebenarnya secara alami mangga mengandung serat, namun tidak terlalu tinggi protein. Oleh karenanya kamu bisa menambahkan sumber protein, guna mengatasi masalah lonjakan gula darah saat mengonsumsi buah mangga.

Kamu bisa mengonsumsi makanan atau camilan dengan gizi yang lebih seimbang, misalnya dengan memasangkan buah mangga dengan telur rebus, keju atau segenggam kacang.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai bolehkah penderita diabetes mengonsumsi buah mangga.

Buah mangga memiliki rasa manis yang bisa berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah penderita diabetes. Bagi kamu penderita diabetes, hati-hati dalam mengonsumsinya dan hindari makan buah mangga secara berlebihan ya.

Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan baru untuk kamu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk