TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Syarat Naik Kereta Api Mulai 5 April 2022

Aturan terbaru diumumkan secara resmi melalui Instagram resmi @kai121_ dan mulai berlaku per 5 April

6 April 2022

Syarat Naik Kereta Api Mulai 5 April 2022
Instagram.com/Keretaapikita

Pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik tahun ini. Alasannya karena kasus Covid-19 mulai menunjukkan penurunan dan bergerak ke arah yang lebih baik. 

Kendati demikian, pemerintah tetap mengeluarkan regulasi yang mengatur mudik lebaran 2022. Regulasi tersebut wajib dipatuhi untuk mengurangi risiko lonjakan kasus setelah mudik lebaran. 

PT Kereta Api Indonesia juga mengeluarkan aturan terbaru bagi para penumpang. Aturan tersebut diumumkan secara resmi melalui Instagram resmi @kai121_ dan mulai berlaku per 5 April 2022. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum update terbaru mengenai syarat naik kereta api. Simak informasinya ya, Ma!

1. Wajib tunjukkan kartu vaksin atau hasil negatif PCR

1. Wajib tunjukkan kartu vaksin atau hasil negatif PCR
Pexels/Shvetsa

Bagi penumpang yang sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga, maka mereka tidak perlu menunjukkan hasil negatif antigen atau RT-PCR.

Sebaliknya, bagi penumpang yang baru divaksinasi dosis kedua, maka mereka perlu menunjukkan hasil negatif antigen yang berlaku 1x24 jam atau RT-PCR yang berlaku 3x24 jam. 

Sementara itu, penumpang yang baru divaksinasi dosis pertama wajib melampirkan hasil RT-PCR dengan masa berlaku 3x24 jam. Penumpang yang belum divaksinasi juga perlu menunjukkan hasil negatif RT-PCR dan surat keterangan dokter yang menyatakan kondisi kesehatannya. 

2. Syarat naik kereta untuk anak-anak

2. Syarat naik kereta anak-anak
Pexels/Zydeaosika-2261055

Untuk penumpang kategori anak-anak usia kurang dari dua tahun, mereka tidak perlu menunjukkan kartu vaksinasi. Namun, mereka wajib didampingi orangtua maupun pendamping yang telah memenuhi syarat perjalanan KAI. 

Penumpang kecual anak-anak di bawah usia 6 tahun wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi yang digunakan untuk keperluan skrining. Aturan ini lebih lanjut diatur dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022. 

3. Protokol kesehatan selama naik kereta

3. Protokol kesehatan selama naik kereta
Pexels/Shvetsa

Seluruh penumpang wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh PT KAI. Penumpang wajib menggunakan masker yang benar, yakni menutup hidung, mulut, hingga dagu. 

Penumpang juga dilarang berbicara satu arah maupun dua arah melalui sambungan telepon. Jangan lupa untuk menghindari makan bersama selama perjalanan, kecuali yang wajib mengonsumsi obat-obatan. 

Selanjutnya, penumpang juga harus dalam kondisi sehat, artinya tidak sedang menderita flu, batuk, dan suhu badan kurang dari 37,5 derajat Celcius. 

Nah Ma, itulah beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh para penumpang kereta selama mudik Lebaran. Jangan lupa untuk menjauhi kerumunan dan tetap menjaga kebersihan selama perjalanan ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk