7 Posisi Tidur yang Tepat untuk Menambah Tinggi Badan

Apakah posisi tidurmu sudah tepat?

3 November 2020

7 Posisi Tidur Tepat Menambah Tinggi Badan
Freepik/free picture

Memiliki tubuh yang tinggi tentunya menjadi idaman semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Kepercayaan diri dari seseorang, akan meningkat bila memiliki tubuh yang tinggi dan proporsional.

Namun sayangnya, dalam meninggikan badan tidak hanya dengan melakukan olahraga yang teratur atau dengan mengonsumsi suplemen peninggi badan.

Sebagian orang seringkali melupakan bahwa posisi tidur yang tepat juga dapat membuat tinggi badan semakin bertambah. Posisi tidur sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan hormon.

Bila posisi tidur yang dilakukan salah, maka akan membuat kinerja hormon tidak stabil dan dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan. Tentunya kamu tidak mau bukan bila kerja kerasmu dalam meninggikan badan tidak maksimal hanya karena kesalahan dari posisi tidur?

Nah, untuk itu langsung saja, berikut Popmama.com telah merangkum 7 posisi tidur yang tepat untuk menambah tinggi badan.

1. Meluruskan tubuh saat tidur

1. Meluruskan tubuh saat tidur
Freepik/yanalya

Cara tidur yang benar agar pertumbuhan tinggi badan baik dan teratur dapat dilakukan dengan meluruskan posisi punggung sampai ke kaki. Gunakan tempat tidur yang cenderung bertekstur keras.

Bukan tanpa alasan, menggunakan tempat tidur yang empuk atau lembut dapat mengakibatkan punggung tenggelam terlalu dalam hingga menyebabkan tikungan pada bagian punggung dan memperlambat pertumbuhan tinggi badan.

2. Posisi tubuh telentang (supinasi) saat tidur

2. Posisi tubuh telentang (supinasi) saat tidur
Freepik/Jofreepik

Tidur dengan muka yang menghadap ke atas atau yang biasa kita kenal dengan posisi telentang sangat baik terhadap pertumbuhan serta membentuk badan agar tidak membungkuk.

Posisi tubuh telentang merupakan posisi tubuh terbaik, selayaknya orang yang berdiri tegak. Hindari posisi tubuh yang melengkuk ataupun menekuk bagian kaki. Posisi tubuh yang melengkung akan memperlambat perkembangan tubuhmu.

Editors' Picks

3. Posisi tubuh telungkup (pronasi) saat tidur

3. Posisi tubuh telungkup (pronasi) saat tidur
Unsplash/Vladislav Muskalov

Selain telentang ke atas, posisi ini juga dapat dilakukan dengan cara berbaring dengan posisi wajah yang menghadap ke bantal dan tubuh tegak lurus.

Dengan posisi telungkup dapat memacu pertumbuhan tinggi badan dan juga dapat memberikan kesehatan, khususnya pada bagian sendi, lutut serta pinggang.

4. Posisi tubuh miring bersandar (lateral) saat tidur

4. Posisi tubuh miring bersandar (lateral) saat tidur
Freepik/nensuria

Posisi miring bersandar ini yaitu dilakukan dengan berbaring ke samping serta diberikan tumpuan yang berat pada bahu dan bagian pinggul. Posisi ini menjadi salah satu posisi favorit kebanyakan orang.

Dengan tidur miring bersandar, tubuh akan terasa nyaman serta dapat membantu dari proses pertumbuhan tinggi badan.

5. Penggunaan bantal di bawah lutut

5. Penggunaan bantal bawah lutut
Freepik/free picture

Manfaat dari penggunaan bantal di bawah lutut yaitu dapat membuat kondisi kaki terasa lebih santai yang dapat memicu hormon pertumbuhan dapat bekerja secara optimal.

Penggunaan bantal juga dilakukan bagi kamu yang tidur dengan posisi miring atau menyamping. Hal tersebut bertujuan agar posisi dari tulang tetap dalam kondisi yang lurus.

6. Tidak memakai bantal di kepala

6. Tidak memakai bantal kepala
Freepik/lifeforstock

Mungkin seringkali kamu menjumpai seseorang yang susah tidur bila tidak menggunakan bantal besar dengan posisi yang tinggi. Perlu diketahui bahwa penggunaan bantal besar dengan posisi yang tinggi dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan badan.

Bantal yang besar dapat menyebabkan pernafasan terhalang serta membuat leher membungkuk ke depan dan punggung yang melengkung ke depan atau biasa dikenal dengan kifosis.

Bila tidak terbiasa tidur dengan tanpa bantal, maka ada baiknya untuk menggunakan bantal yang tipis ketika tidur. 

7. Tidur dengan cukup dan berkualitas

7. Tidur cukup berkualitas
Freepik/jcomp

Tahukah kamu bahwa kualitas tidur manusia dapat mempengaruhi pertumbuhan hormon yang menyebabkan pertumbuhan tinggi badan? Human growth hormone merupakan hormon pertumbuhan manusia yang di ekskresikan ketika manusia sedang tidur nyenyak.

Ketika kamu mencukupi kebutuhan tidurmu, maka hormon HGH akan bekerja secara maksimal dan lebih lama yang membuat pertumbuhan tubuhmu menjadi maksimal.

Untuk waktu tidur yang baik yaitu sekitar 7 hingga 8 jam per hari. Bagi kamu yang pola tidurnya sudah terlanjur terganggu, maka cara memperbaikinya adalah dengan mengembalikan kualitas tidur yang sehat dan tepat waktu.

Nah, itulah ketujuh posisi tidur yang tepat untuk menambah tinggi badan. Selain tidur yang baik dan benar, kamu juga harus rutin melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium serta zinc guna menunjang pertumbuhan tinggi badan.

Konsumsilah sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi sekaligus makanan yang mengandung zinc. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.