Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Mengontrol Nafsu Makan dengan Mindful Eating

Menghadirkan kesadaran diri saat makan untuk menghindari makan berlebih

4 Januari 2021

5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Mindful Eating
Freepik/freepic.diller

Makan adalah kebutuhan mendasar setiap manusia untuk bertahan hidup. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi maka organ tubuh dapat berfungsi dengan semestinya. Tubuh menjadi sehat dan dapat produktif melakukan aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi, di zaman modern ini tujuan makan bukan lagi untuk kebutuhan bertahan hidup. Aktivitas makan kini juga sudah menjadi aktivitas hiburan maupun sosialisasi. Kebiasaan makan pun menjadi berubah.

Permasalahan kebiasaan makan tidak hanya dari segi tujuan makan saja tapi juga kebiasaan hingga porsi makan. Jika dulu orang hanya akan fokus makan di waktu makan tiba, maka kini makan juga dilakukan bersamaan dengan aktivitas lainnya. Misalnya, menonton film, bermain handphone, membaca buku, atau bahkan bekerja.

Selain itu, keinginan untuk makan juga menjadi meningkat. Nafsu makan menjadi berlebih dan tidak terkontrol. Kebiasaan makan menjadi lebih sering dan di luar waktu makan. Jenis makanan yang dimakan pun mengandung banyak kalori dan berlemak. Hal ini membuat masalah kesehatan menjadi meningkat.

Lalu hal apa yang bisa mengatasi masalah ini? Jawabannya adalah mindful eating. Mindful eating bukanlah cara diet menurunkan berat badan. Mindful eating adalah sebuah konsep makan dengan penuh kesadaran.

Konsep ini mengajak untuk hanya fokus makan tanpa diganggu oleh hal yang lainnya. Dengan demikian, seseorang menjadi lebih sadar terhadap kebutuhannya untuk makan sehingga nafsu makan menjadi lebih terkontrol bahkan bisa menurunkan berat badan.

Lalu bagaimana cara melakukan mindful eating ini? Simak penjelasan dari Popmama.com tentang cara mengontrol nafsu makan dengan mindful eating  berikut ini ya.

1. Menghadirkan kesadaran penuh saat makan

1. Menghadirkan kesadaran penuh saat makan
Freepik/nakaridore

Saat sedang makan, dalam konsep mindful eating, kita diharuskan untuk secara sadar sepenuhnya bahwa kita sedang makan. Mulai dari duduk dengan sadar, memilih makanan secara sadar, menyuap makanan, hingga mengunyahnya secara berkesadaran.

Kesadaran ini akan membuat kita menjadi lebih sadar diri makanan apa yang harus dimakan, sedang dimakan, dan seberapa banyak porsi yang sedang dimakan.

Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih mudah merasa kenyang dan terhindar dari binge eating. Sehingga secara tidak langsung, kita dapat mengontrol nafsu makan.

Editors' Picks

2. Mengenali kebutuhan tubuh terhadap makanan

2. Mengenali kebutuhan tubuh terhadap makanan
Freepik

Mindful eating juga akan mendorong kita untuk mengenali kebutuhan tubuh terhadap makanan. Ketika kita sadar bahwa makan adalah sebuah proses pemenuhan kebutuhan tubuh agar tetap sehat maka secara sadar kita akan memilih jenis-jenis makanan yang lebih sehat dan bernutrisi.

Sebab, kita sadar bahwa agar tubuh bisa kuat untuk melakukan berbagai aktivitas membutuhkan asupan yang bergizi.

Ketika kita sadar terhadap hal tersebut, makanan yang dipilih untuk dikonsumsi adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Dengan demikian, makanan yang dikonsumsi akan mampu mengontrol nafsu makan sehari-hari.

3. Memfokuskan diri saat makan

3. Memfokuskan diri saat makan
Free/pvproductions

Dalam konsep mindful eating juga penting untuk memfokuskan diri saat makan. Artinya, tidak ada aktivitas lain selain makan.

Tidak ada lagi makan sambil bermain handphone, membaca buku, menonton film, dan sebagainya. Sebab, jika melakukan aktivitas lain saat makan akan membuat kita makan secara berlebih secara tidak sadar.

Dengan memfokuskan diri hanya untuk makan di waktu makan maka kita akan dapat mengontrol nafsu makan. Bahkan, kalau memungkinkan, makanlah di meja makan.

4. Makan dengan perlahan dan tidak terburu-buru

4. Makan perlahan tidak terburu-buru
Freepik/valuavitaly

Cara mengontrol nafsu makan denganmindful eating juga memerlukan makan secara perlahan dan tidak terburu-buru.

Kunyah makanan dengan perlahan hingga benar-benar terkunyah dengan baik. Mengunyah makanan dengan baik akan membantu pencernaan mencerna makanan.

Ditambah, pencernaan akan lebih mudah merasakan kenyang. Sehingga, dengan makan secara perlahan dan mengunyahnya secara sempurna dapat mencegah makan berlebihan.

5. Menjadikan tujuan untuk turun berat badan sebagai bonus

5. Menjadikan tujuan turun berat badan sebagai bonus
Freepik/wayhomestudio

Walaupun dikatakan mindful eating dapat mengontrol nafsu makan hingga bisa menurunkan berat badan, tujuan dari mindful eating tidak semata untuk menurunkan berat badan. Tujuan dari mindful eating lebih kepada kesehatan secara menyeluruh.

Ketika kita menerapkan mindful eating, jadikan kesehatan tubuh sebagai tujuan utama. Dengan demikian, penurunan berat badan cukup dijadikan sebagai bonus.

Jadi, ketika angka di timbangan tidak berkurang, tidak akan membuat kita menjadi stress atau menyalahkan diri sendiri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk