Hindari Konsumsi Makanan yang Bisa Membuat Kulit Rusak

Makanan yang kita konsumsi juga akan memberikan nutrisi untuk organ kulit

2 Maret 2021

Hindari Konsumsi Makanan Bisa Membuat Kulit Rusak
Freepik

Makanan merupakan sumber nutrisi utama yang didapatkan oleh tubuh. Mengonsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi akan membuat organ di dalam tubuh bekerja secara optimal. Sebaliknya, makanan yang minim kandungan nutrisi akan membuat tubuh menjadi lemah dan mudah terkena penyakit.

Makanan juga ternyata memiliki peranan penting dalam menjaga kondisi kesehatan kulit. Makanan yang bernutrisi akan membuat kulit menjadi sehat, tidak kering, bebas jerawat, dan tidak mudah mengalami penuaan.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat kulit rusak. Sayangnya, makanan ini sering menjadi konsumsi utama masyarakat modern. Apalagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan pasti akan dengan sangat mudah menemukan jenis makanan ini.

Apa saja ya makanan yang bisa membuat kulit rusak? Simak penjelasan Popmama.com berikut ini!

1. Daging olahan kemasan

1. Daging olahan kemasan
Freepik/azerbaijan_stock

Banyak sekali jenis daging olahan yang bisa ditemukan di pusat perbelanjaan. Daging-daging yang sudah diolah tersebut dikemas dengan teknologi tertentu untuk membuat daging bertahan lebih lama.

Walaupun daging olahan kemasan ini praktis dan sangat memudahkan Mama dalam memasak, nyatanya daging olahan kemasan tersebut bisa membuat kulit rusak.

Kandungan garam yang tinggi dan menggunakan berbagai macam bahan sintetis seperti perasa, pengawet, hingga pewarna buatan akan membuat kondisi kulit menjadi rusak.

2. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi

2. Makanan kandungan garam tinggi
Pexels/icon0.com

Makanan yang bisa membuat kulit rusak antara lain makanan dengan kandungan garam yang tinggi.

Makanan ini biasa ditemukan sebagai makanan kemasan, seperti makanan ringan dan termasuk juga daging olahan kemasan.

Garam yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat mengganggu keseimbangan cairan. Akibatnya, kulit menjadi rusak dan kering.

Editors' Picks

3. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi

3. Makanan kandungan gula tinggi
Pixabay/JillWellington

Tidak hanya garam, gula juga termasuk makanan yang bisa membuat kulit rusak. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

Bahkan, hal ini bisa berujung pada penuaan dini pada kulit. Sebab gula dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit.

4. Aneka macam makanan yang digoreng

4. Aneka macam makanan digoreng
Rawpixel/Teddy Rawpixel

Jika Mama ingin memiliki kulit yang glowing maka hentikanlah konsumsi makanan yang digoreng.

Sebab, gorengan mengandung banyak lemak jahat yang menyebabkan sirkulasi darah menjadi terganggu.

Hal ini sering kali menyebabkan masalah pada kulit, salah satunya kulit yang berjerawat.

5. Makanan berbahan dasar tepung terigu

5. Makanan berbahan dasar tepung terigu
Freepik/jcomp

Saat ini, penggunaan tepung terigu di Indonesia sangat tinggi. Berbagai jenis makanan menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama, seperti kue tradisional, ayam goreng, roti, donat, gorengan, dan masih banyak lainnya.

Tepung terigu memiliki kandungan glikemik yang tinggi. Hal ini sering menyebabkan inflamasi.

Sehingga tak jarang orang yang sering mengonsumsi tepung terigu mengalami jerawatan pada kulitnya. Inilah yang membuat makanan yang mengandung tepung terigu termasuk salah satu makanan yang membuat kulit rusak.

6. Makanan cepat saji

6. Makanan cepat saji
Pixabay/Fotorech

Bisa dikatakan bahwa makanan cepat saji adalah makanan terburuk untuk kondisi kulit. Sebab, makanan cepat saji biasanya menggunakan gula dan garam yang tinggi.

Tidak hanya itu, makanan cepat saji juga seringkali mengandung perasa, pewarna, pengawet, dan pemanis sintetis. Belum cukup sampai disitu, makanan cepat saji juga diproses dengan pemanasan yang tinggi dengan minyak goreng yang semakin memperburuk nilai nutrisi pada makanan tersebut.

Jika dilihat dari kandungan bahan serta proses pembuatan, makanan cepat saji jelas merupakan makanan yang bisa membuat kulit rusak.

Usahakan untuk menghindari jenis makanan yang bisa membuat kulit rusak ini. Sebab, tidak hanya akan merusak kulit tapi juga organ tubuh lainnya. Tubuh menjadi tidak sehat dan mudah terkena penyakit.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.