7 Olahraga yang Membakar Banyak Kalori Membuat Tubuh Langsing

Olahraga tidak hanya mampu menyehatkan badan tapi juga membuat tubuh menjadi lebih langsing

20 November 2020

7 Olahraga Membakar Banyak Kalori Membuat Tubuh Langsing
PIxabay/lograstudio

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang menyehatkan. Berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga tubuh tetap dalam keadaan prima.

Banyak yang meyakini bahwa berolahraga tidak hanya dapat membuat tubuh lebih sehat tapi juga menjadi langsing. Sehingga, tidak jarang orang yang melakukan olahraga memiliki tujuan untuk dapat menurunkan berat badan.

Hal tersebut tidaklah salah. Sebab, olahraga dapat membakar kalori dan lemak yang terdapat di dalam tubuh. Namun, jika tidak melakukannya dengan benar justru akan membuat tujuan yang diinginkan tidak tercapai.

Ada beberapa jenis olahraga yang membakar banyak kalori. Olahraga ini akan membuat kalori terbakar lebih cepat. Bahkan, olahraga tertentu mampu memberikan efek pembakaran beberapa jam pasca berolahraga.

Kira-kira olahraga apa ya yang dapat membakar banyak kalori? Simak informasi Popmama.com berikut ini ya, Ma.

1. High Intensity Interval Training (HIIT) membakar 500 - 1000 kalori per jam

1. High Intensity Interval Training (HIIT) membakar 500 - 1000 kalori per jam
Freepik/master1305

High Intensity Interval Training (HIIT) adalah jenis olahraga intensitas tinggi ke rendah dengan memberikan jeda untuk pengulangan gerakan.

Sebagai contoh, Mama melakukan gerakan crunches sebanyak 20 kali. Lalu, istirahat selama 15 detik. Kemudian, kembali melakukan gerakan crunches. Sesi ini dilakukan selama beberapa kali dengan jeda yang terukur.

HIIT dinilai sebagai olahraga yang membakar banyak kalori paling efektif. Bahkan, tubuh seseorang yang telah melakukan olahraga HIIT ini masih bisa melakukan pembakaran walaupun sesi olahraga telah berakhir.

Melakukan olahraga HIIT paling tepat dilakukan saat pagi hari ketika perut dalam keadaan kosong. Dari melakukan HIIT, kalori yang terbakar mencapai 500 hingga 1000 kalori per jam.

2. Berenang membakar 720 - 840 kalori per jam

2. Berenang membakar 720 - 840 kalori per jam
Freepik

Berenang merupakan olahraga yang tidak merasakan keringat. Sebab, olahraga ini dilakukan di dalam air. Sehingga sangat menyegarkan melakukan olahraga ini, apalagi jika dilakukan di pagi hari.

Tidak hanya menyegarkan dan menyenangkan melakukan aktivitas berenang tapi juga bisa membuat tubuh langsing.

Berenang menjadi salah satu olahraga yang membakar banyak kalori. Per jamnya, seseorang bisa membakar 720 kalori bagi perempuan dan 840 kalori bagi laki-laki.

Editors' Picks

3. Lari membakar 900 - 1500 kalori per jam

3. Lari membakar 900 - 1500 kalori per jam
Freepik

Lari juga menjadi olahraga yang membakar banyak kalori. Banyak orang yang melakukan olahraga lari untuk menurunkan berat badannya.

Tapi yang perlu menjadi catatan, berlari tentu berbeda dengan jogging. Olahraga lari menuntut kecepatan untuk bisa secara efektif membakar kalori dan lemak tubuh.

Lakukan olahraga lari di pagi atau sore hari, saat matahari tidak terlalu teri. Hindari berlari di malam hari. Sebab, malam hari adalah waktu tubuh untuk beristirahat.

4. Lompat tali membakar 750 - 850 kalori per jam

4. Lompat tali membakar 750 - 850 kalori per jam
Freepik/Yanalya

Olahraga ini sering menjadi salah satu permainan kanak-kanak, yaitu lompat tali. Anak-anak sering merangkai karet gelang menjadi tali yang panjang sehingga dapat dijadikan alat bermain.

Ternyata, olahraga ini tidak hanya membawa kenangan masa anak-anak tapi juga sebagai olahraga yang membakar banyak kalori.

Sekitar 750 hingga 850 kalori yang terbakar per jamnya hanya dengan melakukan olahraga lompat tali.

5. Bersepeda membakar 850 - 1.000 per jam

5. Bersepeda membakar 850 - 1.000 per jam
Freepik/bearfotos

Bersepeda saat ini menjadi olahraga yang memiliki banyak penggemar, terutama di masa pandemi seperti ini. Ternyata, bersepeda juga menjadi salah satu olahraga yang membakar banyak kalori.

Tidak hanya olahraga yang menyenangkan tapi bersepeda juga mampu membakar 850 hingga 1.000 kalori per jam.

Apalagi jika jalur yang dilalui cukup menantang. Maka energi yang dibutuhkan akan semakin besar. Sehingga kalori yang terbakar pun juga semakin besar.

6. Kickboxing membakar 800 kalori per jam

6. Kickboxing membakar 800 kalori per jam
Freepik/master1305

Kickboxing juga tergolong sebagai olahraga yang membakar banyak kalori. Olahraga ini membutuhkan gerakan lincah dan tidak hanya mengandalkan kekuatan otot lengan saja.

Melakukan kickboxing membutuhkan kekuatan seluruh tubuh. Sehingga olahraga ini mampu membakar kalori hingga 800 kalori per jam.

7. Pilates membakar 350 - 450 kalori per jam

7. Pilates membakar 350 - 450 kalori per jam
flickr.com/Runway Pilates

Pilates merupakan sebuah olahraga yang berasal dari pengembangan gerakan yoga. Seorang atlet dari Eropa mengembangkan gerakan yoga menjadi lebih memfokuskan pada pelatihan kekuatan otot. Sehingga tidak heran jika pilates tergolong sebagai olahraga yang membakar banyak kalori. Sekitar 350 sampai 450 kalori yang terbakar per jamnya.

Tak hanya bisa menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih prima, ada beberapa olahraga yang membakar banyak kalori sehingga dapat membuat tubuh lebih langsung.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.