5 Tips Atasi Kebotakan Dini agar Rambut Lebih Sehat dan Kuat

Menjaga rambut dari kebotakan dini agar lebih sehat, kuat, dan tebal

18 September 2020

5 Tips Atasi Kebotakan Dini agar Rambut Lebih Sehat Kuat
Freepik/katemangostar

Kebotakan merupakan hal yang wajar dialami oleh orang yang mulai memasuki usia 50 tahun. Tapi kini, banyak anak muda di usia 20 tahun yang mulai mengalami kebotakan.

Memang sekarang ini tingkat kesehatan seseorang cenderung berkurang. Seseorang di usia muda bisa mengalami gangguan kesehatan yang seharusnya dialami oleh orang dengan usia yang lebih tua.

Kebotakan dini ini bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak seimbang. Sehingga kualitas kesehatan tubuh menurun walaupun di usia yang masih muda. Pada akhirnya berpengaruh juga pada kesehatan rambut.

Untuk mengatasi hal tersebut, Popmama.com akan berikan tips atasi kebotakan dini agar rambut lebih sehat dan kuat.

Cek selengkapnya di bawah ini ya!

1. Hentikan penggunaan produk penataan rambut yang berlebihan

1. Hentikan penggunaan produk penataan rambut berlebihan
Freepik

Penataan rambut yang berlebihan bisa menjadi salah satu faktor penyebab kebotakan dini. Sebab, terlalu berlebihan menggunakan produk penataan rambut dapat membuat rambut mengalami stres.

Untuk mengatasi kebotakan dini, hentikan selama beberapa waktu produk penataan rambut yang biasa digunakan. Dengan begitu, rambut dapat bernapas dan memiliki kesempatan untuk melakukan regenerasi sel.

Editors' Picks

2. Hindari stres dan melakukan relaksasi

2. Hindari stres melakukan relaksasi
Freepik

Stres dapat membuat kerja hormon menjadi tidak seimbang. Padahal, hormon sangat berperan penting dalam sistem kerja tubuh, termasuk diantaranya mempertahankan kesehatan rambut.

Sebagai bentuk usaha atasi kebotakan dini maka diperlukan usaha manajemen stres yang baik untuk menghindari stres.

Menjaga agar terhindar dari stres bisa dengan melakukan relaksasi, seperti meditasi atau melakukan pekerjaan yang disukai.

3. Konsumsi multivitamin yang membantu kesehatan rambut

3. Konsumsi multivitamin membantu kesehatan rambut
Freepik/whatwolf

Mengonsumsi multivitamin juga merupakan salah satu langkah untuk atasi kebotakan dini. Multivitamin akan membantu menambah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut antara lain zat besi, asam folat, dan seng. Asam folat sendiri sangat penting dalam regenerasi sel baru.

4. Gunakan minyak alami sebagai perawatan tambahan

4. Gunakan minyak alami sebagai perawatan tambahan
Freepik/master1305

Untuk melakukan perawatan rambut bisa dengan menggunakan minyak alami, seperti minyak kelapa, minyak kemiri, minyak rosemary, dan sebagainya.

Menggunakan minyak alami sebagai perawatan rambut juga dapat atasi kebotakan dini.

Minyak kelapa sendiri memang sudah sejak lama digunakan untuk perawatan rambut agar tumbuh lebih cepat, tebal, dan hitam alami.

5. Konsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian

5. Konsumsi makanan memenuhi kebutuhan nutrisi harian
Freepik

Hal penting yang tak boleh terlewat saat atasi kebotakan dini adalah mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Jika nutrisi tubuh terpenuhi maka tubuh dapat melakukan fungsinya secara optimal. Regenerasi sel baru juga akan terjadi setelah mendapatkan nutrisi yang cukup.

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat maka usaha untuk atasi kebotakan dini juga akan memberikan dampak yang baik bagi organ tubuh lainnya. Selain itu, cara di atas relatif lebih aman dilakukan karena penderita kebotakan memberikan treatment yang menyeluruh bagi kesehatan tubuh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.