5 Tips Membuat Kandang Kelinci yang Sederhana

Perhatikan 5 hal ini, Ma!

30 Agustus 2019

5 Tips Membuat Kandang Kelinci Sederhana
Unsplash/Misha Walker

Memelihara kelinci sering jadi pilihan bagi anak, terlebih jika Mama juga tergolong awam soal memelihara binatang. Kelinci makan tidak terlalu banyak dan dapat merawat dirinya sendiri.

Keuntungan lain, kelinci juga nggak memerlukan banyak ruang untuk bergerak. Mama bisa membebaskan mereka berkeliaran ke sana ke mari beberapa kali dalam seminggu.

Namun, Mama harus mengingatkan si Kecil soal keselamatan kelinci saat membiarkan kelinci-kelinci ini bermain di luar kandang. Apalagi, jika Mama juga memelihara hewan lain yang berukuran lebih besar di rumah, seperti kucing atau anjing.

Seberapa besar ukuran kandang kelinci di rumah semestinya bukan masalah. Mama hanya perlu mengingat bahwa kelinci membutuhkan kandang yang cukup untuk ia tinggal dan berlatih. Jadi, kelinci bisa bergerak bebas meski berada dalam kandang.

Lalu, bagaimana cara membuat kandang kelinci sederhana dan mudah? Simak penjelasan Popmama.comberikut ini!

1. Ukur panjang, lebar, dan tinggi kandang secara detail

1. Ukur panjang, lebar, tinggi kandang secara detail
Unsplash/Lexim Photo

Dilansir dari situs meowlogy, terdapat beberapa kriteria ukuran kandang kelinci yang perlu dipenuhi.

Luas ruang minimum, terdiri dari living space (min. 1,1 m2) dan exercise space (min. 3 m2). Dimensi minimum kandang, diperoleh dengan cara:

  • Lebar, dari rentang tubuh maksimal kelinci saat meregangkan tubuhnya (sekitar 60-90 cm)
  • Panjang, dari jarak 3-4 lompatan. Satu lompatan kelinci rata-rata berkisar antara 45-60 cm
  • Tinggi, diukur dari posisi berdiri kelinci dengan kedua kaki. Pastikan kepalanya tidak menyentuh langit-langit kandang, ukuran rata-rata 60-90 cm.

Setelah Mama mengetahui ukuran minimum kandang yang dibutuhkan, Mama baru bisa memilih rancangan kandang yang diinginkan.

Editors' Picks

2. Pilih material yang mudah dikerjakan

2. Pilih material mudah dikerjakan
Pexels/Rawpixel

Setelah mengetahui ukuran kandang yang tepat untuk kelinci peliharaan di rumah, Mama bisa memilih material kandang. Kira-kira material mana yang mudah Mama kerjakan sendiri bersama Papa dan si Kecil?

Ada beberapa material yang cukup mudah pengerjaannya. Mulai dari kardus, barang bekas, bambu, kayu, dan kawat. Masing-masing punya tingkat kesulitan tersendiri, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

3. Pertimbangkan penempatan kandang

3. Pertimbangkan penempatan kandang
therabbithouse.com

Mama juga perlu mempertimbangkan akan diletakkan di mana kandang tersebut, di dalam rumah atau di luar rumah?

Untuk penempatan kandang dalam rumah, pilihan material kandang kawat yang ditumpuk-tumpuk menyerupai rak bisa jadi alternatif.

Mama bisa membeli kandang kawat kubus dan menggabungkan beberapa kandang kawat sekaligus untuk membuat kandang kelinci.

Tambahkan seluncuran atau tangga, serta beberapa alat yang bisa jadi sarana bermain kelinci kesayangan Mama sekeluarga.

Sementara, jika Mama ingin menaruh di luar rumah, kombinasi material kayu, kawat, dan asbes cocok untuk menjaga sirkulasi udara dalam kandang. Kelinci juga tidak akan kedinginan maupun kepanasan.

4. Pilih kandang model bertingkat atau tidak?

4. Pilih kandang model bertingkat atau tidak
rogueengineer.com

Bagaimana dengan luas lahan di rumah, apakah cukup mumpuni untuk membuat kandang komplit dengan arena bermain kelinci atau hanya tempat tinggalnya saja?

Contoh, kalau rumah Mama punya lahan terbatas, kandang kelinci bertingkat justru lebih cocok karena tidak memakan banyak ruang. Itu juga tergantung dengan jenis dan jumlah kelinci yang Mama pelihara.

Jika Mama mempunyai lebih dari dua ekor kelinci, model tingkat dengan beberapa “kabin” kecil di dalamnya boleh jadi pilihan.

Hanya saja untuk membuat sendiri kandang model ini butuh keahlian khusus. Kecuali Mama atau Papa memang ahli pertukangan, Mama bisa meminta bantuan tukang kayu untuk membuat kandang kelinci model ini.

5. Perhitungkan juga soal bujet

5. Perhitungkan juga soal bujet
Pexels/Pixabay

Meski merawat kelinci tidak lantas menguras bujet Mama, ada baiknya tetap memperhitungkan dengan saksama berapa besaran dana yang Mama alokasikan untuk membuat kandang kelinci.

Harga material pilihan tentu tidak sama satu sama lain. Belum ditambah dengan printilan seperti paku, engsel, dan pegangan pintu kandang.

Jangan sampai Mama terlalu fokus pada rancangan kandang kelinci dan lupa menghitung besaran dana yang dibutuhkan.

Demikian cara membuat kandang kelinci sederhana di rumah. Boleh juga ini jadi proyek akhir pekan bersama Papa dan si Kecil. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.