5 Cara Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Jaket Kulit

Jaket kulit favoritmu terbuat dari bahan apa?

5 Maret 2019

5 Cara Mengatasi Bau Tak Sedap Jaket Kulit
Freepik/javi_indy

Apakah kamu selalu mengandalkan jaket kulit di setiap fashionmu? Nah, biasanya jaket kulit dibuat dari kulit sapi, domba atau kulit sintetis. Sementara jaket kulit selalu memiliki nilai lebih bukan. Salah satunya terlihat lebih stylish bagi siapa saja yang memakainya.

Selain itu jaket kulit bahannya mampu menahan angin sehinga tidak tembus ke tubuh dan juga lebih tahan lama. Tapi sayangnya apabila kamu tidak bisa merawat jaket kulit dengan baik, maka mengakibatkan jaket kulit kamu menjadi bau tidak sedap.

Saat jaket kulitmu mulai tercium bau aroma tidak sedap, Popmama.com telah merangkum lima cara menghilangkan bau pada jaket kulit. Langsung simak ulasannya, yuk!

1. Saat terkena air langsung dikeringkan

1. Saat terkena air langsung dikeringkan
Freepik/mrsiraphol

Sebagai poin pertama saat mendapati jaketmu mulai tercium aroma tak sedap, kamu pun harus memerhatikan dalam cara yang tepat.

Cara menghilangkan bau jaket kulit yaitu dengan selalu mengeringkan jaket setelah terkena air.

Jika jaket kulit kamu kebasahan karena terkena air hujan atau cairan, maka kamu harus segera mengeringkannya saat itu juga.

Kamu bisa langsung menjemur jaket dengan diangin-anginkan di dalam rumah. Sebaiknya hindari jaket terkena sinar matahari secara langsung. Sebab jika dibiarkan, jaket kulit kesayanganmu nantinya malah jadi bau dan berjamur.

2. Gunakan pembersih khusus

2. Gunakan pembersih khusus
Freepik/kstudio

Saat jaket kulitmu sudah mulai bau dan tidak dapat kamu pakai sementara waktu, maka solusinya adalah menggunakan pembersih khusus.

Gunakan pembersih jaket kulit yang kamu dapat beli produknya di toko sepatu kulit, toko khusus menjual kulit, toko sepatu hingga di toko peralatan rumah tangga.

Bentuk produknya pun berbagai macam, yakni ada yang berupa cairan, cream dan gel. Sementara cara menggunakannya ialah hanya memakai kain bersih untuk menyeka jaketnya.

Lalu cairan pembersih jaket kulit tersebut akan mengangkat bau tak sedap, melindungi dari kerusakan dan membuat warnanya tetap seperti aslinya.

Editors' Picks

3. Bersihkan dengan larutan cuka

3. Bersihkan larutan cuka
Freepik/Rawpixel.com

Jika kamu tidak menemukan cairan khusus pembersih jaket kulit, jangan khawatir.

Kamu bisa menggunakan cara lain untuk membersihkan jaket kulit kesayanganmu.

Kamu dapat memakai cuka untuk membersihkan jaket kulit. Sebab kandungan asam dalam cuka mampu menetralkan bau tak sedap yang menempel di jaket.

Pilihlah white vinegar (cuka putih) atau apple vinegar (cuka apel) dalam mengaplikasikannya ke jaket kulitmu.

Kamu bisa melarutkan cuka dengan air terlebih dahulu dengan perbandingan 1:1, kemudian ambil sedikit larutannya dan mengusapkannya pada bagian dalam jaket kulit.

Sementar untuk mengantisipasi larutan cuka cocok atau tidak cocok dengan jaket kulit, kamu bisa mengusapnya sedikit dahulu dan melihat perubahan warna atau keretakan bahan dasar pada jaketnya.

Kamu bisa melanjutkan proses pembersihan dengan larutan cuka ini jika tidak terjadi sesuatu.

Namun apabila jaket kulitmu benar-benar sudah tercium aroma yang sangat tidak enak, yang harus kamu lakukan ialah membasahi seluruh permukaan jaket kulit dengan larutan cuka.

Lalu diamkan kurang lebih 5 sampai10 menit. Jika sudah mengelap bagian jaketnya hingga keseluruhan dan angin-anginkan jaketnya.

4. Gunakan soda kue

4. Gunakan soda kue
Freepik

Biasanya jaket kulit terdapat efek bau apek karena seringnya terkena keringat, asap rokok, debu, air hujan, hingga jamur.

Hal ini tentunya membuat kamu tidak nyaman saat memakainya, terutama orang yang di dekatmu.

Sementara jaket kulit tidak boleh dicuci dengan sembarangan, karena bisa merusak tekstur permukaan kulitnya.

Maka kamu harus memberi perhatian khusus untuk menghilangkan bau apek pada jaket kulit. Cara menghilangkan bau jaket kulit selanjutnya adalah dengan memanfaatkan soda kue.

Larutkan soda kue dengan air, lalu sapukan larutan soda kue tersebut pada jaket kulit. Sebab soda kue dipercaya mengandung zat yang mampu menyerap bau tak sedap.

5. Memberi pelembab khusus

5. Memberi pelembab khusus
Freepik/pressahotkey

Tahukah kamu? Kalau jaket kulit juga memerlukan pelembab, lho. Nah, cara menghilangkan bau tidak sedap pada jaket kulit ialah dengan memberi pelembab setiap kali kamu setelah membersihkannya.

Di mana pelembab kulit dapat membantu menghilangkan bau dan memelihara warna jaket kulit kesayanganmu.

Kamu dapat membeli lotion khusus untuk merawat jaket kulit. Dengan memakai pelembab khusus berupa lotion atau spray anti jamur maka dapat menjaga elastisitas permukaan pada jaket kulitmu.

Selain itu produk spray pembersih jaket kulit memiliki aroma pewangi yang dapat mengharumkan jaket.

Sebaiknya hindari penyimpanan jaket kulit di lemari yang pengap dan tidak mendapatkan sirkulasi udara, ya!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!