Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Foto Alshad Ahmad Belajar Pijat dan Menyusui Bayi Harimau

Alshad Ahmad diajarkan langsung oleh ahlinya yang berasal dari Afrika

29 November 2022

7 Foto Alshad Ahmad Belajar Pijat Menyusui Bayi Harimau
Instagram.com/alshadahmad & Youtube.com/Alshad Ahmad

Alshad Ahmad belajar pijat dan menyusui bayi harimau yang merupakan anak dari dua harimau miliknya, Ehsan dan Jinora. Satu ekor bayi harimau tersebut lahir pada 3 November 2022 dan di hari ke tiga kondisi bayi harimau tersebut masih stabil. 

Sebelumnya, Jinora sempat melahirkan dua ekor bayi harimau, namun tak selamat karena perawatan dari sang induk yang tidak maksimal. Oleh karenanya, kali ini Alshad berusaha merawat bayi harimau tersebut agar tetap berkembang dengan sehat. 

Dalam memijat dan menyusui bayi harimau ini Alshad diajarkan oleh seorang perempuan dari Afrika yang disapa dengan panggilan The Expert. Tak hanya Alshad, para pegawai atau keeper juga diberikan arahan terkait cara merawat bayi harimau tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa foto Alshad Ahmad belajar pijat dan menyusui bayi harimau yang telah Popmama.com rangkum dilansir dari kanal YouTube Alshad Ahmad. 

1. Dalam pantauan 'The Expert', Alshad memberikan susu kepada bayi harimau

1. Dalam pantauan 'The Expert', Alshad memberikan susu kepada bayi harimau
Youtube.com/Alshad Ahmad

Dalam merawat bayi harimau ini Alshad dan para pegawainya diajari oleh ahlinya yang berasal dari Afrika. Demi menjaga privasi sang ahli, Alshad memanggilnya dengan sebutan 'The Expert'.

Pertama kali sang ahli memberikan arahan tentang cara memberikan susu kepada bayi harimau. Terlihat bayi harimau tersebut dipangku oleh Alshad menggunakan handuk dan diberi susu menggunakan botol bayi berukuran kecil. 

2. Perawatan bayi harimau dilakukan oleh Alshad demi membantu induknya

2. Perawatan bayi harimau dilakukan oleh Alshad demi membantu induknya
Youtube.com/Alshad Ahmad

Perawatan bayi harimau yang dilakukan oleh Alshad bukan karena ingin menjauhkannya dari Jinora yang merupakan induknya. Justru dia ingin membantu Jinora yang tak mengetahui cara untuk merawat sang anak. 

Beberapa waktu ke belakang, Jinora sempat memiliki dua ekor anak harimau, namun keduanya meninggal lantaran dia tak mengetahui cara merawat anak-anaknya tersebut. 

"Jadi gue nggak nyalahin, gue bantuin Jinora biar anaknya selamat dan selama ini kan yang dua kali sebelumnya nggak selamat. Nah, yang ke tiga kali ini semoga selamat guys," tutur Alshad. 

Editors' Picks

3. Masih adaptasi, bayi harimau masih sedikit berontak

3. Masih adaptasi, bayi harimau masih sedikit berontak
Youtube.com/Alshad Ahmad

Saat sedang minum susu, bayi harimau terlihat sedikit berontak dengan menggerakkan kedua kakinya. Hal itu bukanlah suatu respons untuk melarikan diri, tetapi memang respons alami bayi harimau untuk merangsang susu pada perut induknya. 

Para pegawai Alshad juga belajar untuk memberikan susu untuk bayi harimau. Dikarenakan masih adaptasi, bayi harimau juga akan sedikit berontak saat mengenali tangan antar pegawai. 

"Kecil-kecil nih belum bisa melek, tapi dia tau siapa yang megang. Dari baunya, dari cara megangnya, sentuhannya dia bisa tau kata Expertnya gitu. Sesensitif itu bayi harimau," ungkap Alshad. 

4. Bayi harimau milik Alshad diberikan cara perawatan yang berbeda

4. Bayi harimau milik Alshad diberikan cara perawatan berbeda
Youtube.com/Alshad Ahmad

Menurut salah satu pegawai Alshad yang sudah berpengalaman, cara merawat bayi harimau ini memiliki beberapa perbedaan. Biasanya dia akan mengembalikkan bayi harimau ke inkubator setelah diberikan susu dan bersendawa.

Kali ini bayi harimau milik Alshad dirawat seakan berada di alam sesungguhnya dan memperlakukan bayi harimau tersebut layaknya sedang bersama sang induk.

"Tapi yang ini berbeda, tanpa sarung tangan, tanpa inkubator. Kita lihat alam, di alam tidak adak inkubator, di alam tidak ada sarung tangan Harus kulit, harus hangat, harus bersentuhan langsung. Induknya harus tetap bersama anaknya selama 3 hari siang dan malam, induk tidak akan bergerak dia akan tetap bersama anaknya," ungkap sang Expert. 

5. Merangsang bayi harimau untuk buang air kecil dan besar

5. Merangsang bayi harimau buang air kecil besar
Youtube.com/Alshad Ahmad

Wajib untuk membantu bayi harimau untuk buang air kecil dan besar dengan cara memberinya rangsangan di area tempat keluarnya kotoran . Hal ini dilakukan setelah bayi harimau menghabiskan susu yang telah diberikan. 

Momen tak terduga terjadi ketika Alshad sedang memijat perut bayi harimau. Pada saat itu bayi harimau tersebut justru buang air besar dan kotorannya langsung jatuh ke tangan Alshad. 

Tidak lupa untuk membersihkan kotoran di sekitar tubuh bayi harimau menggunakan tisu yang lembut. Pastikan juga saat membersihkan tidak ada kotoran yang tersisa di area tempat keluarnya kotoran. 

6. Memijat perut bayi harimau agar bersendawa

6. Memijat perut bayi harimau agar bersendawa
Youtube.com/Alshad Ahmad

Salah satu hal wajib yang dilakukan setelah menyusui bayi harimau adalah memijat bagian perutnya. Hal ini dilakukan agar bayi harimau bisa bersendawa, mengeluarkan angin dari perutnya. 

"Dan gosok, itu juga bagus. Jangan ditekan, tegas saja. Tapi dia suka dipok-pok," kata sang Expert memberikan arahan agar bayi harimau bersendawa. Untuk memijat bayi harimau ini diperlukan sedikit tenaga, agar lebih cepat bersendawa. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mendengarkan suara perut bayi harimau. Apabila masih terdengar seperti suara gendang berarti di dalam perut bayi harimau masih terdapat angin, sehingga harus dipastikan sampai seluruh angin keluar dari perut. 

Fungsi sendawa ini ialah mengeluarkan gas yang berlebih di dalam lambung. Jika gas tidak dikeluarkan akan menyebabkan sesak napas yang diakibatkan oleh diafragma terdorong oleh gas. 

Bayi harimau akan berontak hingga berteriak ketika merasa angin dalam perutnya akan keluar. Respons tersebut merupakan hal yang normal saat bayi harimau ingin bersendawa. 

7. Mama Alshad juga mencoba menggendong bayi harimau

7. Mama Alshad juga mencoba menggendong bayi harimau
Youtube.com/Alshad Ahmad

Mama Alshad Ahmad yakni Yanti Dwiarti tak takut untuk menggendong bayi harimau tersebut. Sama seperti sang anak, dia terlihat luwes saat menggendong dan memangku bayi harimau. 

Bayi harimau nampak dibalut dengan handuk kecil dan nyaman berada di pangkuan Mama Alshad. Kalau Mama berani juga nggak nih untuk menggendong bayi harimau?

Nah, itulah tadi foto Alshad Ahmad belajar pijat dan menyusui bayi harimau. Semoga bayi harimau milik Alshad berhasil tumbuh dengan sehat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk