5 Cara Merawat Karpet agar Awet dan Tetap Bersih, Mudah Kok!

membersihkannya secara rutin ternyata tidak cukup, Ma

28 Februari 2021

5 Cara Merawat Karpet agar Awet Tetap Bersih, Mudah Kok
alicdn.com

Karpet bisa menjadi pemanis ruangan namun jika tidak dirawat, malah bisa jadi sumber masalah. Popmama.com punya cara merawat karpet agar awet dan bersih. 

Seringnya, karpet ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Selain karena coraknya yang memperindah ruangan, karpet juga bisa menambah rasa nyaman di rumah. 

Sayangnya, tidak banyak orang yang benar-benar memerhatikan kebersihan karpet. Hasilnya, karpet lebih cepat kotor dan lusuh sehingga harus lebih sering diganti. 

Agar tidak melakukan kesalahan yang sama, inilah beberapa cara merawat karpet agar tetap awet dan bersih. 

1. Perhatikan saat ingin menginjak karpet

1. Perhatikan saat ingin menginjak karpet
Freepik/Nitipong168

Seringnya, banyak orang menganggap karpet sebagai keset. Saat kaki basah atau sedikit kotor, mereka akan lari ke karpet dan mengusapnya di sana. 

Hal ini membuat karpet cepat kotor dan lusuh. 

Agar lebih awet, sebaiknya perhatikan lagi sebelum menginjak karpet. Hindari menginjak dalam keadaan kaki yang basah apalagi kotor.

Agar lebih aman, kamu bisa menempatkan keset di dekat karpet agar yang datang bisa bersihkan kaki di keset terlebih dahulu. 

Editors' Picks

2. Bersihkan noda dengan segera

2. Bersihkan noda segera
porterscleaning.com

Saat menghabiskan waktu di karpet, biasanya ada saja kejadian seperti minuman atau makanan yang tumpah. Jika memang terjadi, segera bersihkan nodanya. 

Jika didiamkan terlalu lama, maka nodanya akan semakin sulit hilang. 

Nah, untuk membersihkannya, jangan mengelap ke kiri kanan karena bisa memperluas area noda. Namun tekan-tekan dengan lap bersih dan kering. 

Kemudian, gunakan pembersih karpet yang aman dan ampuh menghilangkan noda. 

3. Bersihkan secara berkala

3. Bersihkan secara berkala
Freepik/Yanalya

Jika karpet sering jadi tempat untuk bermain anak atau berkumpul keluarga, maka harus dibersihkan secara berkala. Saat malam atau pagi hari, lakukan vacuum dan ulangi setiap hari. 

Untuk pencucian karpet, setidaknya lakukan 6 bulan sekali jika sering digunakan dan 1 tahun sekali jika tidak terlalu sering digunakan.

4. Cuci di tempat yang terpercaya

4. Cuci tempat terpercaya
Pixabay/webandi

Salah satu cara aman menjaga keawetan karpet adalah mencucinya dengan benar. Jika dirasa tidak bisa mencucinya sendiri, boleh mencari jasa cuci karpet. 

Namun jangan asal murah, harus yang berkualitas dan terpercaya. Jangan sampai menyesal karena hasil cucinya tidak bersih atau malah membuat karpet jadi rusak. 

5. Simpan di tempat yang tepat

5. Simpan tempat tepat
Pixabay/Pexels

Jika tidak sedang digunakan, jangan asal melipat atau menggulungnya. Namun pastikan untuk melapisinya dengan pelindung seperti sarung karpet atau plastik. 

Selain itu, perhatikan juga di mana tempat penyimpanannya. Hindari menyimpan di tempat yang lembab karena bisa berpotensi tumbuhnya jamur. 

Juga jangan menyimpan di area yang kotor karena bisa dirusak oleh hewan pengerat dan serangga. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan dan kebersihan karpet. Semoga berguna!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.