Belajar Bikin Masakan Ala Mertua Akan Sukses dengan 5 Cara Ini

Papa pasti jadi makin sayang, Ma

27 April 2021

Belajar Bikin Masakan Ala Mertua Akan Sukses 5 Cara Ini
Shutterstock/Rawpixel.com

Sesibuk-sibuknya Papa kerja di kantor, pasti ia rela menyempatkan untuk buka puasa bersama keluarga. Inilah saat yang tepat untuk Mama menyiapkan menu masakan spesial kesukaan Papa. Apalagi kalau bukan, resep masakan ibu mertua.

Kali ini, Mama nggak bakal gagal bikin deh. Asalkan, Mama ikuti cara-cara berikut ini ya. Pasti Papa dan anak-anak bangga banget sama Mama!

1. Cek persiapan mertua sebelum memasak

1. Cek persiapan mertua sebelum memasak
Shutterstock/Hananeko_Studio

Persiapan ini bisa diketahui saat Mama sedang berkunjung ke rumah mertua ya. Ketika ibu mertua sedang sibuk di dapur, Mama bisa langsung menghampiri dan menawarkan bantuan.

Di momen inilah, Mama sebenarnya bisa melihat secara langsung persiapan yang dilakukan. Mulai dari teknik mencuci sayuran dan buah supaya lebih bersih, membersihkan daging atau ayam dengan benar, dan lain sebagainya. Persiapan ini penting untuk menjaga kehigienisan masakan lho Ma!

Editors' Picks

2. Perhatikan teknik memasak yang dipakai

2. Perhatikan teknik memasak dipakai
Shutterstock/Dragon Images

Langkah selanjutnya, Mama bisa perhatikan teknik memasak yang dilakukan ibu mertua. Untuk masakan tertentu, pasti setiap orang punya cara yang berbeda-beda, termasuk ibu mertua. Meski sama, belum tentu rasanya pun sama lho!

Jadi, demi mendapatkan cita rasa yang sesuai, usahakan jangan mengubah teknik memasaknya, Ma. Misalnya, untuk daging yang seharusnya dipresto, tapi Mama hanya merebusnya. Alhasil, tekstur daging yang dimasak pasti akan berbeda. Percaya deh!

3. Catat dengan detail resep masakan dan bumbunya

3. Catat detail resep masakan bumbunya
Shutterstock/JooFotia

Ini tahapan yang paling penting Ma, agar hasil masakan yang dibuat bisa mirip dengan masakan ibu mertua. Catat dengan detail resep masakannya, biasanya ibu mertua punya resep rahasia atau resep turun temurun dari keluarga besarnya lho. Wah, kalau Mama bisa bikin resep masakan ini, Papa pasti bakal senang deh.

Selain resep masakan, Mama juga harus perhatikan bumbu yang digunakan. Misalnya untuk kecap manis, jika ibu mertua memakai Kecap Sedaap, Mama juga bisa memakai kecap yang sama ya, agar rasa masakannya bisa mirip 100%. 

Oh iya, Mama nggak perlu ragu lho sama cita rasa Kecap Sedaap. Sebab, kecap ini terbuat dari bahan-bahan alami bermutu tinggi, dan berasal dari biji kacang kedelai pilihan dengan kualitas terbaik. Nggak hanya itu, Kecap Sedaap juga diolah dengan natural fermentasi, serta penyaringan multifiltrasi yaitu 3x penyaringan serta melalui proses produksi dan pengemasan yang higienis.

Kecap Sedaap juga punya rasa yang lebih gurih, kental dan mudah meresap ke dalam segala jenis masakan lho. Pastinya, bikin masakan Mama bisa jadi lebih enak dan sedap! Sudah pakai Kecap Sedaap di rumah belum, Ma?

4. Peralatan masak yang digunakan juga harus ada

4. Peralatan masak digunakan juga harus ada
Shutterstock/mangpor2004

Peralatan masak yang dipakai oleh ibu mertua juga jadi salah satu kunci. Misalnya, ibu mertua masih menggunakan cobek dan ulekan untuk menghaluskan bumbu, itu tandanya Mama harus ikuti setiap prosesnya.

Memang, saat ini sudah banyak peralatan masak yang lebih canggih, seperti blender atau chopper untuk menghaluskan bumbu. Tapi, untuk membuat masakan ala mertua, Mama juga harus butuh usaha yang lebih ya, agar rasa yang dihasilkan bisa sama.

5. Cicip dan ingat-ingat rasa masakannya, harus konsisten

5. Cicip ingat-ingat rasa masakannya, harus konsisten
Shutterstock/JooFotia

Langkah yang terakhir, Mama bisa mencicipi masakannya dan mengingat-ingat rasanya. Hal ini menjadi hal yang nggak kalah penting. Soalnya, kalau hanya memiliki resepnya dan tidak tahu rasanya, Mama akan kesulitan lho. Dengan mencicipi, setidaknya Mama sudah punya gambaran bagaimana rasa masakan ala mertua versi original. 

Kalau Mama mengikuti semua tips di atas, Popmama.com yakin banget Mama pasti bakal berhasil! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.