Tips Dekorasi Rumah dengan Furnitur Kayu agar Terlihat Estetik

Yuk, dekorasi rumah jadi lebih estetik dengan furnitur kayu!

2 Juni 2021

Tips Dekorasi Rumah Furnitur Kayu agar Terlihat Estetik
Freepik/vanitjan

Furnitur berbahan dasar kayu merupakan pilihan yang tepat untuk dekorasi ruangan. Terutama jika Mama ingin menciptakan suasana yang hangat, ramah dan nyaman di rumah. 

Ada alasan mengapa elemen kayu banyak diminati untuk diterapkan dalam interior rumah. Hal ini karena kayu selalu cocok dengan berbagai konsep desain rumah, misalnya konsep estetik, elegan atau klasik. Selain itu, perpaduan yang bagus antara tekstur, warna dan corak kayu dapat mempercantik tampilan ruangan. 

Namun, pada kenyataannya tak mudah untuk menerapkan elemen kayu pada interior rumah. Terutama jika Mama ingin menerapkan konsep estetik, jika kita melakukan kesalahan kecil saat mendesain, tampilannya jadi tidak proporsional dan mengurangi nilai estetika ruangan tersebut. 

Nah, jika Mama tertarik untuk mendekorasi rumah dengan furnitur kayu. Berikut Popmama.com akan membagikan beberapa tips untuk Mama.

Disimak ya, Ma! 

1. Jangan menempatkan banyak furnitur kayu sekaligus 

1. Jangan menempatkan banyak furnitur kayu sekaligus 
timesofindia.indiatimes.com

Mama mungkin sangat suka dengan interior berbahan dasar kayu, namun jangan berlebihan saat mengaplikasikannya. 

Beberapa furnitur seperti meja, kabinet TV dan rak-rak untuk memajang dekorasi yang ada di ruang keluarga, sebaiknya tidak semuanya terbuat dari kayu. 

Hal ini akan membuat tampilan rumah terlihat monoton atau membosankan. Mama bisa menggunakan meja dari kayu yang dipadukan dengan sofa busa yang empuk. 

Editors' Picks

2. Aplikasikan pola dan warna kayu yang berbeda 

2. Aplikasikan pola warna kayu berbeda 
pexels/andrea-davis

Perpaduan antara pola dan warna kayu yang berbeda dapat mempercantik tampilan ruangan. Terutama untuk lantai kayu, agar tidak monoton atau membosankan sebaiknya Mama menerapkan pola berbeda antara ruangan satu dengan ruangan lainnya. Misalnya pola horizontal untuk ruangan yang memanjang agar terlihat lega. 

Selain itu, pilih warna yang tepat. Ada berbagai jenis warna kayu. Jika Mama ingin suasana rumah tampak hangat, bisa memakai kayu yang berwarna seperti madu. Sementara itu, jika ingin tampilan antik dan klasis bisa memakai warna kayu lebih gelap. 

3. Pertimbangkan untuk memakai kayu berwarna putih 

3. Pertimbangkan memakai kayu berwarna putih 
timesofindia.indiatimes.com

Tidak semua kayu berwarna cokelat, Mama bisa mempertimbangkan untuk memakai kayu berwarna putih. Selain furnitur, Mama dapat mengubah lantai kayu jadi berwarna putih. Interior kayu putih ini dapat membuat tampilan rumah semakin cantik dan estetik. 

4. Tetapkan fokus utama dalam ruangan 

4. Tetapkan fokus utama dalam ruangan 
akamaihd.net

Ketika ada terlalu banyak elemen kayu dalam sebuah ruangan, hal ini membuat ruangan jadi tidak proporsional. 

Pilihlah satu furnitur kayu dengan pola atau warna yang unik, kemudian Mama bisa membuatnya jadi titik fokus yang ingin ditonjolkan dalam ruangan itu.

Nah Ma, itulah beberapa tips mendekorasi rumah dengan furnitur kayu. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk Mama dan keluarga!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.