TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Nat Keramik yang Jarang Diketahui

Meski memiliki banyak manfaat, nat keramik juga bisa rusak karena berbagai faktor

14 Agustus 2022

5 Fakta Nat Keramik Jarang Diketahui
Pexels/Henry & Co.

Nat keramik merupakan hal yang penting untuk mengisi celah antar keramik. Perannya besar bagi lantai dan keramik itu sendiri.

Di samping fakta-fakta umum terkait nat keramik yang meliputi manfaat dan teknik pemasangan, ada beberapa fakta nat keramik yang jarang diketahui. Padahal, penting untuk mengetahui semua fakta-fakta nat keramik sebagai informasi agar kualitasnya tetap terjaga.

Berikut Popmama.com teleh merangkum beberapa fakta nat keramik yang jarang diketahui orang.

Kira-kira apa saja ya, Ma?

1. Bukan hanya sekadar perekat ubin

1. Bukan ha sekadar perekat ubin
Pexels/Plato Terentey

Nat keramik tidak hanya berperan sebagai perekat lantai. Ada beberapa manfaat dari keberadaan nat keramik, di antaranya ialah mampu menghambat pemuaian dan menentukan kekuatan keramik, mencegah rembesan air, dan menghalangi hewan kecil terutama serangga yang masuk.

Selain itu, nat keramik juga bisa menambah estetika ruangan karena warnanya yang tak monoton, bisa disesuaikan dengan warna ubin keramik.

Tampilannya yang membuat lantai tampak halus dan rapi, sehingga menambah kenyamanan pada lantai bagi penghuni rumah.

Editors' Picks

2. Bermanfaat, namun juga bisa rusak

2. Bermanfaat, namun juga bisa rusak
Pexels/cottonbro

Meski bermanfaat, faktanya nat keramik juga bisa rusak. Biasanya, faktor yang membuatnya rusak ialah beban yang terlalu berat pada lantai.

Tidak hanya itu, pengggunaan cairan asam pada lantai juga dapat membuat nat keramik terkikis. Untuk mengurangi risiko terjadinya kerusakan, ada baiknya untuk memilih bahan nat keramik yang tahan terhadap asam.

3. Semen berwarna dapat bermasalah

3. Semen berwarna dapat bermasalah
Pexels/Magda Ehlers

Bahan semen nat keramik yang beraneka warna memang terlihat menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi estetika lantai.

Namun demikian, semen berwarna ini biasanya akan menimbulkan masalah kualitas, seperti misal sambungan yang mudah lepas. Adanya celah tersebut memudahkan kotoran hingga binatang kecil untuk bersarang di sana.

4. Bahan dipilih sesuai setiap ruangan

4. Bahan dipilih sesuai setiap ruangan
Pexels/Pixabay

Ada beragam bahan nat keramik yang bisa dipilih untuk lantai rumah. Satu hal yang pasti, yakni bahan nat keramik sebaiknya disesuaikan dengan masing-masing ruangan.

Untuk lantai kamar mandi dan kolam renang, nat harus terbuat dari bahan yang tahan air dan asam atau cairan kimia. Sementara itu, nat lantai dapur sebaiknya menggunakan bahan yang tahan panas dan mudah dibersihkan. Sedangkan untuk luar ruangan, nat harus tahan terhadap perubahan cuaca.

5. Teknik pemasangannya harus benar

5. Teknik pemasangan harus benar
Pexels/La Miko

Selain bahan yang kurang berkualitas dan faktor-faktor eksternal lain seperti perubahan cuaca dan suhu ruangan serta penggunaan cairan asam, hal yang merusak nat keramik sejak awal sebenarnya adalah ialah pemasangan.

Pemasangan nat keramik harus dilakukan dengan teknik yang benar, di antaranya lokasi luas yang tepat, penggunaan material yang tepat dengan tidak membuatnya secara manual, serta hal-hal lain yang juga berpengaruh terhadap kerapian dan kebersihan lantai.

Itulah beberapa fakta nat keramik yang jarang diketahui orang. Semoga bisa menjadi infomasi bermanfaat untuk Mama dan keluarga, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk