10 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Bikin Adem dan Sejuk

Selain adem, warna cat ini menghadirkan ketenangan di rumah

20 Mei 2024

10 Inspirasi Warna Cat Rumah Bikin Adem Sejuk
prestigedecoratinglondon.co.uk

Berbagai pilihan warna cat yang tersedia memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilik rumah. Mereka berlomba-lomba untuk mengecat huniannya semenarik mungkin agar selalu terasa baru dan fresh.

Namun, sering kali pemilik rumah kesulitan untuk menentukan warna cat yang tepat untuk kediamannya. Tak jarang mereka salah mengaplikasikan cat yang berujung hunian terasa panas dan kurang nyaman.

Mau tak mau, pemilik hunian kembali mengganti warna cat dan mencari pilihan lain agar rumah mereka terasa sejuk dan adem. Bukan hanya waktu, mereka pun rugi terhadap biaya yang dikeluarkan lebih dari satu kali.

Nah, kira-kira warna apa saja ya yang bisa bikin rumah terasa sejuk dan adem? Kali ini Popmama.com telah merangkum untukmu beberapa inspirasi warna cat rumah yang bikin adem dan sejuk.

Tak perlu lama-lama lagi, segera scroll layarmu untuk mendapat referensi warna cat yang adem, yuk!

1. Putih

1. Putih
Freepik/alexandercho

Warna putih menjadi salah satu warna yang banyak dipilih oleh pemilik rumah. Hal ini karena warna putih tergolong warna netral yang dapat dipadukan untuk setiap tema rumah.

Warna putih sendiri termasuk warna yang cukup terang hingga dapat memantulkan panas dan cahaya. Oleh karena itu, putih dinilai dapat memberi kesejukan serta meredakan stres bagi penghuni rumah.

Cat warna putih pun dapat membuat ruangan tampak lebih luas dan elegan, sehingga rumah akan terasa sejuk dan tenang. Biar lebih cantik, padukan warna putih dengan perabotan berwarna lain seperti abu-abu hingga cokelat muda.

2. Abu-Abu terang

2. Abu-Abu terang
Pexels/Max Vakhtbovych

Sama seperti putih, abu-abu terang dapat memantulkan cahaya serta panas berlebih. Umumnya, warna ini juga dapat dipadukan dengan warna putih, lho.

Warna abu-abu terang ini bisa membuat penghuni merasa lebih rileks dan santai saat berada di rumah. Tentunya, kondisi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin bersenda gurau bersama anggota keluarga.

3. Hijau

3. Hijau
Pinterest.com/Karla Erazo

Suasana alam tentunya biasa memberikan nuansa yang adem dan segar. Adapun warna-warna natural seperti hijau dapat menampilkan kesan alami yang rimbun.

Apabila diaplikasikan di dalam rumah, ruangan pastinya akan terasa lebih teduh layaknya sedang dikelilingi oleh suasana alam. Apalagi ingin menguatkan kesan alami, kamu bisa menambahkan tanama artifisial di sudut-sudut rumah ataupun di atas meja.

4. Cokelat

4. Cokelat
paintzen.com

Mirip seperti warna hijau, cokelat identik dengan dekorasi yang menyerupai warna kayu yang memberi kesan alami. Warna satu ini termasuk golongan earth tone, sehingga menegaskan kesan teduh.

Jika kamu tertarik mengaplikasikan warna ini, kamu bisa mengombinasikan dengan perabotan rumah berwarna cokelat lebih gelap atau berbahan dasar kayu agar semakin terasa adem.

Editors' Pick

5. Kuning pastel

5. Kuning pastel
Freepik/wuttichai1983

Banyak orang mengira jika warna kuning akan membuat rumah terasa silau dan mencolok. Tapi tenang, kamu bisa memilih warna kuning yang lebih soft dan teduh seperti kuning pastel.

Agar suasana kuning tidak terkesan ramai dan padat, disarankan untuk tidak memadukan dengan perabot serta dekorasi bertema senada. Akan lebih cocok jika menggabungkan dengan warna-warna gelap demi menjaga keseimbangan ruangan tersebut. 

6. Lilac

6. Lilac
Pexels/Max Vakhtbovych

Warna lilac identik dengan warna bunga yang memberi kesan manis dan feminim. Tetapi, warna ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menghadirkan suasana sejuk di dalam hunian.

Warna lilac dapat menampilkan kesan keceriaan yang akan membuat penghuninya merasa nyaman. Pilihan warna lilac dipercaya bisa mendatangkan kesan tenang dan hangat.

Warna lilac bisa kamu aplikasikan di kamar tidur, sehingga akan membuatmu lebih cepat beristirahat dengan tenang. Saat terbangun, kamu akan merasa suasana kamar yang terkesan elegan sekaligus sejuk.

7. Tosca

7. Tosca
Freepik/Vanitjan

Warna tosca umumnya jarang diaplikasikan untuk cat rumah karena dianggap terlalu mencolok. Walau begitu, tak ada salahnya untuk melabur rumahmu dengan warna tosca.

Warna ini ternyata bisa memberikan nuansa rumah yang sejuk, namun tetap mendatangkan keceriaan. Hal ini karena perpaduan warna hijau dan biru yang dikenal dengan warna-warna adem dan segar.

Oleh karena itu, warna tosca bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat hunianmu terasa sejuk dan tenang.

8. Krem

8. Krem
Pexels/Vecislavas Popa

Selain putih, krem juga menjadi pilihan banyak orang untuk mengecat dinding rumah mereka. Krem dinilai sebagai warna netral, sehingga membuat hunian lebih bersih.

Warna krem dapat mendatangkan kesejukan karena sifatnya yang bisa memantulkan cahaya dengan baik. Warna ini dapat memberi kesan luas dan terang saat digunakan di dalam ruangan. Sementara, warna krem di luar ruangan akan menampilkan nuansa elegan.

9. Oranye

9. Oranye
Freepik/wuttichai1983

Meski kelihatan cukup nyentrik, warna oranye rupanya jadi salah satu pilihan untuk menawarkan kesejukan di rumah, lho. Visual yang diberikan dari warna oranye menunjukkan kesan ceria dan energik dalam ruangan.

Selain itu, warna oranye dinilai dapat membangkitkan kreativitas serta memengaruhi suasana hati. Dengan demikian, warna oranye bisa menjadi pilihan untuk menghadirkan kesejukan serta ceria.

10. Biru langit

10. Biru langit
Pixabay/Ernest_Roy

Langit yang cerah tentunya menawarkan rasa tenang dan sejuk, sehingga membuat suasana semakin nyaman. Jika ingin merasakan pengalaman tersebut di rumah, kamu bisa mengaplikasikannya dengan warna biru langit.

Seperti halnya langit yang cerah, warna biru langit terasa sangat lembut dan menenangkan serta menghadirkan perasaan sejuk. Kamu bisa memadukannya dengan perabotan serta ornamen tanaman yang tepat agar lebih adem.

Itu tadi beberapa pilihan warna cat rumah yang bikin adem dan sejuk. Yuk, segera aplikasikan warna-warna di atas agar hunian kamu lebih nyaman dan sejuk, sehingga betah berlama-lama di rumah.

Baca juga:

The Latest