5 Tips Menciptakan Ruang Tamu Modern Bergaya Victoria

Ruang tamu bergaya modern selalu mempunyai daya tarik tersendiri

19 Juni 2021

5 Tips Menciptakan Ruang Tamu Modern Bergaya Victoria
Freepik/freepic.diller

Mungkin Mama baru mendengar ruang tamu bergaya Victoria atau Ratu Inggris Victoria. Mari cari tahu bersama terkait gaya ruang tamu ini ya, Ma.

Memang Ratu Inggris, Victoria memengaruhi hampir semua aspek kehidupan masyarakat, bahkan setelah ratusan tahun berikutnya, termasuk dekorasi ruang tamu Victoria.

Ruang tamu bergaya Victoria masih populer di era modern ini. Kenyamanan yang ditawarkan oleh dekorasi ini agar ruangan terkesan mewah, modern dan anti mainstream.

Jelas jika ingin mengikutinya perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit, namun kali ini Popmama.com akan membagikan beberapa tips sederhana untuk menciptakan ruang tamu modern bergaya Victoria

Apa Karakteristik dari Ruang Tamu Bergaya Victoria?

Apa Karakteristik dari Ruang Tamu Bergaya Victoria
Pexels/Mikhail Nilov

Desain ruang tamu bergaya Victoria hadir dengan karakteristik unik yang membuatnya tetap populer sepanjang tahun.

Dekorasi ruang tamu di era Victoria terutama menunjukkan perpaduan gaya yang antik. Itu juga menggunakan ornamen berlebihan dan furnitur berlapis kain.

Tidak hanya itu, ruang tamu bergaya era Victoria juga banyak menggunakan ukiran kayu yang dipajang dengan aksen emas, perak serta kuningan.

Mama juga akan menemukan banyak penggambaran burung, hewan serta bunga yang realistis dalam dekorasi. Semua item tersebut membuat dekorasi Victoria terlihat mewah dan nyaman.

Salah satu cara termudah untuk menghadirkan tampilan Victoria ke ruang tamu, yakni dengan menambahkan logam berkilau dengan desain rumit pada aksesori, bingkai foto serta perabotan.

Jadi, apa lagi yang bisa dilakukan untuk menata ruang tamu dengan desain Victoria? Simak tipsnya berikut ini ya, Ma!

1. Coba dengan furnitur dilapisi kain dan ukiran

1. Coba furnitur dilapisi kain ukiran
inacraftnews.com

Memang tidak 100 persen mirip dan seperti aslinya, apalagi barang-barangnya pun tidak dijual bebas di pasaran. Namun, Mama bisa siasati agar ruangan bisa tetap memberi kesan mewah.

Nah, perlu diketahui bahwa sebagian besar furnitur bergaya Victoria hadir dengan hiasan kayu yang dibalut dengan kain.

Sebagai alternatif, Mama dapat mengambil bagian tempat duduk berlapis kain bordir, beludru atau brokat. Sedangkan untuk meja, bisa memilih potongan ukiran, bambu imitasi atau splined dan berlapis marmer.

Editors' Picks

2. Gunakan nuansa gelap agar terlihat megah

2. Gunakan nuansa gelap agar terlihat megah
decoist.com

Ruang tamu bergaya Victoria biasanya identik dengan nuansa gelap atau berani dengan warna yang kaya.

Beberapa pilihan warna seperti merah, kuning, biru, ungu atau burgundy sering digunakan pada ruang tamu dengan desain Victoria. Jika ingin memasang potongan kayu di dalam ruangan, maka pastikan memilih yang berwarna gelap. 

3. Jendela yang ditambahi beberapa ornamen

3. Jendela ditambahi beberapa ornamen
Pixabay/Kirkandmimi

Jika sering menonton film dengan latar belakang era Victoria, Mama pasti akan menemukan bahwa rumah pada waktu itu dihiasi dengan jendela yang rumit.

Untuk mendekorasi ruang tamu dengan gaya Victoria, maka bisa menggunakan jendela seperti gorden yang menutup bagian atas jendela.

Kain yang digunakan terutama terbuat dari damask, brokat atau sutra. Untuk menambahkan lebih banyak hiasan ke jendela yang rumit, Mama dapat menambahkan kain dengan tali.

4. Menambahkan hiasan dinding

4. Menambahkan hiasan dinding
Pexels/Gashif Rheza

Hiasan dinding menjadi salah satu elemen kunci untuk berhasil menciptakan ruang tamu dengan gaya Victoria.

Pilihan dekorasi populer untuk desain ini termasuk melibatkan ornamen dan lengkungan yang dipasang di dinding. Sementara menambahkan hiasan dinding berupa bingkai foto besar, sehingga menambah kesan megah pada desain interior.

5. Tambahkan barang klasik

5. Tambahkan barang klasik
Pexels/ahmed-aqtai

Salah satu ciri yang menonjol dari gaya Victoria, yakni tampilan klasik yang tercipta dan tersaji di ruang tamu kita.

Itu bisa berbagai hal, misalnya menggantung lukisan atau foto kuno dalam bingkai kayu di dinding rumah untuk mendapatkan tampilan klasik.

Sebagai alternatif, bisa juga memasang lampu kristal klasik untuk menghiasi ruang tamu. Menggunakan aksesori klasik bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menciptakan ruang tamu bergaya Victoria di rumah lho.

Memang terkesan mewah, namun sebanding dengan hasil yang diciptakan dalam membuat kesan modern dan klasik di ruang tamu.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.