TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Aplikasi Desain Rumah di Android, Bisa Menciptakan Hunian Impian

Walaupun belum memiliki rumah, tidak ada salahnya untuk mulai merancang hunian impian sendiri

21 April 2022

7 Aplikasi Desain Rumah Android, Bisa Menciptakan Hunian Impian
Unsplash/Lycs

Memiliki hunian sendiri memang menjadi impian bagi banyak orang. Ketika Mama memiliki rumah sendiri, maka mempunyai kebebasan lebih untuk mengatur tata letak furnitur dan menentukan dekorasi rumah yang tepat. Itulah sebabnya, Mama perlu memiliki referensi sendiri mengenai desain rumah maupun ruangan-ruangan di setiap area rumah. 

Jika Mama bisa mengaplikasikan ide dekorasi menjadi kenyataan, maka rumah bisa terasa nyaman untuk ditinggali. Apabila Mama belum memiliki rumah, cobalah untuk mencari atau membuat desain rumah dari ponsel. 

Pasalnya, ada beberapa aplikasi desain rumah yang memudahkan pengguna untuk mencari ide atau mencoba mengaplikasikan ide dekorasi rumah.

Berikut Popmama.com merangkum tujuh aplikasi desain rumah yang bisa diunduh di Google Play Store dilansir dari laman Android Authority.

1. Floor Plan Creator

1. Floor Plan Creator
Unsplash/Rarchitecture_melbourne

Aplikasi Floor Plan Creator memungkinkan Mama merancang rumah, kamar, hingga lorong dengan pengukuran yang tepat.

Aplikasi ini cocok untuk mendesain rumah bertingkat dengan kalkulasi yang benar. Selain itu, aplikasi Floor Plan Creator pun memudahkan pemula untuk merancang rumah atau ruangan baru dan membuat ulang desain ruangan di rumah. 

Floor Plan Creator dilengkapi sejumlah fitur yang memudahkan Mama untuk membuat desain rumah seperti sinkronisasi cloud, view a la tour virtual, hingga mengekspor PDF dan gambar. Penggunaan aplikasi ini akan lebih mudah apabila Mama menggunakan Samsung S Pen atau mouse USB. 

2. Houzz

2. Houzz
Unsplash/Rarchitecture_melbourne

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yang bisa diunduh di ponsel berbasis Android ialah Houzz.

Aplikasi ini memiliki lebih dari 11 juta koleksi foto yang berkaitan dengan dekorasi rumah dan ruangan-ruangan di rumah. Mama bisa menyimpan foto-foto tersebut untuk dijadikan ide dekorasi rumah. 

Kelebihan lainnya dari aplikasi Houzz, yakni memiliki fitur sketsa. Fitur tersebut memungkinkan Mama untuk menggambar atau menyertakan keterangan foto dengan ide-ide sendiri. 

Tak hanya itu, ada juga fitur ulasan produk, sehingga Mama bisa mengetahui mana desain yang cocok untuk rumah sendiri. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur view my room yang terhubung ke kamera. Dengan begitu, gambaran desain rumah bisa terlihat semakin nyata. 

Editors' Picks

3. Home Design 3D

3. Home Design 3D
Unsplash/Rarchitecture_melbourne

Aplikasi Home Design 3D juga cukup sering digunakan oleh pengguna Android yang ingin mendesain ulang rumah. Aplikasi ini dilengkapi fitur yang bisa merancang, merenovasi, mendekor, hingga mengisi furnitur di rumah secara virtual. 

Home Design 3D juga menawarkan fitur tiga dimensi (3D) untuk memudahkan pengguna membayangkan desain rumah yang diinginkan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan saat offline, sehingga bisa dimanfaatkan kapan saja dan di mana saja. 

4. Homify

4. Homify
Unsplash/Rarchitecture_melbourne

Sebagian orang mungkin sudah familiar dengan aplikasi Homify. Aplikasi ini memang sering digunakan sebagai sumber inspirasi untuk perbaikan rumah karena menawarkan lebih dari 1,5 juta foto dari berbagai desain interior dan arsitektur. 

Mama bisa menyimpan desain rumah favorit hingga mengetahui tren terbaru dari dekorasi rumah. Aplikasi ini juga memungkinkan Mama untuk mengetahui dekorator rumah, desainer interior, hingga profesional lain yang berkaitan dengan desain rumah.

5. Planner 5D

5. Planner 5D
Unsplash/Rarchitecture_melbourne

Aplikasi Planner 5D merupakan aplikasi desain rumah yang memiliki banyak kelebihan dibanding aplikasi-aplikasi lainnya. Planner 5D memungkinkan pengguna untuk menggambar rumah maupun kamar dalam bentuk 2D atau 3D.

Selanjutnya, Mama bisa mengisi rumah dan kamar dengan furnitur dan barang-barang dekoratif. Aplikasi ini memudahkan Mama untuk menentukan desain yang tepat untuk diaplikasikan di rumah. 

Walaupun memiliki fitur yang lebih lengkap, pengguna harus membayar lebih mahal untuk menggunakan aplikasi ini yakni sekitar USD 2,99 per bulan. 

6. Magicplan

6. Magicplan
Unsplash/Rarchitecture_melbourne

Aplikasi Magicplan sangat cocok untuk Mama yang ingin merenovasi rumah. Aplikasi ini memungkinkan mama untuk mendesain rumah dengan metode scan dari kamera. Hasil scan dapat disimpan dalam bentuk jpg, pdf, png, dan format lainnya sesuai kebutuhan. 

Selain itu, Mama juga bisa menambahkan lebih dari 1.000 item ke dalam rancangan dekorasi rumah sekaligus mengatur tata letak furnitur secara mudah. Aplikasi Magicplan ini juga kompatibel dengan AutoCAD dan Chief Architect. 

7. Roomle

7. Roomle
Unsplash/Rarchitecture_melbourne

Rekomendasi aplikasi yang terakhir, yakni Roomle. Aplikasi ini bisa membantu Mama mendesain rumah dengan tampilan berbasis website. 

Jadi, aplikasi ini bisa dijadikan opsi menarik untuk Mama yang terbiasa dengan tampilan website dan ingin mendesain rumah secara fleksibel melalui ponsel. Mama pun tidak memerlukan pembaruan khusus untuk menggunakan aplikasi ini. 

Walaupun memiliki rumah masih berproses atau impian belaka, namun tidak ada salahnya untuk mulai merancang istana sejak dini. Apakah Mama sudah menggunakan salah satu dari tujuh aplikasi desain rumah di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk